Cara Membuka Toko di Shopee, Lengkap dan Anti Ribet

cara membuka toko di shopee

Bagi Anda yang ingin berbisnis online, memahami cara membuka toko di Shopee menjadi langkah yang penting. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang memiliki banyak pengguna, sehingga tak heran jika banyak pebisnis yang membidik peluang di dalamnya.

Pembahasan ini akan mengulas secara lengkap bagaimana cara membuka toko di Shopee yang pastinya anti ribet. Simak selengkapnya di bawah, ya!

Cara Membuka Toko di Shopee

Membuka toko di Shopee dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah yang mudah. Namun sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah menyiapkan informasi dan data-data yang dibutuhkan. Seperti kartu identitas Anda sebagai pemilik toko, serta nama, logo, dan deskripsi toko.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk membuka toko di Shopee.

1. Buat Akun Shopee

Cara pertama dalam membuka toko di Shopee adalah membuat akun di halaman website resmi atau aplikasi mobile. Anda dapat mengunduh aplikasi Shopee terbaru untuk penggunaan di telepon seluler atau melalui halaman shopee.co.id.

Setelah itu, buatlah akun pengguna jika Anda baru menggunakan platform e-commerce tersebut. Anda dapat menemukan tombol daftar di bagian kanan atas pada halaman web atau di bagian awal aplikasi. Anda bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan alamat email, akun Facebook, atau nomor telepon. 

2. Klik Mulai Berjualan

Setelah memiliki akun, Anda bisa masuk ke halaman awal atau aplikasi Shopee. Lalu klik “Mulai Berjualan” di bagian kiri atas halaman web Shopee. Jika menggunakan aplikasi, Anda bisa mengklik “Mulai Jual” pada laman pengguna.

3. Mulai Pendaftaran Toko di Shopee

Setelah mengklik "Mulai Berjualan", Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran toko. Di halaman ini, Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang toko Anda, seperti nama, deskripsi, dan logo. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan menarik bagi calon pelanggan.

4. Atur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman

Selain mengisi informasi dasar toko di Shopee, Anda juga perlu mengatur alamat toko dan jasa pengiriman. Untuk alamat toko, masukkan alamat di mana Anda akan mengirimkan produk ke pembeli. Setelah itu, pastikan untuk mengklik tombol “Atur sebagai Alamat Toko” sebelum menyimpan pengaturan.

Untuk jasa pengiriman, Anda dapat memilih layanan terdekat dari alamat toko. Shopee menawarkan beberapa jasa kirim yang bisa Anda gunakan, seperti SPX, J&T, JNE, dan lain sebagainya. Sebaiknya gunakan beberapa jasa kirim agar pembeli memilih opsi yang paling pas untuk pengiriman produk.

5. Lakukan Verifikasi Akun

Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat email untuk dilakukan verifikasi akun toko. Nantinya Anda akan menerima email berupa kode OTP untuk melanjutkan proses verifikasi. Setelah berhasil verifikasi, Anda akan diarahkan pada halaman berikutnya untuk membuka toko di Shopee.

6. Atur Dekorasi Toko di Shopee

Begitu berhasil membuka toko di Shopee, Anda bisa mengatur tampilannya agar lebih menarik. Caranya pun mudah dan simpel, di mana terdapat beberapa template yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa melakukan pengaturan ini melalui halaman website maupun aplikasi mobile Shopee.

Untuk halaman web, Anda tinggal mengunjungi Seller Centre dan klik bagian “Dekorasi Toko”. Sedangkan untuk pengaturan lewat aplikasi, Anda hanya perlu masuk ke toko dan klik tombol “Atur Dekorasi Toko” yang muncul. Pada pengaturan ini, Anda dapat memilih template yang sesuai dan menampilkannya di toko.

7. Daftar Program Gratis Ongkir

Salah satu keuntungan berjualan di e-commerce seperti Shopee adalah adanya program gratis ongkir. Program ini akan menarik lebih banyak pembeli berbelanja di toko tanpa biaya lebih yang harus Anda keluarkan. Biasanya Anda akan diminta verifikasi identitas dan menunggu 2 - 3 hari untuk proses aktivasi program.

Cara Mulai Jualan di Toko Shopee

Setelah berhasil membuat toko di Shopee, Anda tentu ingin segera bisa berjualan di platform e-commerce yang satu ini. Untuk bisa melakukannya, Anda harus mengunggah produk yang akan dijual. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menambahkan produk dan berjualan di Shopee:

  1. Masukkan foto dan/atau video produk. 
  2. Buat judul yang sesuai dengan produk yang dijual dan kata kunci yang dicari orang.
  3. Masukkan deskripsi dengan secara lengkap.
  4. Gunakan hashtag yang relevan dengan produk.
  5. Tambahkan kategori dan merek produk jika ada.
  6. Atur harga, stok, dan variasi produk jika ada.
  7. Begitu pesanan masuk, klik atur pengiriman.
  8. Kirimkan produk dan pantau apakah pesanan sudah sampai di tangan pembeli.

Jualan Lebih Mudah dengan Muremart

Meskipun cara membuka toko di Shopee tidak ribet, namun prosesnya tetap saja membutuhkan waktu dan usaha. Untuk jualan online yang lebih tidak ribet dan pastinya simpel, Anda bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan Muremart. 

Muremart membantu Anda berjualan dengan mudah, anti ribet, dan tinggal terima beres saja. Anda hanya perlu memilih paket layanan yang diinginkan, lalu menyiapkan produk untuk diproses di Muremart. 

Nantinya, tim Muremart yang akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Mulai dari berjualan dan manajemen produk di e-commerce, promosi seperti live streaming, packing, sampai pengiriman produk ke pembeli. 

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan laporan penjualan untuk memantau proses yang berjalan di Muremart. Dengan menyerahkan pada Muremart, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk atau bisnis menjadi lebih baik.

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda melalui email team@bigevo.com atau klik ikon WhatsApp pada halaman ini untuk informasi lebih lanjut. Tim Muremart siap membantu bisnis Anda. Hubungi kami sekarang!



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo