Clickbait: Pengertian, Pro & Kontra, Serta Contohnya

clickbait adalah

Clickbait adalah salah satu strategi yang dipergunakan untuk meningkatkan audiens pada sebuah konten. Apabila Anda aktif di media sosial, pasti sudah kerap menjumpai konten semacam ini. 

Pahami lebih jauh mengenai apa itu clickbait, manfaat, hingga contoh clickbait yang menarik untuk meningkatkan traffic. Baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Clickbait?

Sesuai dengan namanya, clickbait adalah konten dengan penulisan khusus untuk menarik jumlah klik sebanyak-banyaknya. Clickbait adalah judul atau thumbnail yang dirancang untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk mengklik tautan atau konten tertentu. Meski begitu, konten tersebut mungkin tidak selalu sesuai dengan judul atau tidak memberikan nilai yang dijanjikan. 

Clickbait sering kali menggunakan judul yang menarik, sensasional, atau kontroversial untuk menarik perhatian pengguna dan meningkatkan jumlah klik. Clickbait biasanya digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan tayangan, atau mendapatkan perhatian dalam media sosial.

Hampir seluruh jenis konten bisa dianggap sebagai clickbait. Postingan blog, berita, interview, infografis, serta video, semua dikemas dengan cara tertentu. 

Secara umum, clickbait mempunyai beberapa karakteristik seperti berikut ini:

  • Judul yang menarik perhatian audiens
  • Bersifat skimmable
  • Gambar atau video lucu gampang untuk Anda ingat
  • Nada humor atau sangat menarik untuk emosi tertentu

Pro dan Kontra Penggunaan Clickbait

Clickbait bisa menjadi pisau bermata dua. Jika digunakan sesekali dan tetap mengedepankan konten berkualitas, mungkin bisa menarik audiens baru. Namun penggunaan berlebihan dan isi konten mengecewakan justru akan menghancurkan kepercayaan audiens.

Untuk lebih jelasnya, berikut pro dan kontra penggunaan clickbait.

Pro

  • Meningkatkan Pageviews dan Traffic

Sebagai tujuan utama pemakaian clickbait, tak mengherankan bahwa menghasilkan pageview yang tinggi adalah keuntungan dari jenis konten tersebut. Judul clickbait yang menarik perhatian efektif dalam meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke website. Hal ini bisa berguna untuk bisnis online atau media yang mengandalkan iklan.

  • Mendorong Potensi Social Shares

Guna mendorong social shares, clickbait berguna untuk menarik perhatian audiens. Semakin kuat respon emosionalnya, maka bakal semakin besar pula mereka membagikan konten tersebut.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat selanjutnya dari clickbait adalah brand memperoleh brand awareness. Judul clickbait yang bombastis dan unik cenderung mudah diingat, membuat pembaca berpotensi mengingat website atau brand Anda.

  • Memicu Rasa Ingin Tahu

Clickbait bisa memicu rasa ingin tahu pembaca, mendorong mereka untuk mengklik dan membaca konten lebih lanjut. Hal ini bisa berguna untuk topik yang kurang familiar dan butuh 'pengait' awal.

Kontra

  • Menyesatkan Pengguna

Clickbait sering kali menyesatkan pengguna dengan judul yang menarik namun tidak relevan dengan konten yang sebenarnya. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kekecewaan dan ketidakpuasan pengguna saat melihat isi konten.

  • Menghilangkan Kepercayaan

Pengguna yang merasa tertipu oleh clickbait cenderung kehilangan kepercayaan terhadap sumber konten tersebut, yang dapat merugikan reputasi dan kredibilitas pengiklan atau pembuat konten. Hal ini merusak kepercayaan pengguna dan membuat mereka enggan kembali ke konten Anda.

  • Merugikan Pengalaman Pengguna

Clickbait dapat mengganggu pengalaman pengguna dengan menyajikan informasi yang tidak sesuai dengan harapan. Hal ini dapat mengurangi kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap konten atau situs web tersebut.

  • Mencemari Kualitas Informasi

Clickbait mengutamakan sensasi ketimbang kualitas informasi. Hal ini bisa menyesatkan pembaca dan membuat mereka kesulitan mencari informasi akurat. Konten atau website yang terlalu sering menggunakan clickbait bisa dicap tidak kredibel dan menurunkan reputasi di mata pembaca.

20+ Contoh Clickbait

Berikut beberapa contoh clickbait yang dapat ditemui pada berbagai konten.

Contoh Clickbait Artikel

  1. 30 Things That’ll Basically Give You No Choice But To Stay Organized
  2. 5 Strategies That’ll Help You Stop Fighting With Your Partner About Money
  3. 10 Fakta Menarik tentang UFO yang Bikin Kamu Makin Tertarik untuk Mencari Tahu
  4. 39 Cara Mujarab Menghilangkan Lemak di Tubuh (Nomor 7 dan 17 Paling Mudah Dicoba)
  5. Intip 11 Koleksi Tas Mewah Jessica Iskandar
  6. Ini Dia Kelelawar Penyebab Virus Corona
  7. 20 Momen Driver Ojol Bikin Baper
  8. Pulsa Habis Tetep Pengen Internetan? Ini Dia Caranya

Contoh Clickbait Konten Media Sosial

  1. “Atta Halilintar Buat Surat Perjanjian yang Harus Ditandatangani Ameena Hanna Nur Atta, Isinya Tak Boleh Pacaran Hingga Usia 24 Tahun”.

Meskipun judul tersebut terdengar sangat menarik, namun fakta sebenarnya adalah Atta Halilintar hanya membuat video TikTok dan tidak benar-benar membuat anaknya menandatangani surat perjanjian.

  1. “Baim Wong Diduga Lakukan Perselingkuhan, Paula Verhoeven Bongkar Semua di Instagram”. 

Meskipun judul tersebut terdengar sangat menarik, namun pada kenyataannya Baim Wong dan Paula Verhoeven hanya bercanda di Instagram.

  1. “Raffi Ahmad Tidak Punya Hati, Berikan Mobil Mewah pada Ayah Nagita Slavina”. 

Meskipun judul tersebut terdengar sangat mengejutkan, namun pada kenyataannya Raffi Ahmad hanya memberikan mobil mewah tersebut sebagai hadiah ulang tahun bagi ayah Nagita Slavina.

Contoh Clickbait Judul Artikel Sensasional

  1. 10 Rahasia Sukses Para Pebisnis Terkenal yang Bikin Kamu Kaya Raya
  2. Mengejutkan! Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal Menurunkan Berat Badan
  3. Tak Pernah Terbayangkan! Inilah Sisi Gelap Hollywood yang Disembunyikan dari Publik
  4. 5 Tanda-Tanda Pasanganmu Sudah Tidak Cocok untukmu
  5. Inilah Kunci Rahasia Kecantikan Wanita Korea yang Bikin Kamu Terpukau
  6. Terbongkar! Inilah Rahasia Tersembunyi di Balik Suksesnya Seorang YouTuber
  7. 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Instagramable dan Wajib Kamu Kunjungi
  8. Mengungkap Misteri Dibalik Pembunuhan yang Terjadi di Kota kecil Ini

Contoh Clickbait Youtube

  1. Challenge Terbaru! Berhasilkah Aku Memenangkan Hadiah 1 Juta Rupiah?
  2. Unboxing Produk Terbaru! Ternyata Lebih Keren dari yang Dibayangkan
  3. Cara Mudah Menangkap Ikan Terbesar di Sungai Amazon
  4. Makanan Terpedas di Dunia! Berani Coba?
  5. Dibalik Layar Film Horor Terbaru yang Bikin Bulu Kuduk Merinding
  6. 10 Tempat Wisata Paling Eksotis di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi
  7. Kebiasaan Harian Selebgram Terkenal yang Bikin Kamu Terkejut
  8. Inilah Rahasia Sukses Para Selebriti Hollywood yang Harus Kamu Ketahui
  9. 10 Tips Jitu untuk Membuat Konten Youtube yang Viral dan Mendunia
  10. Sedih Banget! Inilah Alasan Mengapa Aku Memutuskan untuk Berhenti Youtube

Tips Membuat Judul Clickbait

Lantas, bagaimana cara memakai clickbait yang baik agar tak merugikan audiens namun tetap dapat mendorong orang untuk mengklik konten yang Anda buat? Nah, cara yang baik untuk membuat judul clickbait adalah sebagai berikut.

Sesuaikan Judul dengan dengan Isi Konten

Pemakaian judul harus sama menariknya dengan isi konten yang Anda tawarkan. Hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dari konten clickbait yang baik supaya tidak merugikan Anda dan audiens

Penerapan clickbait yang tepat adalah menggarisbawahi sisi menarik yang melibatkan emosi audiens agar mengklik link yang Anda bagikan. Tetapi apabila isinya tak sesuai judul, maka hal itu bisa menjadikan kesalahpahaman.

Memakai judul yang tak sesuai dengan isi konten sama halnya dengan menyebarkan hoax. Karena itu, buatlah konten yang berkualitas supaya audiens tidak kecewa dengan hal yang sudah Anda janjikan pada judul.

Libatkan Emosi Audiens

Anda dapat saja memakai kalimat yang melibatkan emosi pembaca pada judul konten, bahkan hal itu merupakan salah satu tips agar konten menjadi lebih menarik. Namun, hindari penggunaannya secara berlebihan, ya!

Artinya, Anda tetap harus dapat menjawab kebutuhan informasi audiens tanpa perlu menyesatkan. Dalam hal ini sebagai contoh judul clickbait adalah "Lupa Password WordPress? Tenang, Ini Cara Mengatasinya!”

Melalui contoh tersebut, Anda mengetahui jika orang yang lupa password akan merasa panik serta tak tahu jalan keluarnya. Dengan judul itu, Anda dapat menarik pembaca dengan memberi pertanyaan "Lupa Password WordPress?.." 

Tambahkan Angka pada Judul

Tips berikutnya untuk membuat judul clickbait adalah dengan menambahkan angka. Judul dengan angka dapat dikatakan senantiasa menjadi favorit para pembuat konten. Sebab, angka cukup efektif untuk menarik perhatian di mana orang-orang suka akan hal yang dapat dipastikan.

Selain itu, judul dengan angka menjanjikan sesuatu yang spesifik di dalam isi artikel. Dengan begitu, menambahkan angka pada judul dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian audiens Anda.

Hindari Pemakaian Kalimat Tak Masuk Akal

Memakai kalimat yang bersifat hiperbola memang merupakan salah satu ciri khas umpan balik. Namun jika Anda ingin membuat sebuah judul clickbait yang bagus, hendaknya hindari kalimat yang melebih-lebihkan bahkan sampai tak masuk akal. Sebab, hal tersebut bakal berdampak negatif pada image bisnis atau produk Anda. 

Cantumkan Bagian yang Paling Menarik

Tips berikutnya, Anda harus pandai mengambil angle dalam penulisan. Bacalah kembali konten yang sudah Anda buat, lalu telusuri apa yang menarik serta jadi pembeda konten Anda dengan yang lainya. Garis bawahi hal yang menarik pada judul konten agar audiens mengetahui mengapa mereka harus mengklik konten Anda.

Clickbait Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Sesudah rampung membuatnya, periksa kembali judul serta isi konten yang telah Anda buat. Jangan sampai mengandung unsur yang tidak relevan dengan isinya, merugikan orang lain, atau bahkan menyesatkan audiens. Walaupun punya tujuan untuk mendulang klik, namun harus Anda perhatikan etika agar konten yang Anda buat tidak memiliki dampak buruk untuk orang banyak.

Maksimalkan Performa Konten dengan Strategi yang Jitu

Penggunaan clickbait memang sering menjadi andalan untuk meningkatkan jumlah klik dan traffic pada sebuah konten. Namun selain itu, ada berbagai strategi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa sebuah konten.

Untuk memaksimalkan performa konten dengan baik, gunakan layanan profesional dari agensi terpercaya seperti BigEvo. BigEvo Digital Agency telah dipercaya dan berpengalaman dalam membantu meningkatkan performa konten serta aspek digital lainnya.

Bersama BigEvo, Anda bisa menggunakan layanan Social Media Management, KOL Marketing, Live Streaming, Digital Ads, Website Development, SEO Optimization, dan masih banyak lagi. Diskusikan lebih lanjut dengan tim profesional kami melalui team@bigevo.com atau klik tombol WhatsApp di halaman ini. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Transformasi Digital dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Pilarnya
Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan atau organisasi mengadopsi teknologi digital & mengintegrasikannya ke dalam semua aspek bisnis. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Personalisasi Konten: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Tips yang Efektif
Personalisasi konten (content personalization) adalah strategi menyesuaikan konten agar lebih relevan dan bermakna bagi audiens yang disasar. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
Digital Branding: Pengertian, Manfaat, Elemen, dan Perbedaan dengan Digital Marketing
Digital branding adalah proses membangun dan mengelola citra merek atau brand secara online melalui berbagai platform digital. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  07 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo