7 Social Media Monitoring Tools Terbaik untuk Menghemat Waktu Anda

social media monitoring tools terbaik

Pernah mendengar tentang social media monitoring? Ya, untuk menjalankan pemasaran di media sosial kita memerlukan informasi mengenai “tempat jualan” kita. Social media monitoring bertujuan untuk menelusuri hashtags, keywords, dan penyebutan atau pembicaraan tentang brand kita di media sosial untuk mengetahui lebih lanjut tentang audience dan industri. Dengan memantau data tersebut, kita dapat melakukan riset yang bersifat kuantitatif yang menghasilkan matriks serta hasil analisa dan kualitatif yang menghasilkan inspirasi postingan dan strategi selanjutnya.

Bagi brand, social media monitoring adalah bagian penting dari keberhasilan di media sosial. Di dunia nyata Anda tidak akan langsung menawarkan promosi penjualan kepada pelanggan baru yang baru saja masuk ke toko Anda bukan? Anda akan mendengarkan terlebih dahulu dan mencari tahu apa yang mereka butuhkan. Demikian juga di media sosial, memperhatikan apa yang disampaikan audience diperlukan agar brand dan produk Anda selalu relevan, menarik, dan untuk mencegah Anda melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Social media monitoring tools adalah cara terbaik untuk mengetahui apa yang dikatakan orang tentang brand Anda. Apa yang mereka katakan tentang produk, pesaing, industri, iklan, waktu tunggu layanan pelanggan, respon Anda terhadap isu yang sedang hangat—pada dasarnya, apa pun yang mungkin dapat dipikirkan oleh audiens Anda. Berikut ini beberapa 7 alat atau social media monitoring tools terbaik untuk menghemat waktu Anda dalam menyiapkan strategi terbaik untuk media sosial Anda saat ini.

1. Hootsuite

Salah satu rekomendasi utama untuk tools terbaik adalah Hootsuite. Tools ini dapat digunakan untuk memantau semua platform sosial yang mainstream. Aliran pencarian Hootsuite yang dapat disesuaikan akan memantau platform sosial apa pun yang Anda mau sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi secara sekilas. Fokus pada topik penting, tren, dan profil sosial berdasarkan kata kunci, tagar, lokasi, dan pengguna tertentu. 

2. Talkwalker

Rekomendasi kedua adalah Talkwalker. Dibandingkan Hootsuite, tools yang satu ini menawarkan cakupan pemantauan yang lebih luas. Talkwalker dapat memantau sebagian besar platform sosial mainstream dan situs web yang lebih luas. Talkwalker menawarkan lebih dari 50 filter untuk memantau percakapan di 150 juta sumber data, termasuk blog, forum, video, situs berita, situs ulasan, dan jejaring sosial. Anda dapat dengan mudah menganalisis keterlibatan, jangkauan, komentar, dan sentimen brand dengan Talkwalker.

3. Reputology

Untuk bisnis yang berhadapan langsung dengan pelanggan, ulasan buruk bisa menjadi pukulan telak jika tidak ditangani dengan benar dan cepat. Reputology memungkinkan Anda memantau situs ulasan utama seperti Yelp, Google, dan ulasan Facebook dalam satu dasbor. Bagi Anda yang memiliki toko fisik dan online, Anda dapat melacak aktivitas di beberapa lokasi sekaligus dan merespons menggunakan respon otomatis sebelum memberikan solusi selengkapnya.

BACA JUGA: SOCIAL MEDIA: PENGERTIAN DAN CONTOH CAMPAIGN UNTUK PEMASARAN

4. Brandwatch

Brandwatch merupakan social media monitoring tools yang dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk membantu Anda menampilkan struktur dan social media campaigns secara sistematis. Brandwatch dapat mengetahui apa yang dipikirkan pelanggan Anda dan data tersebut dapat digunakan dalam pembuatan strategi konten, analisis pesaing, dan mengoptimalkan metode influencer marketing.

5. Keyhole

Keyhole membantu Anda melacak penyebutan brand dalam percakapan di media sosial dan internet secara umum. Tools satu ini juga membantu memahami perilaku pengguna untuk mendapatkan data yang akan digunakan sebagai parameter pembuatan keputusan. Keyhole menawarkan pemantauan media, analitik hashtag canggih dan media sosial, serta banyak fitur lainnya untuk memudahkan Anda mengetahui apa yang orang-orang bicarakan tentang brand dan produk Anda. 

6. Digimind

Digimind adalah rekomendasi tools terbaik berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk memantau lalu lintas media sosial secara efektif. Tools ini dapat membantu Anda memahami audience, tren pasar, dan lingkungan kompetitif. Data tersebut dapat Anda gunakan sebagai dasar pembuatan strategi pemasaran selanjutnya.

7. SproutSocial

SproutSocial mengintegrasikan berbagai platform jejaring sosial mainstream untuk memberikan hasil yang efektif dan mudah dibaca. SproutSocial merupakan salah satu tools yang paling populer dan dipercaya oleh lebih dari 20.000 brand dan organisasi di berbagai kelas. Selain sebagai social media monitoring tools, SproutSocial juga dapat digunakan sebagai social listening tools, publishing hingga tools untuk menganalisis perilaku dan lalu lintas di media sosial.

Itulah 7 social media monitoring tools terbaik untuk menghemat waktu Anda saat mengumpulkan data media sosial. Dengan data yang akurat Anda dapat membuat strategi pemasaran media sosial yang tepat untuk kebutuhan brand Anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan digital agency terbaik atau menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta untuk membantu menemukan best social media strategy untuk bisnis Anda. Selain social media planning, digital marketing agency terpercaya juga menyediakan social media management service.

Butuh lebih banyak insight seputar social media marketing? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo