Peranan dan Cara Menerapkan Digital Marketing UMKM

digital marketing umkm

Digital marketing merupakan strategi yang dibutuhkan oleh bisnis di era teknologi seperti sekarang ini, termasuk UMKM. Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut tentang pengertian dan peranan digital marketing dalam UMKM. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui bagaimana cara menerapkannya dengan tepat.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Digital Marketing?

Sesuai dengan namanya, digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan di ranah digital alias online untuk mempromosikan produk atau brand. Penerapannya mencakup berbagai strategi, termasuk konten pemasaran, iklan online, SEO (Search Engine Optimization), media sosial, email marketing, dan banyak lagi. 

Digital marketing memiliki banyak tujuan, beberapa di antaranya untuk meningkatkan visibilitas merek dan menarik pelanggan potensial. Strategi pemasaran ini juga bertujuan untuk menghasilkan konversi atau penjualan melalui media digital.

Peranan Digital Marketing dalam UMKM

Penerapan yang relevan dengan perkembangan zaman sekaligus manfaat yang diberikan membuat digital marketing digunakan banyak bisnis. Penggunaannya juga dimanfaatkan oleh berbagai industri, termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Peran digital marketing pun memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan bisnis UMKM. Pertama, UMKM dapat meningkatkan visibilitas dan eksposur mereka secara signifikan. Melalui platform yang tepat, UMKM dapat mencapai audiens yang mungkin sebelumnya tidak terjangkau melalui metode pemasaran tradisional.

Selanjutnya, digital marketing memberikan UMKM kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. UMKM dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, merespons pertanyaan, memberikan dukungan, dan menerima umpan balik. Jadi tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga membantu memahami kebutuhan dan preferensi pasar secara lebih baik.

Peran terakhir yang tak kalah pentingnya adalah digital marketing menyediakan platform yang terjangkau untuk promosi bisnis. Dibandingkan dengan iklan tradisional, iklan online dan strategi pemasaran digital lainnya seringkali lebih hemat biaya. Hal ini pun memungkinkan UMKM dengan anggaran terbatas untuk tetap bersaing di pasar. 

Cara Menerapkan Digital Marketing UMKM

Penerapan pemasaran digital untuk UMKM pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan industri lainnya. Meski begitu, ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian seperti skala bisnis dan audiens yang disasar.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah strategis agar upaya pemasaran online dapat memberikan hasil yang maksimal bagi UMKM.

1. Memahami Audiens yang Disasar

Seperti bisnis pada umumnya, salah satu langkah mendasar agar strategi optimal adalah memahami audiens. Pastikan Anda mengidentifikasi pasar yang ingin disasar dan mempelajari perilaku audiens, terutama di ranah digital. 

Anda juga perlu mengetahui apa masalah yang dihadapi dan preferensi audiens. Dengan pemahaman yang baik tentang audiens, UMKM dapat menyesuaikan strategi pemasaran untuk lebih tepat sasaran.

2. Membuat Google My Business

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat akun Google My Business. Langkah ini dapat membantu visibilitas bisnis, terutama untuk audiens yang berada di sekitar lokasi Anda. 

Pendaftaran dan penggunaan platform ini biasanya gratis, sehingga merupakan cara yang efektif dan terjangkau bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas secara online. Dengan mendaftar di Google My Business, UMKM dapat memperlihatkan informasi penting seperti lokasi, jam operasional, nomor telepon, dan ulasan pelanggan.

Selain itu, platform ini memungkinkan pemilik UMKM untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui fitur tanggapan ulasan. Hal ini memberikan peluang untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan.

3. Membangun Situs Web yang Responsif:

Selain Google My Business, Anda juga bisa membangun visibilitas online melalui situs web. Pastikan untuk membangun situs yang responsif dan ramah pengguna. Dengan begitu, Anda bisa lebih efektif dalam memberikan informasi dan promosi kepada audiens. 

Setelah memiliki situs web, pastikan untuk melakukan optimasi melalui strategi SEO (Search Engine Optimization). Optimasi ini akan membantu meningkatkan peringkat situs Anda di hasil pencarian, sehingga mudah ditemukan oleh audiens. Pada praktik idealnya, hal tersebut akan turut mendongkrak lalu lintas organik ke situs Anda.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Platform digital yang juga penting untuk mengembangkan UMKM adalah media sosial. Pilihlah platform yang relevan dengan bisnis dan audiens yang akan Anda tuju. Setelah itu, pastikan Anda melakukan interaksi yang rutin dengan audiens.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun hubungan baik dengan audiens adalah melalui konten menarik, respon cepat, dan live streaming. Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar di media sosial untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus relevan.

5. Bekerja Sama dengan KOL

Kerjasama dengan Key Opinion Leaders (KOL) bisa menjadi strategi yang sangat baik untuk bisnis UMKM. KOL adalah individu atau tokoh yang memiliki pengaruh dan kehadiran besar di media sosial atau dalam industri tertentu. Hal ini cocok bagi UMKM yang biasanya menyasar audiens dalam ruang lingkup yang khusus.

KOL juga memiliki jumlah pengikut yang besar, sehingga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan awareness bisnis UMKM di kalangan target pasar. Konten yang dibagikan oleh KOL memiliki potensi untuk menjadi viral, yang akan memperluas jangkauan dan mendapatkan perhatian yang lebih besar.

Namun, penting untuk memilih KOL yang sesuai dengan nilai dan target pasar UMKM. Kerjasama yang baik memerlukan pemahaman yang mendalam tentang audiens KOL dan bagaimana hal itu dapat berkontribusi pada tujuan pemasaran bisnis UMKM.

Kembangkan UMKM Bersama BigEvo Lite

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing memang memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis UMKM. Perkembangan zaman dengan segala teknologi baru seharusnya tidak menjadi halangan, namun dapat dimanfaatkan agar menjadi peluang bisnis.

Ingin menerapkan strategi pemasaran digital untuk bisnis UMKM Anda tapi bingung mulai dari mana? Jangan khawatir, sekarang Anda bisa dengan mudah menggunakan digital marketing untuk UMKM bersama BigEvo Lite.

BigEvo Lite merupakan jawaban dari kebutuhan digital UMKM untuk memaksimalkan bisnis dengan harga yang kompetitif. Mulai dari Rp10.000.000 saja, Anda sudah bisa memilih strategi digital yang tepat untuk bisnis. Dari konten media sosial, iklan digital, sampai kerja sama dengan KOL, semua bisa Anda terapkan dengan efektif.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi tim kami dan diskusikan kebutuhan digital marketing untuk bisnis UMKM Anda. BigEvo, your trusted digital agency.

 



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo