Aplikasi TikTok Masih Trending, Ini Strategi Marketing TikTok untuk Bisnis Anda!

strategi marketing TikTok

Aplikasi TikTok yang saat ini sedang booming di berbagai kalangan memang memiliki berbagai fitur menarik. Tidak hanya sebatas tujuan entertainment, fitur tersebut juga dapat mendukung kebutuhan marketing bisnis Anda. Tentunya, dengan mempertimbangkan dan memperhatikan tujuan dan sasaran marketing terlebih dahulu. Untuk mempersiapkan strategi marketing TikTok yang efektif dan tepat sasaran untuk bisnis Anda, siapkan jawaban yang tepat dari dua pertanyaan berikut ini.

Apa Tujuan Marketing Anda?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi apa tujuan Anda, termasuk kenapa Anda ingin menggunakan TikTok sebagai salah satu media marketing. Hal ini penting untuk menentukan ekspektasi terhadap hasil dan mengukur keberhasilan digital marketing di TikTok nantinya. Anda harus mengetahui dan memahami mekanisme serta cara kerja TikTok.  Setelah itu, pahami langkah-langkah apa yang akan Anda ambil. Salah satunya adalah menyesuaikan isi TikTok dengan tujuan bisnis atau brand Anda.

Siapa Buyer Persona Anda?

Setelah menetapkan tujuan, ini saatnya untuk menentukan siapa buyer persona Anda. Hal mendasar ini penting dilakukan untuk memudahkan Anda mengidentifikasi kebutuhan konsumen terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pastikan bahwa yang Anda tawarkan melalui bisnis atau brand Anda sesuai dengan personality kebanyakan pengguna aktif TikTok. Ini akan memudahkan Anda melakukan pemasaran yang tepat sasaran.

Strategi Marketing TikTok Ampuh Untuk Memasarkan Bisnis

Buat Akun dan Verifikasi

Setelah memahami  tujuan dan sasaran Anda, kini saatnya membuat akun TikTok. Hampir sama dengan membuat akun media sosial lain, membuat akun TikTok merupakan hal yang mudah dilakukan, namun Anda dapat memilih untuk membuatnya sendiri atau meminta bantuan digital marketing agency yang akan mengelola akun bisnis Anda. Berikut ini beberapa aturan yang mesti diperhatikan saat membuat akun bisnis Anda di TikTok.

  • Gunakan foto profil yang menggambarkan bisnis atau brand. Ada baiknya gunakan logo bisnis Anda agar terlihat lebih profesional.
  • Gunakan nama brand sebagai nama akun TikTok Anda.
  • Perhatikan bio TikTok Anda. Berikan deskripsi yang jelas dan menarik terkait brand Anda. 
  • Manfaatkan clickable bio untuk mengarahkan viewer atau follower berkunjung ke marketplace atau website Anda. 

Selain hal-hal di atas, Anda juga dapat mengajukan verifikasi akun. Selain bertujuan agar brand atau bisnis Anda mudah dikenali, akun yang terverifikasi juga terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Hashtag: Elemen Krusial bagi Konten

Umumnya aplikasi media sosial menggunakan hashtag agar konten mudah ditemukan, begitu juga dengan TikTok. Pengguna TikTok aktif menggunakan hashtag untuk mengelompokkan video yang ingin mereka tonton. Selain itu, pengguna juga memanfaatkan tombol “discover” untuk melihat video yang telah disortir berdasarkan hashtag yang tengah menjadi trend di TikTok saat itu. 

Namun, penggunaan hashtag TikTok berbeda dengan sistem hashtag di platform lain. Hashtag TikTok berfokus pada apa yang sedang menjadi trend saat ini, sedangkan hashtag di media sosial bisa saja tidak berkaitan atau tidak relevan dengan konten yang diposting. Sistem hashtag di TikTok memasangkan tanda yang relevan dengan konten dan tujuan marketing Anda. Pastikan Anda menggunakan hashtag yang tidak tumpang tindih dengan hashtag popular. Gunakan hashtag yang sesuai dengan target market agar lebih tepat sasaran dan sangat efektif untuk pencarian terkait.

Berkolaborasi dengan TikTok Influencers

Sebagai aplikasi yang sedang naik daun saat ini, pengguna TikTok juga diuntungkan dengan banyaknya orang baru yang menggunakan aplikasi ini. Di antaranya jumlah likes dan followers yang mudah didapatkan dengan memposting konten yang menarik perhatian pengguna TikTok lainnya. 

Beberapa di antara pengguna pengguna TikTok kemudian menemukan peluang untuk menjadi TikTok influencer dengan kualitas dan reputasi konten yang dibuat. Anda dapat bekerja sama dengan digital marketing agency untuk dapat memanfaatkan hal ini dan berkolaborasi dengan para TikTok influencer. Ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan potensial dari follower influencer tersebut. 

TikTok Ads

Ini merupakan salah satu fokus yang dapat BigEvo, sebagai TikTok Premier Partner digital agency, dapat tawarkan kepada Anda. Selain konten organik yang menarik, iklan masih menjadi prioritas utama dalam mempromosikan bisnis Anda. Saat ini, TikTok menawarkan sistem periklanan yang memudahkan aktivitas periklanan pada platform mereka. 

Beberapa layanan iklan yang ditawarkan TikTok di antaranya yaitu:

  • Branded Effect

Biasanya menggunakan efek atau filter khusus yang dapat menampilkan informasi terkait brand atau bisnis Anda.

  • In-feed Ads

Konten iklan yang menyerupai konten TikTok pada umumnya, biasanya muncul ketika pengguna sedang menggulir konten.

  • Pre-rolls Ads

Konten iklan berupa video yang muncul setelah pengguna membuka aplikasi.

  • Promoted Hashtag Challenges

Promosi yang menunggangi kepopuleran sebuah hastag dengan memunculkan video karena penggunaan hashtag tertentu. 

TikTok Ads didukung oleh efek dan filter terkini yang ditawarkan oleh TikTok. Setelah memahami jenis TikTok Ads, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan konsep dan budget terkait promosi Anda.

Monitoring dan Evaluasi Hasil

Seperti hal yang dilakukan oleh digital marketing agency pada umumnya, monitoring dan evaluasi adalah hal yang wajib dilakukan setelah menjalankan strategi marketing agar dapat melihat proses, kelebihan, dan kekurangan setiap strategi. Lakukan monitoring pada setiap postingan Anda dengan pendataan dan pengecekan pada Click through Ads (CTA), Click through Rate (CTR), Engagement, Reach, Engagement Rate, dan Conversion Rate. Jadikan data yang didapatkan sebagai landasan untuk mengevaluasi marketing strategy Anda. 

Nah, itulah langkah-langkah membuat strategi marketing TikTok untuk bisnis Anda. Kini saatnya membuat akun TikTok dan mulai menjelajahi video yang sedang trending untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten pertama Anda. 

Merasa kesulitan atau punya pertanyaan seputar strategi marketing TikTok? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo