Tingkatkan Engagement Instagram Bisnis Anda dengan Jenis Konten Ini!

jenis konten instagram

Sejak awal tahun 2020, Instagram dihujani berbagai rumor perubahan algoritma. Product Lead of Instagram, Julian K.Gutman, dalam sebuah konferensi juga telah membocorkan bahwa Instagram di tahun 2020 akan lebih fokus pada engagement, frekuensi, dan komunikasi. Menurutnya, ada 6 faktor utama yang mempengaruhi algoritma Instagram feeds yaitu minat (interest), hubungan (relationship), aktualitas (timeliness), frekuensi, yang diikuti (following) dan pemakaian (usage).

Salah satu hal penting mengenai kebijakan algoritma baru ini adalah bentuk engagement seperti likes, komentar, shares, dan views akan sangat berpengaruh terhadap ranking feeds sebuah akun Instagram. Mengingat engagement adalah salah satu poin terpenting yang memberikan nilai lebih untuk tiap postingan, yuk simak jenis-jenis konten yang akan disukai pengikut bisnis Anda di media sosial.

Jenis Konten Instagram & Media Sosial Lain Yang Disukai Follower

1. Informasi Produk atau Jasa dalam Bentuk Infografis

Infografis merupakan salah satu jenis konten yang saat ini banyak disukai di media sosial. Dengan infografis, anda dapat memberikan informasi terkait produk atau bahkan beriklan dalam format tampilan yang lebih menarik. Infografis mengedepankan desain gambar yang enak dilihat dan informasi yang nyaman dibaca. Untuk membuat konten infografis diperlukan kemampuan desain grafis dan copywriting sekaligus. Jenis konten yang satu ini juga cukup fleksibel karena dapat digunakan untuk platform media sosial mana saja, termasuk Instagram.

2. Konten Testimoni Pelanggan atau Review Produk

Memasukkan testimoni pelanggan atau review produk ke feed Instagram bukan sesuatu yang asing untuk sebuah akun bisnis. Hampir semua akun bisnis di Instagram pernah melakukannya. Perbedaannya, beberapa akun bisnis hanya mengambil gambar layar berisi testimoni pelanggan untuk diunggah, sedangkan yang lain mengunggah testimoni setelah diedit dengan desain rapi dan menarik. Menurut anda mana yang lebih menjual?

Testimoni pelanggan adalah “iklan” terbaik untuk bisnis karena sebuah testimoni dapat menunjukkan seberapa profesional staf yang melayani pelanggan, seberapa bagus kualitas produk, hingga seberapa besar kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut secara keseluruhan. Namun, anda harus mempertimbangkan cara terbaik untuk mengolahnya sebelum dijadikan konten media sosial. Salah satu cara terbaik adalah dengan membuat template sederhana agar postingan testimoni terlihat lebih rapi dan enak dilihat.

3. Tutorial yang Relevan dengan Bisnis Anda

Konten tutorial juga dapat menarik perhatian pelanggan di Instagram, terutama jika tutorial tersebut relevan dengan barang atau jasa yang anda tawarkan. Misalnya, jika anda menjual produk selai coklat bebas gula, buat konten tutorial memasak pastry sehat dengan isian produk selai coklat anda. Selain isi konten, pastikan ukuran gambar atau video sesuai dengan format yang dibutuhkan. Gambar atau video yang akan diunggah ke feed Instagram tentu berbeda ukuran dengan yang akan diunggah ke story atau IGTV.

4. Postingan Interaktif

Postingan interaktif seperti kuis sederhana atau topik yang dapat membuka percakapan terbukti sangat efektif untuk meningkatkan interaksi. Hal ini juga memberikan kesan bisnis anda terbuka dan tidak membatasi diri dengan pelanggan. Cara ini akan membantu meningkatkan engagement di Instagram.

Nah, itu tadi beberapa jenis konten Instagram yang disukai dan dapat meningkatkan engagement Instagram bisnis anda. Kombinasikan beberapa jenis konten tersebut dan buat jadwal yang teratur untuk menjaga konsistensi konten Instagram. Ingin memiliki akun Instagram bisnis dengan konten yang menarik dan disukai pelanggan? BigEvo siap membantu menemukan strategi media sosial yang tepat untuk bisnis anda. Konsultasikan kebutuhan media sosial anda dengan tim kami sekarang!



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo