11 Strategi Digital Marketing Jitu untuk Sukseskan Bisnis

strategi digital marketing untuk bisnis

Strategi digital marketing memiliki peranan penting yang akan membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui apa saja strategi yang jitu agar bisnis menjadi sukses.

Pembahasan ini akan mengulas apa saja digital marketing strategy yang tepat untuk membantu kesuksesan bisnis. Simak sampai selesai, ya!

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Dalam praktik digital marketing, terdapat berbagai strategi yang bisa Anda adopsi untuk perkembangan bisnis. Berikut beberapa digital marketing strategy yang dapat Anda terapkan untuk membantu kesuksesan bisnis.

1. Riset Pasar dan Audiens

Salah satu hal mendasar dalam melaksanakan strategi bisnis, termasuk digital marketing, adalah riset. Pastikan Anda melakukan riset secara mendalam tentang pasar atau industri dari brand dan tren yang ada. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan riset audiens yang akan disasar dari produk yang Anda miliki.

Riset akan membantu Anda mengetahui audiens dengan lebih baik, mulai dari kebutuhan sampai masalah yang mereka hadapi. Langkah ini juga membantu Anda dalam mengumpulkan data terkait audiens dan pasar, yang akan sangat berguna dalam perencanaan strategi pemasaran.

2. Tentukan Objektif dan Metrik KPI

Langkah selanjutnya adalah menentukan objektif atau tujuan yang ingin dicapai dari strategi pemasaran yang akan Anda lakukan. Misalnya untuk mendapatkan konsumen baru, membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya. Tujuan ini akan mempengaruhi bagaimana penerapan strategi dan kampanye yang Anda jalankan.

Buatlah KPI (Key Performance Indicator) agar kampanye Anda lebih terarah dan mudah diukur. Tak hanya itu, tentukan apa saja metrik yang akan digunakan dalam KPI tersebut. Beberapa di antaranya adalah konversi, keterlibatan, traffic, impression, dan lain sebagainya.

3. Penggunaan Data dan Personalisasi

Dalam menyusun strategi digital marketing, Anda dapat menggunakan data dari riset yang telah dilakukan sebelumnya. Data tersebut akan membuat strategi Anda lebih relevan, baik dengan pasar maupun audiens yang dituju. Beberapa data yang bisa Anda kumpulkan dan gunakan adalah data demografis, segmentasi, perilaku pembelian, dan lain-lain.

Dari data tersebut, Anda juga bisa melakukan personalisasi dalam penerapan strategi pemasaran. Misalnya Anda dapat menampilkan rekomendasi produk yang sesuai dengan riwayat pembelian atau minat audiens. Begitu juga ketika menyampaikan pesan pemasaran, Anda bisa memberikan pesan yang lebih relevan dan terarah kepada audiens. 

4. Optimalkan Platform yang Digunakan

Dalam digital marketing strategy, penggunaan platform tentunya memiliki peranan penting. Pastikan Anda memilih platform digital yang tepat dan relevan, baik dengan bisnis maupun audiens yang disasar. Pertimbangkan juga karakteristik masing-masing platform, apakah sesuai dengan brand dan produk yang Anda jual atau tidak.

Setelah itu, lakukan penyesuaian pada konten yang akan Anda posting di masing-masing platform. Usahakan agar tiap konten tidak sama jika ingin diposting di platform yang berbeda. Misalnya konten Instagram lebih berfokus pada visual yang menarik, sedangkan konten LinkedIn lebih profesional dan formal.

5. Bangun Interaksi di Media Sosial

Media sosial merupakan sarana yang tepat untuk membangun interaksi dan hubungan baik dengan audiens. Selain konten yang menarik, pastikan Anda memberi respon terhadap umpan balik yang diberikan oleh audiens. Misalnya dengan membalas komentar dan pesan audiens pada media sosial Anda.

Anda juga dapat membuat jadwal posting agar terus meng-update halaman media sosial dan terhubung dengan audiens. Ajaklah audiens untuk berpartisipasi dalam konten atau media sosial Anda, misalnya dengan membuat polling atau sesi Q&A.

6. Buat Website dengan UI/UX yang Baik

Website merupakan salah satu platform digital yang penting di zaman sekarang ini. Karena itu, pastikan Anda membuat website bisnis atau brand yang tepat. Salah satu kategori utamanya adalah situs Anda memiliki UI (user interface) dan UX (user experience) yang baik di semua perangkat.

Website yang ramah pengguna dan menarik dapat meningkatkan konversi bagi bisnis Anda. Selain itu, situs web juga dapat membantu memperkuat brand dan memberikan pengalaman positif kepada pengunjung. 

7. Optimalkan Web dengan SEO

Setelah membuat website, selanjutnya Anda perlu mengoptimalkan dengan strategi SEO (Search Engine Optimization). Teknik ini akan membantu situs Anda dalam meningkatkan performa dan rangking di mesin pencari. Dengan begitu, situs Anda akan lebih mudah ditemukan oleh audiens dan pengguna mesin pencari secara keseluruhan.

8. Manfaatkan Digital Ads

Untuk mempromosikan bisnis atau brand, penggunaan iklan merupakan salah satu hal yang sulit dilewatkan. Anda dapat memanfaatkan iklan digital alias digital ads untuk menjangkau audiens lebih luas dan relevan. Iklan digital ini dapat Anda pasang di berbagai platform digital, seperti media sosial atau mesin pencarian.

9. Terapkan Email Marketing

Salah satu cara untuk berinteraksi langsung dengan audiens adalah dengan mengirimkan email marketing. Pastikan Anda membuat email marketing yang relevan dengan audiens serta brand. Anda dapat mengirimkan penawaran khusus, newsletter, dan lain sebagainya dalam bentuk email kepada audiens.

Dalam mengirimkan email marketing, sebaiknya Anda melakukan personalisasi atas konten yang dikirim. Seperti penyebutan nama pelanggan, konten berdasarkan riwayat pembelian, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan data audiens.

10. Kolaborasi dengan Komunitas dan Influencer

Untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan sukses, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan komunitas dan influencer. Pastikan Anda memilih komunitas serta influencer yang relevan dengan brand serta audiens yang disasar. Kolaborasi dengan komunitas dan influencer akan memperkuat strategi pemasaran Anda dan menjangkau audiens lebih tepat.

11. Analisis Data, Evaluasi, dan Perbaikan

Salah satu keunggulan digital marketing adalah adanya analytics tools yang akan membantu menganalisis data kampanye Anda. Dari analisis data tersebut, Anda bisa mengetahui apa saja yang sudah berjalan dengan baik dan mana yang masih kurang. Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi dan perbaikan agar strategi digital marketing menjadi lebih optimal.

Optimalkan Digital Marketing Strategy Bersama Agensi Terpercaya

Agar penerapan strategi digital marketing Anda lebih optimal, gunakan layanan profesional dari agensi terpercaya seperti BigEvo. BigEvo Digital Agency telah berpengalaman dalam merencanakan dan menerapkan digital marketing strategy yang tepat untuk perkembangan bisnis. 

Terdapat berbagai layanan digital yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis untuk menjadi sukses. Seperti Digital Ads, Programmatic Marketing, Social Media Management, Digital & Community Activation, KOL Marketing, SEO Optimization, Live Streaming, dan lain sebagainya.

Hubungi tim profesional kami dan temukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo