Facebook CPAS: Definisi dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

facebook cpas

Facebook CPAS adalah salah satu bentuk strategi marketing digital yang banyak digunakan saat ini. Strategi marketing digital punya prospek dan keuntungan yang baik bagi bisnis Anda. Selain lebih efektif dan menjangkau konsumen lebih luas, marketing digital juga lebih hemat di kantong. 

Salah satu contoh marketing digital adalah dengan collaborative ads seperti Facebook CPAS. Lantas, apa itu Facebook CPAS dan bagaimana manfaatnya bagi bisnis Anda? simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Apa Itu CPAS?

Istilah CPAS merupakan istilah yang sering muncul dalam dunia teknologi marketing. CPAS sendiri merupakan kepanjangan dari Collaborative Performance Advertising Solution. CPAS adalah fitur digital marketing yang ada pada platform sosial media Facebook.

Fitur CPAS memungkinkan produk yang Anda pasarkan di marketplace dapat dilihat oleh para pengguna Facebook. Fitur ini muncul karena Facebook sendiri menjalin kerjasama iklan dengan beberapa marketplace yang banyak digunakan.

CPAS tentu menawarkan solusi praktis bagi para pelaku bisnis yang ingin memasarkan produk mereka secara efektif. Dengan fitur CPAS Facebook, Anda tidak perlu repot menggunakan website untuk memasarkan produk.

Perbedaan Facebook CPAS dan Facebook Ads

Beberapa orang mungkin masih bingung dalam membedakan CPAS Facebook dan Facebook Ads. Meski sama-sama fitur dalam digital marketing di Facebook, kedua hal ini mempunyai perbedaan konsep, lho.

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook untuk Anda yang mau mengiklankan sebuah produk. Nantinya produk yang Anda iklankan akan muncul di halaman Facebook dan diarahkan ke websitee-commerce, akun Facebook dan Instagram bisnis saat meng-kliknya.

Sedangkan Facebook CPAS punya konsep digital marketing yang menargetkan pasar lebih luas. Hal ini karena Facebook CPAS langsung mengarahkan produk yang diiklankan ke halaman produk di e-commerce

Facebook CPAS tak hanya menargetkan audiens pengguna Facebook. Melainkan juga audiens yang pernah melihat dan membeli produk tersebut di e-commerce.

Jadi, Facebook CPAS merupakan kolaborasi Facebook dan berbagai e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Fitur ini memudahkan audiens untuk terhubung ke e-commerce tersebut.

Manfaat CPAS Bagi Bisnis 

Menjadi salah satu strategi digital marketing yang jitu dalam meningkatkan penjualan, CPAS tentu menjadi manfaat bagi para pebisnis. Lantas, apa saja manfaat tersebut? Berikut uraiannya.

1. Mempromosikan Produk yang Relevan

Manfaat utama yang bisa Anda rasakan saat mengiklankan produk lewat CPAS adalah sebagai tempat promosi produk yang relevan. Fitur CPAS mampu menyasar segmen pasar yang memang membutuhkan produk tersebut, membuat strategi marketing jadi lebih efektif dan efisien.

2. Mengarahkan Pengguna ke Marketplace

Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur CPAS punya sistem yang langsung membantu Anda mengarahkan iklan ke halaman produk di marketplace. Hal ini sangat praktis dan memudahkan calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

3. Memperluas Jangkauan Calon Pembeli

Manfaat yang juga sangat dirasakan ketika Anda memilih CPAS sebagai strategi marketing bisnis adalah menggaet calon pembeli yang lebih luas.

Seperti dikatakan pada paragraf sebelumnya, pengguna sosial media terus bertambah setiap detiknya. Ini menjadi peluang besar untuk bisnis Anda mendapatkan calon pembeli. 

4. Mengoptimalkan Iklan

Manfaat selanjutnya dari CPAS adalah pengiklanan yang lebih optimal. Strategi marketing digital menggunakan CPAS membuat promosi atau iklan Anda menjangkau target pasar yang lebih luas dan spesifik sehingga dianggap lebih efektif.

Terlebih penggunaan sosial media masif dan terus meningkat. Hal ini membuat Facebook CPAS lebih menjanjikan sebagai sarana marketing digital dibanding fitur iklan di marketplace lain.

5. Memberikan Laporan dan Analisis Detail

Manfaat lain yang bisa dirasakan saat menggunakan CPAS untuk bisnis Anda adalah mendapatkan laporan konversi yang detail dan komprehensif. Laporan konversi adalah laporan yang menunjukkan siapa saja yang melihat dan mengunjungi iklan Anda. 

Beberapa informasi lain dari pengunjung juga bisa Anda ketahui seperti demografi, ketertarikan dan lainnya. Hal ini tentu membuat performa bisnis Anda lebih terukur dan menjadi bahan evaluasi supaya lebih baik kedepannya.

Target Market CPAS

Sebagai salah satu strategi digital marketing yang jitu, CPAS dapat menyasar target market yang lebih luas dibanding strategi digital marketing lainnya. Berikut target market yang bisa dijangkau CPAS.

1. Pengunjung Marketplace

Pengunjung marketplace jadi target market utama yang disasar CPAS. Iklan produk Anda akan tetap muncul di halaman Facebook para pengguna marketplace meskipun mereka belum pernah melihat toko online Anda.

Contohnya, seorang pengguna Shopee belum pernah melihat atau berkunjung ke toko Shopee Anda, tetapi pernah melihat toko Shopee lain yang produknya serupa dengan yang Anda jual. Maka dengan CPAS, iklan produk Anda akan muncul di halaman Facebook mereka.

2. Pernah Membeli Produk Serupa

Target market selanjutnya yang dapat terjaring dalam CPAS adalah orang-orang yang pernah membeli produk yang serupa dengan produk Anda di marketplace. Contohnya, ketika pengguna marketplace pernah melakukan pembelian di toko Shopee kompetitor Anda. Pengguna tersebut bisa menjadi jangkauan Anda dengan CPAS.

3. Pernah Mengklik Iklan Kompetitor

Target market terakhir yang bisa Anda tuju dengan CPAS adalah orang-orang yang tercatat pernah berinteraksi atau mengklik iklan yang dipasang kompetitor lain di Facebook. 

CPAS dapat membaca histori aktivitas mereka sehingga dapat merekomendasikan produk yang serupa yang pernah mereka lihat.

Penerapan Facebook CPAS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, CPAS merupakan bentuk fitur kerjasama Facebook dengan berbagai marketplace untuk mengiklankan suatu produk. 

Menggunakan CPAS dapat dilakukan dengan mudah dari marketplace yang Anda inginkan, seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada. Berikut cara penerapan Facebook CPAS di berbagai marketplace.

1. CPAS Shopee

Shopee menjadi salah satu marketplace yang bekerjasama untuk menggunakan fitur CPAS. Menggunakan CPAS untuk mengiklankan produk Anda di Shopee dapat dilakukan tanpa syarat yang sulit.

Anda hanya perlu mempunyai ID seller yang aktif, ID Facebook, dan Facebook Ad Account ID yang baru.

2. CPAS Tokopedia

Marketplace lain yang bisa dipilih untuk mengiklankan produk menggunakan CPAS adalah Tokopedia. Tak beda jauh dengan Shopee, syarat menggunakan CPAS Tokopedia anda hanya perlu terdaftar sebagai official store di Tokopedia yang memiliki jumlah produk paling tidak 20 SKU

Setelah itu Anda juga harus mempunyai akun bisnis manager, gambar produk 600px x 600px, juga tidak menjual produk berbahaya.

3. CPAS Lazada

Contoh terakhir marketplace yang juga dapat menerapkan fitur CPAS adalah Lazada. Jika Anda ingin memasang CPAS di Lazada, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Facebook CPAS Directory kemudian cari Lazada. Kemudian klik View Profile, dan klik Start Request.

Selanjutnya Anda hanya perlu lengkapi form yang disediakan dan menunggu informasi selanjutnya yang akan disampaikan oleh Facebook Representative atau pihak Lazada. 

Sukses Pasarkan Produk dengan CPAS

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa CPAS merupakan salah satu bentuk digital marketing yang efektif dan efisien dalam melakukan pemasaran. 

Selain CPAS, gunakan strategi digital lain yang dapat mengoptimalkan perkembangan bisnis Anda. Jangan ragu untuk gunakan jasa tim profesional dan berpengalaman seperti BigEvo Digital Agency. BigEvo merupakan digital marketing agency yang telah berpengalaman dan dipercaya berbagai perusahaan besar. 

BigEvo menyediakan berbagai layanan digital yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Di antaranya seperti Digital Advertising, Social Media Management, KOL Marketing, SEO Optimization, Live Streaming Management, dan lainnya. 

Konsultasikan layanan digital yang tepat untuk bisnis Anda dengan menghubungi tim kami pada ikon WhatsApp dan sosial media yang tertera di halaman ini. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



CPAS Shopee vs Shopee Ads: Pengertian, Cara Kerja, Perbedaan, dan Plus Minusnya
Shopee Ads adalah fitur untuk mengiklankan produk di Shopee, sedangkan CPAS Shopee adalah fitur digital marketing kolaborasi bersama Facebook. ...
by Izza  |  01 Jul 2024
Facebook CPAS: Definisi dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda
CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution) memungkinkan produk yang dipasarkan di marketplace dapat dilihat oleh pengguna Facebook. ...
by Izza  |  01 Jul 2024
Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo