Algoritma TikTok: Pengertian dan Cara Jitu Untuk Pemasaran Brand

algoritma tiktok terbaru untuk brand

Algoritma TikTok yang dipersonalisasi dengan sangat baik menciptakan halaman TikTok For You yang adiktif bagi para pengguna. Ramuan konten yang sesuai dengan preferensi hingga suasana hati pengguna ini dapat menjadi celah bagi brand untuk masuk ke alam bawah sadar target konsumen. Inilah yang perlu diketahui brand tentang cara kerja algoritma TikTok pada tahun 2021.

Apa itu Algoritma TikTok?

Algoritma TikTok adalah sistem rekomendasi yang menentukan video mana yang akan muncul di halaman For You, halaman awal setiap kali Anda membuka TikTok. Setiap pengguna akan mendapatkan halaman For You yang khusus untuk dirinya. Tidak ada dua pengguna yang akan melihat video yang sama di halaman For You dan video yang Anda lihat mungkin berubah dari waktu ke waktu berdasarkan preferensi tontonan dan bahkan keadaan pikiran Anda saat ini.

TikTok mendefinisikan algoritma halaman TikTok For You sebagai “Arus video yang disesuaikan dengan minat Anda, memudahkan untuk menemukan konten dan pembuat yang Anda sukai … didukung oleh sistem rekomendasi yang memberikan konten yang mungkin menarik bagi pengguna tertentu.”

Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok?

Di awal kemunculannya, mungkin banyak platform sosial yang merahasiakan algoritma mereka. Hal ini memang masuk akal karena sistem rekomendasi adalah teknologi eksklusif yang membantu menciptakan jejaring sosial yang unik. Algoritma adalah alasan utama jejaring sosial dapat menarik perhatian dan membuat kita tetap memperhatikan. TikTok tidak ingin algoritma mereka disalahgunakan oleh orang yang memiliki niat buruk untuk mendapatkan lebih banyak perhatian.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang menjadi lebih skeptis tentang cara kerja jaringan sosial dan sebagian besar platform telah mengungkapkan cara kerja dasar algoritma mereka. Berikut ini beberapa sinyal peringkat utama untuk algoritma TikTok.

  • Interaksi Pengguna

Sama seperti algoritma Instagram, algoritma TikTok menciptakan rekomendasi berdasarkan interaksi pengguna dengan konten di aplikasi. Interaksi apa saja? Apapun yang memberikan petunjuk tentang jenis konten yang disukai atau tidak disukai pengguna. Beberapa di antaranya yaitu akun yang Anda ikuti, creator yang Anda sembunyikan, komentar yang Anda buat, video yang Anda sukai serta bagikan di aplikasi, dan berbagai interaksi lainnya.

  • Informasi Video

Selain sinyal interaksi pengguna, TikTok menggunakan sinyal informasi video yang didasarkan pada konten yang sering Anda cari di tab Discover. Informasi ini termasuk rincian seperti captions, suara atau musik, hashtags, efek, dan trending topics.

  • Pengaturan perangkat dan akun

Pengaturan perangkat dan akun adalah salah satu sinyal yang digunakan TikTok untuk mengoptimalkan kinerja. Namun, kedua jenis pengaturan ini tidak memiliki banyak pengaruh pada apa yang Anda lihat di platform seperti interaksi pengguna dan sinyal informasi video.

9 Tips untuk Bekerja dengan Algoritma TikTok di tahun 2021

1. Beralih ke Akun TikTok Pro

TikTok menawarkan dua jenis akun pro yaitu creator atau bisnis. Memiliki akun Pro memang tidak otomatis menempatkan video Anda di halaman For You, tetapi tetap menjadi bagian penting dari menguasai algoritma TikTok karena akun creator atau Bisnis memberi Anda akses ke metriks dan wawasan yang dapat membantu memandu strategi TikTok Anda. Memahami siapa audiens Anda, kapan mereka aktif di aplikasi, dan jenis konten apa yang mereka nikmati sangat penting jika Anda ingin membuat konten yang mereka sukai dan terlibat.

2. Temukan Komunitas Anda

Komunitas adalah kunci penting dari keberhasilan konten di semua platform sosial. Di TikTok, peran komunitas lebih penting lagi karena sangat memengaruhi algoritma. Tidak seperti di jejaring sosial lain, tempat para pengguna menghabiskan banyak waktu mereka untuk terlibat dengan orang-orang yang mereka kenal dan akun yang sudah mereka ikuti, TikTokers menghabiskan sebagian besar waktu mereka di halaman For You. Mereka menikmati konten dari pengguna lain yang tidak mereka kenal tetapi memiliki tema video yang mereka sukai.

 

Jika bisnis Anda dapat memanfaatkan komunitas yang sudah ada, konten Anda kemungkinan besar akan ditampilkan ke audiens yang tepat. Komunitas di TikTok saat ini masih berkumpul berdasarkan hashtag. Anda bisa menambahkan hashtag yang sesuai untuk bergabung dengan komunitas tertentu. Memahami komunitas Anda juga dapat membantu Anda membuat konten yang terhubung secara otentik dengan TikTokers, menciptakan kredibilitas yang lebih besar, loyalitas merek, dan bahkan lebih banyak eksposur.

3. Maksimalkan Momen Pertama

TikTok bergerak dengan sangat cepat. Ini bukan platform yang butuh intro panjang dalam video Anda. Tarik perhatian dan tunjukkan nilai menonton di detik-detik pertama TikTok Anda. Buatlah pembuka video yang memaksa penonton harus berhenti scrolling untuk menonton video Anda. 

Mungkin kita juga bisa belajar dari statistik iklan TikTok ini untuk memaksimalkan konten organik. Membuka video TikTok dengan emosi yang kuat menghasilkan peningkatan 1,7x dibandingkan dengan konten yang dimulai dengan ekspresi netral.

4. Tulis Caption yang Menarik

Anda punya 150 karakter untuk caption TikTok, termasuk tagar. Caption yang ideal dapat menjelaskan kepada pembaca mengapa mereka harus menonton video Anda, yang akan meningkatkan engagement dan persentase video ditonton hingga selesai. Gunakan caption untuk menciptakan rasa ingin tahu atau ajukan pertanyaan yang menciptakan percakapan di komentar.

5. Buat Video Berkualitas Tinggi

Hampir di semua platform konten berkualitas tinggi akan memberikan hasil yang lebih baik. Para pengguna jejaring sosial sudah melihat banyak hal, berbagai foto, ilustrasi, dan video. Tanpa harus memiliki gelar di bidang kesenian, mereka bisa mengenali gambar atau video yang berkualitas dan menarik untuk ditonton.

Anda tidak memerlukan peralatan mewah, ponsel Anda adalah alat terbaik untuk membuat video otentik. Tambahkan pencahayaan yang layak, mikrofon yang bagus jika memungkinkan, dan beberapa pengeditan cepat untuk menghasilkan konten yang lebih baik. TikTok bisa berdurasi 5 detik hingga 3 menit, namun tetap targetkan 12-15 detik untuk menyesuaikan rentang perhatian atau attention span penonton.

Selain memenuhi selera penonton, Anda tentu harus memenuhi “selera” algoritma dengan mengikuti petunjuk format video di TikTok. Buat konten dengan format vertikal 9:16, video yang diambil secara vertikal rata-rata memiliki rasio tontonan enam detik 25% lebih tinggi. Rancang video Anda untuk diputar dengan suara aktif, 88% pengguna TikTok mengatakan suara atau musik adalah "penting" di platform ini. Pastikan untuk menggunakan fitur bawaan TikTok seperti efek dan teks karena menurut TikTok, “Fitur-fitur asli ini membantu menandai orisinalitas konten Anda untuk platform yang juga dapat membantu menempatkannya di lebih banyak halaman For You!”

6. Posting pada Waktu yang Tepat untuk Audiens Anda

Algoritma TikTok, dan hampir seluruh platform media sosial, menganggap waktu posting sebagai salah satu kunci keterlibatan aktif pengguna. Pastikan untuk posting di waktu “prime” atau saat audiens Anda paling aktif di aplikasi. Untuk menemukan waktu tersebut, periksa analitik akun bisnis atau creator Anda.

7. Terlibat dengan Pengguna TikTok Lainnya

21% pengguna TikTok mengatakan mereka merasa lebih terhubung dengan brand yang mengomentari postingan orang lain. Selain itu, membalas komentar di video Anda sendiri juga merupakan kunci untuk membangun sinyal engagement pada algoritma. TikTok juga menawarkan beberapa cara unik untuk berinteraksi dengan pembuat TikTok lainnya, seperti Duet, Stitch, dan balasan video untuk komentar.

8. Gunakan Hashtag yang Tepat

Beberapa jenis hashtag dapat membantu meningkatkan konten Anda dalam algoritma TikTok, seperti #ForYouPage dan #fyp. Pastikan untuk mengawasi tagar yang terkait dengan tantangan. Tantangan hashtag adalah cara yang baik untuk menghasilkan ide-ide baru untuk konten sambil mengirimkan sinyal mengikuti tren ke algoritma. Sebagai tambahan, 61% TikToker mengatakan bahwa mereka lebih menyukai brand saat mereka membuat atau berpartisipasi dalam tren TikTok. Jika Anda adalah bisnis kecil, gunakan hashtag untuk masuk ke komunitas orang-orang yang ingin mendukung wirausahawan independen dengan hashtag UMKM teratas TikTok.

9. Gunakan Suara dan Musik yang Sedang Tren

Dua pertiga (=67%) dari pengguna TikTok mengatakan mereka lebih suka video brand yang menampilkan lagu-lagu populer atau sedang tren. Seperti yang telah kami katakan, berpartisipasi dalam tren apapun adalah langkah baik ketika membidik halaman For You.

Bagaimana Anda mengetahui lagu dan suara mana yang sedang tren? Dari layar beranda TikTok, klik ikon “+” di bagian bawah, lalu klik Suara di halaman Rekam Video. Anda akan melihat daftar suara trending teratas.

Algoritma TikTok adalah hal yang harus terus dipelajari jika ingin sukses menguasai TikTok untuk pemasaran brand Anda. Semoga 9 tips sukses memahami algoritma TikTok untuk pemasaran brand Anda di atas dapat membantu meningkatkan performa organik TikTok Anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan digital agency terbaik atau menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta untuk membantu mengelola TikTok bisnis Anda. Selain social media management, digital marketing agency terpercaya juga dapat membantu menyiapkan strategi berdasarkan update terbaru dari setiap platform.

Siap mengembangkan TikTok untuk bisnis Anda? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo