Diferensiasi Produk: Pengertian, Manfaat, Kekurangan, dan Strateginya

diferensiasi produk

Diferensiasi produk merupakan salah satu strategi yang dapat Anda terapkan untuk perkembangan bisnis. Dalam perjalanannya, bisnis atau brand Anda mungkin membutuhkan diferensiasi agar lebih berkembang.

Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut tentang diferensiasi produk, mulai dari pengertian sampai strateginya. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Diferensiasi Produk?

Diferensiasi produk adalah proses membuat produk atau layanan berbeda dari yang lain. Hal ini sering dicapai dengan menambahkan fitur unik pada produk untuk membuatnya menonjol di pasar. Bisa juga dilakukan dengan mengubah produk itu sendiri, kemasan, harga, promosi atau distribusi.

Diferensiasi merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk membuat suatu perusahaan menonjol dari para pesaingnya. Salah satu tujuan dari diferensiasi adalah untuk menciptakan citra bagi perusahaan Anda yang membuatnya berbeda dan lebih baik dari yang lain.

Konsep diferensiasi produk haruslah memiliki ciri khas yang bisa membedakan produknya dengan produk lainnya. Dengan demikian, maka tujuan dari sebuah perusahaan adalah untuk menciptakan produk yang bisa dijual dengan harga tinggi dan memiliki kualitas yang baik.

Diferensiasi tidak hanya dapat membedakan produk Anda dengan produk kompetitor, namun juga pada sesama produk yang dimiliki. Misalnya ketika perusahaan memiliki beberapa produk, diferensiasi berperan dalam menonjolkan karakteristik masing-masing produk. Dengan begitu, target pasar dapat memahami apa perbedaan dari produk-produk yang Anda miliki dan tidak harus hanya memilih satu saja.

Unsur-unsur Diferensiasi Produk

Ada banyak unsur yang dapat digunakan untuk membedakan suatu produk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Kualitas: memastikan produk berkualitas tinggi dan tidak mudah rusak. 
  • Fitur: memastikan bahwa produk memiliki fitur sebanyak mungkin untuk membuatnya lebih menarik bagi pelanggan. 
  • Harga: menetapkan harga yang bersaing dan kompetitif di pasar atau industri tersebut.

Pentingnya Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah kuncinya untuk menonjol di pasar yang kompetitif. Hal ini seperti memberikan identitas unik pada produk atau layanan Anda, membuatnya berbeda dari yang lain. 

Kenapa begitu? Karena pelanggan suka memiliki pilihan. Jika produk Anda bisa menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, maka itu adalah nilai tambah besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat diferensiasi produk untuk bisnis Anda.

Memberi Keunggulan Kompetitif

Dengan membuat produk berbeda dari yang lain, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Hal ini membuat pelanggan lebih mungkin memilih produk Anda daripada pesaing, terutama jika diferensiasi tersebut memberikan nilai tambah.

Bayangkan pasar sebagai hutan penuh pohon. Semua pohon ini mewakili bisnis yang bersaing satu sama lain. Jika bisnis Anda adalah pohon yang sama persis dengan yang lain, sulit bagi pelanggan untuk membedakannya. 

Tapi, jika pohon Anda memiliki bunga yang cantik dan warna yang menarik, pelanggan lebih mungkin memilihnya. Itulah manfaat diferensiasi produk, dapat membuat produk Anda lebih menonjol dan diingat.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Produk yang unik dan memberikan nilai tambah dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Jika pelanggan puas dengan pengalaman mereka, mereka cenderung kembali untuk membelinya lagi. Bahkan, mereka juga akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Jadi, diferensiasi tidak hanya tentang menangkap perhatian, tetapi juga tentang mempertahankan pelanggan. Ketika pelanggan sudah loyal, Anda bisa membangun hubungan jangka panjang dan mendapatkan keuntungan dari word-of-mouth marketing.

Tahan Terhadap Persaingan Harga

Jika produk Anda berbeda, Anda cenderung kurang rentan terhadap persaingan harga yang ketat. Pelanggan yang menghargai diferensiasi produk mungkin tidak hanya memilih berdasarkan harga, tetapi juga faktor-faktor lain yang membuat produk Anda unik.

Selain itu, diferensiasi produk dapat membantu melindungi bisnis dari persaingan harga yang ketat. Jika produk Anda dianggap unik, pelanggan mungkin lebih bersedia membayar harga yang sedikit lebih tinggi. Ini bisa menjadi keuntungan besar dalam jangka panjang.

Meningkatkan Brand Value

Diferensiasi produk juga dapat membantu membangun brand value dan citra merek yang kuat. Brand yang memberikan kualitas atau fitur unik memiliki daya tarik yang lebih besar di mata konsumen.

Diferensiasi produk juga membuat tim pemasaran memiliki cerita yang kuat untuk diceritakan. Tim pemasaran dapat fokus pada fitur unik dan manfaat yang membedakan produk Anda dari yang lain. Hal ini tentunya turut memperkuat citra merek dan menarik perhatian konsumen.

Kekurangan Diferensiasi Produk

Meskipun memberikan berbagai keuntungan, diferensiasi produk juga memiliki kekurangannya sendiri. Berikut beberapa kekurangan dari diferensiasi produk.

Biaya Tinggi

Mengembangkan produk yang berbeda seringkali memerlukan investasi yang tidak sedikit. Anda butuh biaya untuk produksi, riset dan pengembangan produk baru yang akan dibuat. Tak hanya itu, Anda juga butuh biaya pemasaran untuk membangun citra merek yang kuat.

Tantangan Komunikasi

Menyampaikan pesan diferensiasi kepada konsumen bisa menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis atau brand. Jika nilai tambah atau perbedaan produk tidak dijelaskan dengan jelas, konsumen mungkin tidak memahami mengapa produk Anda lebih baik atau berbeda dari yang lain.

Tingkat Penerimaan Pasar

Ketika memperkenalkan produk baru yang berbeda, ada resiko bahwa fitur yang Anda usung mungkin sulit diterima pasar. Konsumen bahkan mungkin tidak menyadari perbedaan yang Anda tawarkan pada produk tersebut. Untuk itu, pastikan melakukan riset mendalam sebelum melakukan diferensiasi produk.

Perubahan Preferensi Konsumen dan Tren

Preferensi konsumen dan tren pasar dapat berubah seiring waktu, mungkin dalam waktu yang cepat juga. Apa yang dianggap sebagai diferensiasi yang kuat hari ini mungkin tidak lagi relevan atau diinginkan oleh konsumen di masa mendatang. 

Karena itu, pastikan Anda mengumpulkan data selengkap mungkin dan melakukan riset dengan menyeluruh. Pastikan juga untuk membuat rencana dan strategi diferensiasi produk yang tepat agar produk bisa sukses di pasar.

Strategi Penerapan Diferensiasi Produk

Agar meminimalisir kekurangan, Anda perlu menerapkan strategi diferensiasi produk yang tepat. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan diferensiasi produk.

Memahami Kebutuhan Konsumen

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin membuat diferensiasi produk adalah memahami terlebih dahulu kebutuhan konsumen. Apa yang konsumen butuhkan dari produk Anda, dan apa yang mereka harapkan? Hal-hal tersebut dapat menjadi acuan saat Anda hendak membuat diferensiasi untuk produk yang dimiliki.

Dengan begitu, Anda tidak semata-mata membuat produk yang unik dan berbeda juga. Membuat produk berbeda, unik, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen tentunya akan meningkatkan peluang terjadinya pembelian. Konsumen akan merasa kalau produk Anda memang penting, karena dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Membuat Inovasi Produk

Setelah mengetahui apa kebutuhan konsumen, selanjutnya Anda dapat membuat inovasi pada produk. Inovasi ini dapat dibuat berdasarkan informasi atas kebutuhan konsumen, apa yang konsumen harapkan, atau hal-hal lain yang dirasa penting. Dan tentu saja, inovasi tersebut akan semakin membedakan produk Anda dari yang lain.

Memiliki produk yang inovatif dan unik akan membuat brand Anda unggul serta lebih terlihat dibanding yang lain. Perumpamaannya begini, di antara satu warna yang sama pada banyak produk, produk Anda memiliki warna tersendiri yang berbeda. Hal ini tentunya akan membuat orang lebih mudah menyadari keberadaan produk dan tertarik akan produk Anda.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas

Diferensiasi bukan saja dapat Anda lakukan dengan membuat inovasi dan terobosan pada produk, namun juga pada kualitas produk itu sendiri. Produk yang berkualitas tinggi menjadikannya berbeda dibanding produk lain yang kualitasnya biasa-biasa saja. Kualitas ini bisa terlihat dari mutu produk, bahan-bahan yang digunakan, serta aspek-aspek lain yang terkait.

Tak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan kualitas dari segi layanan yang diberikan kepada konsumen. Misalnya pemberian layanan pasca pembelian (after sales) yang memuaskan, yang kemudian membuat konsumen senang dengan produk Anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kalau konsumen akan melakukan pembelian ulang dan memberikan review positif.

Menerapkan Strategi Promosi yang Jitu

Strategi diferensiasi produk yang tak kalah pentingnya adalah membuat program-program promosi yang jitu. Jika hanya membuat diferensiasi tanpa mempromosikannya, bagaimana target pasar Anda bisa tahu perbedaan produk Anda? Karena itu, pastikan untuk membuat strategi promosi yang tepat agar keunggulan produk Anda dikenali target audience.

Untuk penerapan strategi promosi yang lebih optimal, Anda dapat mempercayakannya pada agensi berpengalaman seperti BigEvo. BigEvo Digital Agency telah dipercaya oleh berbagai brand untuk penerapan strategi digital. Dengan tim profesional yang handal, BigEvo siap membantu kebutuhan digital brand dan meraih target-target bisnis Anda.

Kembangkan bisnis Anda dengan menerapkan diferensiasi produk dan strategi digital yang tepat. Hubungi tim profesional kami melalui team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhan digital dan target bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo