Cek Panduan Mudah Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping Berikut Ini!

cara mengaktifkan Instagram Shopping

Instagram Shopping menjadi cara pemasaran kekinian yang dapat dipilih oleh para pebisnis dan banyak direkomendasikan oleh para digital marketing agency. Fitur ini diharapkan dapat mengkonversi nilai visual pada sebuah foto atau video menjadi angka penjualan yang menjanjikan.

Syarat Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

Instagram Shopping sebenarnya cukup mudah untuk digunakan. Bagi Anda yang ingin mengaktifkan fitur Instagram Shopping, berikut persyaratan yang perlu Anda perhatikan:

  1. Akun Instagram yang digunakan adalah akun bisnis. Dengan akun bisnis, Anda bisa menambahkan informasi terkait mengenai bisnis Anda, seperti jam operasional, alamat, nomor telepon serta tautan menuju website brand Anda.
  2. Akun Instagram terhubung dengan Facebook Page bisnis milik Anda, serta terhubung dengan katalog produk di Facebook. Pertama-tama, bukalah profil Instagram Anda, lalu pilih Edit Profil. Pada bagian Informasi Bisnis Publik, pilih Halaman Facebook. Apabila Anda tidak memiliki halaman Facebook sebelumnya, pilih Buat Halaman Facebook Baru. Perlu diingat Instagram Shopping hanya membutuhkan Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.
  3. Bisnis Anda mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan Instagram.
  4. Item yang diperjual-belikan adalah produk fisik.

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

Apabila persyaratan di atas telah terpenuhi, Anda bisa melanjutkan langkah-langkah aktivasi Instagram Shopping berikut ini.

Mengunggah Katalog Produk

Katalog produk merupakan inti utama dari Instagram Shopping. Untuk melakukan upload katalog produk, Anda bisa memanfaatkan pengelola katalog yang tersedia di Pengelola Bisnis Facebook atau bisa juga melalui partner platform e-commerce Instagram yang telah bersertifikasi, seperti Shopify dan Big Commerce.

Mengajukan Peninjauan Akun

Setelah katalog produk terisi dan katalog tersebut terhubung dengan akun Instagram, Anda bisa mengajukan peninjauan akun. Tahap ini bisa memakan waktu beberapa hari. Berikut adalah cara mengajukan peninjauan akun.

  1. Buka profil Instagram, lalu pilih Pengaturan
  2. Daftar untuk shopping
  3. Ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun
  4. Untuk melihat status peninjauan anda, buka menu Belanja pada Pengaturan

Dalam tahap ini, ada kemungkinan pihak Instagram akan memerlukan informasi tambahan terkait bukti kepemilikan website Anda. Di tahap ini, cukup ikuti langkah-langkah selanjutnya dari notifikasi yang Anda terima. Selanjutnya, Anda perlu menunggu informasi lebih lanjut hingga akun Anda disetujui.

Mengaktifkan Fitur Belanja (Shop)

Fitur Belanja hanya akan muncul setelah akun Anda lolos tahap peninjauan. Berikut ini cara mengaktivasi fitur Belanja.

  1. Buka Profil akun Instagram, pilih Pengaturan
  2. Pilih Bisnis, lalu pilih Belanja
  3. Pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan ke akun Instagram anda
  4. Pilih Selesai 

Menyematkan Label pada Instagram Feed

Di tahap ini, Anda mulai bisa memberikan label Instagram Shopping pada postingan feed Anda. Dengan label ini, calon pembeli akan mengetahui nama dan harga produk dalam sekali ketuk. Penyematan label ini juga akan memberikan tanda bahwa produk dalam post tersebut shoppable atau dapat dibeli. Caranya mirip dengan melakukan posting seperti biasa, lalu Anda bisa melanjutkannya dengan langkah berikut: 

  1. Pilih foto yang akan diposting
  2. Pilih Tambahkan Keterangan
  3. Pilih Labeli Produk, kemudian cari produk yang dimaksud
  4. Pilih Selesai, dan lalu pilih Bagikan

Menyematkan Stiker Belanja pada Instagram Stories

Untuk memberikan fitur Instagram Shopping pada InstaStories, Anda bisa menempelkan stiker belanja pada InstaStories tersebut. Ini adalah penanda bahwa produk dalam InstaStories adalah shoppable. Setelah memilih foto yang akan dibagikan dalam InstaStories, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  1. Pilih icon sticker di sudut kanan atas, pilih sticker produk
  2. Pilih produk dari katalog yang ingin ditampilkan
  3. Posisikan stiker produk di area yang diinginkan dalam InstaStories
  4. Anda juga bisa mengubah warna tulisan stiker produk dengan mengetuk stiker tersebut
  5. Bagikan InstaStories

Instagram Checkout

Setelah calon pembeli menemukan produk Anda, pastikan Anda memikat mereka dengan tampilan visual produk yang menarik. Semakin shoppable produk Anda, semakin besar kemungkinan pembeli akan melakukan pembelian atau setidaknya memasukkan produk tersebut ke dalam Wishlist.

Instagram Checkout sendiri adalah fitur di mana pembeli dapat membeli produk langsung di Instagram, atau dengan kata lain, tanpa meninggalkan aplikasi Instagram itu sendiri. Setelah menemukan produk yang dirasa menarik, pembeli hanya membutuhkan beberapa ketukan lagi untuk mengantarkannya ke proses pembayaran. Untuk bisa di tahap ini, pembeli perlu memberikan nama email, informasi penagihan serta alaman pengiriman produk, terutama saat pertama kali melakukan checkout.

Sayangnya hingga saat ini, fitur Instagram Checkout masih dalam pengembangan, atau dalam versi beta. Instagram Checkout hanya akan terhubung dengan bisnis tertentu yang dipilih dan hingga kini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Sedangkan di Indonesia, fitur Instagram Checkout baru menghubungkan produk berlabel menuju website online store brand tersebut. Kendati belum bisa memfasilitasi pembayaran langsung di Instagram, namun tautan ini tentu dapat meningkatkan traffic dan leads pada website online store Anda. Selain itu, jangan lupakan bahwa Instagram Shopping ini memberikan exposure dan digital performance yang kuat terhadap setiap produk di unggahan Instagram Anda.

Tertarik menggunakan fitur Instagram Shopping? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan BigEvo – digital performance agency yang siap membantu Anda merencanakan, menjalankan hingga mengevaluasi pemasaran digital bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo