Cara Mencari Domain yang Tepat dan Bagus Untuk Website Bisnis

cara mencari domain

Cara mencari domain untuk website bisnis sebaiknya mengandung SEO dan unik. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online perlu memperhatikan beberapa hal terkait domain. Domain merupakan salah satu identitas nama sebuah website yang akan Anda jalankan.

Sekaligus menjadi faktor utama yang menentukan domain mudah diakses banyak pengguna internet kedepannya. Sehingga penting memilih domain yang singkat, mudah diingat, bagus, unik dan sesuai SEO.

Cara Mencari Domain yang Berkualitas dan Membawa Hoki

Mengingat nama domain adalah yang pertama kali muncul dan bakal dicari banyak pengunjung, maka menentukan domain tidaklah sembarangan. Anda bisa memperhatikan hal berikut jika ingin mendapatkan domain yang mendukung optimasi SEO.

Memilih Nama Singkat dan Mudah Diingat

Menentukan domain perlu menentukan panjang pendeknya nama. Sebaiknya Anda menggunakan tidak lebih dari 3 kata. Pilihlah nama yang singkat dan mudah diingat serta diucap. Seperti halnya Anda nama Facebook dan Twitter. Keduanya memiliki nama yang simpel namun mudah diingat.

Nama yang singkat memberikan kemudahan tidak hanya di penyebutan saja, namun juga pengisian di profil online maupun portofolio. Perlu diingat bahwa ketika Anda telah menemukan nama yang unik dan berbeda maka Anda perlu mengamankan ide nama tersebut.

PIlih yang Kreatif dan Brandable

Sebagai identitas website yang seumur hidup Anda gunakan, tentu Anda perlu memilih Cara mencari domain yang brandable. Nama yang brandable memungkinkan Anda melakukan branding secara mudah.

Nantinya pelanggan akan menjadikan nama tersebut untuk disebarluaskan dan menjadi hal yang diingat oleh pelanggan maupun pengunjung website Anda. Nama tersebut lebih unik dan bagus. Caranya dengan membuat kata baru yang menarik perhatian. Sebagai inspirasi, Anda bisa menggunakan kata yang sudah ada namun dengan cara membelokkan atau memodifnya menjadi satu kata yang unik.

Selipkan Kata Kunci Jika Diperlukan

Menjadi salah satu nama domain bisnis, Anda pastinya ingin ditemukan pada pencarian Google teratas. Untuk mencapai hal ini tentu Anda perlu meletakkan kata kunci penting dalam domain Bisnis Anda jika diperlukan dan tidak masih tahap wajar. Misalkan Anda menjual keripik, Anda bisa memberi nama domain misalnya keripikpedas[dot]com atau lainya. Jika perlu memberikan kata yang memiliki banyak hasil pencarian.

Seperti halnya Anda yang memiliki usaha laundry. Cara mencari domain bisa menggunakan kata kunci industri dalam domain agar memudahkan orang mengenal bisnis Anda dan juga pelayanannya. Memasukkan kata laundry membantu SEO website muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Dengan begitu traffic Anda juga akan cepat meningkat.

Hindari Menggunakan Angka dan Tanda Hubung

Pada prinsipnya menggunakan kata yang singkat dan jelas memudahkan siapa saja menyebutnya secara gamblang. Hal ini perlu menghindari penggunaan kata hubung maupun angka. Tujuannya agar tidak menyulitkan pembaca. Selain itu juga memudahkan Anda dalam mengetik nama domain tersebut.

Jika Anda menggunakan angka atau tanda hubung, dan Anda salah dalam menempatkan tanda hubung tersebut maka akan muncul website yang berbeda. Faktanya, nama domain tanpa tanda hubung maupun angka pada Google menjadi posisi pertama hingga ketiga atau SEO.

Apalagi ejaan yang tidak baku, akan menyulitkan Anda sendiri. Nama domain yang simple dan singkat memberikan banyak kemudahan. Sehingga menjadi salah satu yang paling disarankan. Pastikan bahwa Anda menyiasati agar tidak ada huruf berulang pada domain Anda.

Cari Domain Unik yang Belum Digunakan

Begitu banyaknya pengguna domain di internet, memungkinkan seseorang menggunakan cara mencari domain yang hampir sama. Namun penting Anda pastikan bahwa Anda tidak memilih nama domain yang sama dengan pengguna lainnya.

Setiap pelaku bisnis online, memiliki kemungkinan mematenkan nama domainnya. Jika Anda menyamainya atau mirip dengan brand yang mereka miliki bisa-bisa Anda berurusan dengan hukum.

Oleh karena itu Anda perlu melakukan riset domain yang belum pernah digunakan. Sekarang ini telah banyak tools atau aplikasi yang bisa membantu Anda mengecek apakah pilihan domain Anda sudah dipergunakan situs lainnya atau belum.

Pilih Nama yang Relevan dan Berpotensi Jangka Panjang

Bagi Anda yang sudah mantap dan tidak ingin mengganti nama domain maka Anda bisa menentukan pilihan nama domain dengan brand. Namun banyak pebisnis yang mempertimbangkan nama domainnya sehingga lebih memiliki potensi di masa mendatang.

Relevansi domain itu sendiri perlu dipertahankan. Bayangkan saja jika Anda berputar haluan ke bisnis lainnya, maka nama tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan usaha baru Anda. Namun sah-sah saja Anda membeli domain baru yang diinginkan dan nantinya redirect ke situs yang sudah ada. Hanya saja reputasi domain nantinya akan mulai dari nol kembali. Sehingga semua optimasi mesin pencarian yang sudah Anda lakukan sebelumnya akan sia-sia.

Gunakan Ekstensi yang Sesuai Dengan Bidang Usaha

Cara mencari domain penting mempertimbangkan ekstensi domain yang akan Anda gunakan. Anda sesuaikan dengan target pengunjung website Anda. Beberapa pilihan ekstensi yang bisa Anda gunakan adalah .com, .co.id, .id jika Anda memang mengkhususkan untuk pelanggan atau pembaca orang Indonesia.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo