Brand Value: Pengertian, Contoh, Manfaatnya untuk Bisnis

brand value

Brand value merupakan salah satu aspek dasar dan memegang peranan penting dalam bisnis. Karena itu, seorang pebisnis harus memahami dengan baik pengertian brand value serta manfaatnya untuk bisnis secara keseluruhan. Tak hanya itu, seorang pebisnis juga sebaiknya mengetahui bagaimana cara meningkatkan brand value.

Temukan selengkapnya mengenai brand value, manfaat, hingga cara meningkatkannya dalam pembahasan ini. Baca terus disini!

Memahami Konsep Brand Value

Pengertian brand value secara mendasar adalah nilai yang dimiliki oleh sebuah brand dan melekat di benak konsumen. Brand value adalah jumlah total nilai uang dari nama merek dan logo perusahaan. Ini juga merupakan indikasi kekuatan merek dan potensinya untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan. 

Ada banyak cara untuk mengukur nilai merek. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode riset pasar, seperti survei, kelompok fokus, wawancara, dan studi kepuasan pelanggan. Cara lain adalah dengan menggunakan metode "penilaian merek" seperti analisis arus kas yang didiskontokan atau metodologi berbasis kelipatan seperti model penilaian ekuitas.

Contoh brand value adalah ketika konsumen atau masyarakat umum menilai produk Anda dalam benak mereka. Misalnya konsumen menilai produk sabun Anda sebagai sabun kesehatan yang dapat menjaga keluarga. Atau produk sepatu Anda sebagai sepatu kalangan atas untuk mendukung gaya hidup.

Peran Digital Marketing untuk Brand Value

Di dunia sekarang ini, pentingnya brand value telah meningkat secara signifikan. Ada banyak cara di mana perusahaan dapat membangun brand valuenya. Salah satu metode paling populer untuk membangun branding yang kuat adalah melalui media sosial.

Pemasaran media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan jangkauannya. Ini membantu untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda. Metode ini juga membantu Anda untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang konsumen inginkan dari produk Anda.

Ada sejumlah manfaat yang datang dengan mengembangkan kehadiran online yang kuat untuk perusahaan Anda, seperti peningkatan visibilitas, peningkatan basis pelanggan, dan peningkatan penjualan. Pemasaran media sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran apapun karena memberi Anda kesempatan untuk memasarkan produk dengan cara yang menarik. Strategi ini dapat menarik pelanggan baru dan tetap mengikuti perkembangan produk Anda.

Manfaat Brand Value untuk Bisnis

Brand value tidak bisa didapatkan dengan mudah tanpa usaha oleh perusahaan Anda, namun membutuhkan upaya yang besar. Anda perlu memaksimalkan kualitas dan layanan agar produk Anda memiliki value yang tinggi di mata konsumen. Karena itu, penting bagi Anda untuk menganalisis value atau nilai seperti apa yang ingin dicapai oleh brand, perusahaan, atau produk?

Berbicara peranan penting brand value tidak lengkap tanpa mengulas apa saja manfaatnya. Berikut beberapa manfaat penerapan brand value untuk pengembangan bisnis.

Mengenal dan Memahami Target Audience

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari brand value adalah membantu Anda mengenali dan mengidentifikasi target audience dari produk atau brand. Biasanya, nilai-nilai yang dimiliki oleh sebuah brand akan menarik pasar yang memiliki nilai yang sama. Hal ini dapat membantu Anda memahami lebih baik bagaimana karakter target pasar.

Misalnya brand Anda mengusung konsep eco-friendly dan kualitas yang berkelas. Maka konsumen atau target pasar Anda juga merupakan sekelompok orang yang memiliki ketertarikan atas nilai-nilai tersebut. Informasi tersebut dapat menjadi acuan bagi Anda dalam melakukan analisis target pasar dan membuat strategi pemasaran yang tepat.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Memiliki brand value yang kuat dan positif akan menumbuhkan kepercayaan pada konsumen. Terlebih lagi jika nilai-nilai yang Anda usung pada brand dan produk sejalan dengan kualitas yang diberikan. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, yang akan menumbuhkan loyalitas dan pembelian ulang.

Meningkatkan Angka Penjualan

Tak dapat dipungkiri bahwa angka penjualan sering menjadi target bisnis yang ingin dicapai oleh banyak brand. Memiliki brand value yang baik akan sangat membantu dalam peningkatan angka penjualan yang diharapkan. Terlebih jika Anda dapat membangun brand value yang positif dan menyasar kelompok yang sesuai dengan target pasar.

Misalnya ketika Anda memasukkan nilai sosial pada promosi produk yang Anda lakukan dengan program khusus. Program tersebut dapat berupa bantuan makanan sehat untuk anak-anak yang kekurangan gizi di daerah pedalaman Indonesia. Brand value yang seperti ini akan menarik orang-orang yang memiliki nilai serupa dan tentunya mendorong terjadinya penjualan.

Meningkatkan Branding yang Kuat

Manfaat brand value yang selanjutnya adalah membantu perusahaan dalam proses branding. Brand value yang jelas akan mendorong meningkatnya proses branding perusahaan, merek, maupun produk dengan lebih kuat. Semakin kuat nilai brand yang Anda miliki, semakin bagus pula kesan brand tersebut di mata konsumen.

Meningkatkan Harga Jual Produk

Memiliki brand value dapat memberikan manfaat yang menggiurkan bagi para pebisnis, yaitu meningkatnya harga jual. Dengan implementasi brand value yang tepat, bukan tidak mungkin produk Anda mengalami peningkatan harga jual. Terutama jika dibanding dengan produk-produk kompetitor yang memiliki fitur serupa, namun tidak mengusung brand value seperti Anda.

Misalnya Anda mengusung brand value sebagai produk sepatu yang berkelas dan mewah. Nilai ini akan mendongkrak harga jual produk sepatu Anda dibanding kompetitor, meski mungkin kompetitor juga memiliki sepatu sejenis. Dari sini bisa dipahami betapa pentingnya memiliki brand value untuk perkembangan bisnis Anda, bukan?

Cara Meningkatkan Brand Value

Setelah mengetahui konsep dan manfaat brand value untuk bisnis, selanjutnya kita akan mengulas bagaimana cara meningkatkannya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, membangun brand value bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan tanpa usaha. Bahkan mungkin penerapan brand value membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus dilakukan secara terus-menerus.

Meski begitu, bukan berarti brand value yang telah Anda miliki sekarang akan stagnan dan begitu-begitu saja tanpa perubahan. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan brand value yang sudah ada. Berikut beberapa cara meningkatkan brand value yang dapat Anda terapkan:

  • Menjangkau pasar baru yang lebih sesuai dengan produk.
  • Meningkatkan produksi agar mendongkrak penjualan produk.
  • Melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang tepat untuk pengembangan produk.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk.
  • Menggandeng partisipasi konsumen melalui event yang menarik.

Sebelum menerapkan langkah-langkah tersebut, pastikan Anda telah membuat analisis terhadap strategi mana yang tepat untuk brand. Jika Anda ingin melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan pihak lain, tentukan dengan baik siapa yang tepat untuk hal tersebut. Intinya, Anda perlu melakukan persiapan dan riset yang matang sebelum menerapkan strategi untuk meningkatkan brand value.

Untuk penerapan strategi yang lebih optimal, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional seperti BigEvo. BigEvo Digital Agency telah berpengalaman dalam implementasi berbagai strategi digital yang sesuai dengan kebutuhan brand. Terdapat banyak layanan digital yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai target bisnis, termasuk meningkatkan brand value.

Segera diskusikan kebutuhan bisnis atau brand Anda untuk penerapan strategi digital yang tepat melalui team@bigevo.com. Tim profesional kami akan membantu penerapan strategi digital untuk meningkatkan brand value serta target bisnis lainnya. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo