Cost-Per-Click dan Cara Menghitung CPC

tangan sedang memegang mouse komputer

CPC merupakan salah satu istilah yang tentunya tidak asing lagi ketika berkutat dalam dunia digital marketing. Sebagai salah satu metode perhitungan iklan, CPC penting untuk Anda pahami dengan baik. Selain itu, pahami juga apa saja keunggulannya dan bagaimana cara menghitungnya. Pembahasan ini akan mengulas lebih lanjut mengenai CPC dalam digital marketing. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu CPC dalam Digital Marketing?

Hal pertama yang akan kita ulas tentu saja pengertian CPC dalam dunia digital marketing. CPC adalah kepanjangan dari cost-per-click, yang dikenal juga dengan sebutan PPC (pay-per-click). CPC adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap klik yang didapat pada iklan yang Anda pasang.

Apa maksudnya? Ini berarti Anda hanya perlu membayar pada iklan yang di-klik oleh audience, bukan keseluruhan iklan yang tayang. Kalau iklan tersebut hanya muncul dan dilihat oleh audience, tapi tidak di-klik, maka Anda tidak perlu membayarnya.

Model perhitungan CPC ini dianggap cukup menguntungkan, baik bagi pemasang iklan maupun website yang dipasangi iklan. Bagi pemasang iklan, misalnya Anda sebagai pemilik brand, CPC menguntungkan karena Anda hanya membayar sejumlah klik saja.

Sedangkan bagi pemilik website yang dipasangi iklan, CPC menguntungkan karena mereka mendapat sesuai jumlah klik. Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan tersebut, semakin besar pula pendapatan dari iklan yang mereka dapatkan.

Menghitung CPC sendiri penting bagi para pebisnis agar dapat mengetahui seberapa efektif iklan yang dipasang. Anda dapat mengetahui apakah biaya iklan yang dikeluarkan sudah sepadan dengan hasil yang didapat. Kalau memang sudah sepadan, Anda bisa terus memaksimalkan campaign yang sedang berjalan.

Namun jika ternyata nilainya jauh lebih rendah dari yang diharapkan, Anda dapat melakukan analisis dan evaluasi untuk kampanye yang lebih baik. Apa saja aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dan apa yang masih bisa dipertahankan. Dengan begitu, Anda bisa meraih tujuan campaign secara efektif dan efisien.

Jenis Iklan yang Terlibat dalam CPC

Setelah memahami apa itu CPC, selanjutnya kita akan mengulas tentang iklan apa saja yang terlibat di dalamnya. Ada berbagai jenis iklan yang bisa Anda terapkan perhitungan CPC dengan efektif. Hal ini karena CPC sering menjadi tolak ukur dalam menghitung keberhasilan sebuah kampanye pemasaran online.

Berikut beberapa tipe iklan yang bisa Anda terapkan perhitungan CPC:

  • Shopping ads
  • Text ads
  • Image ads
  • Video ads
  • Social media ads (Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan lain-lain)

Cara Menghitung CPC yang Tepat

Untuk menggunakan model periklanan CPC, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitungnya. Secara garis besar, nilai CPC bisa Anda dapatkan dengan membagi total biaya iklan dengan total klik yang didapat.

CPC = Jumlah Biaya Iklan : Jumlah Klik

Misalnya Anda memasang iklan dengan total biaya Rp 1.000.000 dan mendapat total klik 1000. Maka untuk menghitung CPC, Anda perlu membagi total biaya yaitu Rp 1.000.000 dengan 1.000. Dengan begitu, nilai CPC dari kampanye iklan tersebut adalah Rp 1.000.

Semakin banyak jumlah klik yang Anda dapat dari iklan tersebut, maka semakin rendah nilai CPC. Dan sebaliknya, nilai CPC akan semakin tinggi jika jumlah klik yang Anda dapatkan hanya sedikit.

Keunggulan CPC untuk Pemasaran Online

Menggunakan metode CPC untuk kampanye digital marketing memiliki berbagai keunggulan. Sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapat dari model CPC tersebut. Berikut beberapa keunggulan CPC untuk pemasaran online.

Mudah Terlacak dan Terukur

Keunggulan yang pertama adalah iklan CPC mudah terlacak dan terukur dengan menggunakan bantuan tools. Anda dapat memanfaatkan alat perhitungan yang ada pada Google Analytics dan melihat bagaimana efektivitas iklan tersebut.

Mengetahui Efektivitas Biaya Iklan

Selanjutnya, Anda dapat mengetahui seberapa efektif biaya iklan yang dikeluarkan dengan metode CPC. Apakah biaya yang Anda keluarkan sudah efektif dan sebanding dengan hasil yang didapat. Misalnya dengan trafik pada website alias jumlah pengunjung dari klik pada iklan.

Mengetahui Aspek Iklan yang Efektif

Selain efektivitas biaya, Anda juga bisa menganalisis apakah aspek-aspek pada iklan sudah efektif. Aspek-aspek ini terdiri dari kata kunci yang digunakan, teks atau copy pada iklan, desain iklan, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa mengeliminasi aspek yang kurang efektif dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Iklan Lebih Terkontrol

Menggunakan iklan berbasis CPC memungkinkan Anda lebih dapat mengontrol penayangan dan target dari iklan tersebut. Dengan audience yang lebih tertarget dan spesifik, iklan yang Anda tayangkan dapat lebih efisien.

Untuk mengontrol iklan CPC, Anda dapat menggunakan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan target market. Anda juga bisa mengatur dimana penempatan iklan tersebut yang lebih besar kemungkinan untuk di-klik oleh audience.

Kompatibel dengan Marketing Channel Lain

Satu lagi keunggulan CPC yang membuatnya banyak digunakan oleh para digital marketer adalah compatibility. CPC adalah metode yang kompatibel dengan berbagai marketing channel, sehingga dapat memaksimalkan kampanye pemasaran digital.

Agar iklan CPC lebih optimal, Anda dapat menggunakan copy iklan yang menarik dan landing page yang sesuai. Maksimalkan juga penerapan strategi digital Anda dan kembangkan bisnis bersama BigEvo, Digital Advertising Agency in Jakarta.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo