5 Strategi Marketing Fintech Agar Bisnis Makin Sukses

strategi marketing fintech

Strategi marketing fintech penting untuk Anda pahami agar bisnis bisa mengikuti tren dan berkembang jadi makin sukses. Industri ini memang makin banyak digandrungi seiring dengan meningkatnya minat orang untuk bertransaksi secara cashless.

Pada pembahasan ini, kita akan mengulas lebih jauh tentang strategi pemasaran digital dalam industri fintech. Simak sampai selesai, ya!

Mengenal Industri Fintech

Sebelum membahas tentang strategi apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis, kita perlu memahami apa fintech itu. Fintech merupakan singkatan dari “financial technology”, yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah teknologi keuangan.

Istilah tersebut mengacu pada industri yang menggabungkan teknologi informasi dengan layanan keuangan. Secara umum, industri ini bertujuan menciptakan solusi yang lebih inovatif, efisien, dan terjangkau di dunia keuangan. Maka tak heran jika fintech telah mengubah bagaimana cara kita mengelola, bertransaksi, dan berinteraksi dengan uang.

Sekarang ini banyak area keuangan yang bergerak dalam bidang fintech. Berikut beberapa contoh area yang sering ditemukan dalam industri fintech.

Pembayaran Digital

Salah satu inovasi fintech yang mengubah gaya hidup banyak orang adalah pembayaran digital. Inovasi ini memungkinkan kita untuk melakukan transaksi secara online, mulai dari transfer uang sampai pembayaran nontunai. Beberapa contohnya adalah kartu kredit digital, dompet elektronik, aplikasi pembayaran digital, dan lain sebagainya.

P2P Lending

Selanjutnya ada Peer-to-peer atau P2P lending, platform online yang meminjamkan uang kepada individu maupun bisnis. Fintech ini dikenal juga dengan pinjol alias pinjaman online. P2P lending memudahkan pengguna yang kesulitan mendapatkan pembiayaan dari industri keuangan konvensional seperti bank.

Insurtech

Selain pinjaman, fintech juga merambah pada industri asuransi yang dikenal dengan istilah insurtech. Area ini menghadirkan inovasi dalam memberikan asuransi mencakup dengan penilaian resiko, pengelolaan polis, dan lain sebagainya. Mereka menggunakan data dan teknologi untuk menyediakan polis asuransi yang lebih sesuai, baik bagi individu maupun bisnis.

Cryptocurrency

Tren cryptocurrency dan uang bitcoin sempat digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia beberapa waktu belakangan. Teknologi blockchain dan mata uang digital seperti Bitcoin merupakan bagian penting dari industri fintech. Cryptocurrency menyediakan cara alternatif untuk menyimpan nilai, bertransaksi, dan mengirim uang di luar sistem keuangan konvensional.

Crowdfunding

Contoh selanjutnya adalah crowdfunding, yaitu proyek pengumpulan dana dari banyak orang untuk tujuan tertentu. Proyek ini biasanya bertujuan untuk kegiatan sosial, bidang seni, dan lain sebagainya. Pengguna yang dapat memanfaatkan fintech ini bisa berupa individu, organisasi, maupun bisnis.

Investasi dan Wealth Management

Fintech juga memungkinkan individu untuk berinvestasi dengan lebih mudah dan terjangkau melalui platform robo-advisory. Platform ini yang menggunakan algoritma untuk memberikan saran investasi bagi penggunanya. Tujuannya untuk membantu diversifikasi portofolio, pengelolaan risiko, dan pemantauan investasi secara otomatis.

Pentingnya Digital Marketing Bagi Industri Fintech

Digital marketing memiliki peranan yang signifikan bagi industri fintech baik untuk membangun brand, menjangkau audiens, maupun mencapai kesuksesan jangka panjang. Berikut beberapa alasan mengapa strategi digital penting bagi industri fintech.

Menargetkan Audiens dengan Tepat

Hal pertama yang bisa Anda dapatkan dari penerapan strategi digital dalam fintech adalah targeting audiens dengan tepat. Melalui strategi digital marketing yang cermat, fintech dapat menargetkan audiens yang paling mungkin tertarik pada produk mereka. Hal ini membantu dalam mengurangi pemborosan sumber daya sekaligus meningkatkan konversi.

Mengenalkan Inovasi

Sebagai industri yang terbilang baru, fintech seringkali memperkenalkan produk inovatif yang mungkin belum dikenal oleh pasar. Strategi digital memungkinkan industri fintech untuk menjelaskan serta mempromosikan inovasi tersebut kepada publik. Dengan begitu, bisnis keuangan tersebut akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai produk.

Mengedukasi Pelanggan

Selain inovasi, industri teknologi keuangan ini juga perlu melakukan edukasi yang tepat kepada penggunanya. Banyak produk fintech memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana cara kerjanya. Edukasi tersebut bisa Anda lakukan melalui konten digital, seperti blog, video tutorial, atau infografis.

Mengkomunikasikan Keamanan dan Privasi

Salah satu hal krusial dalam industri teknologi keuangan adalah aspek keamanan dan privasi, terutama yang berkaitan dengan data-data pribadi. Bisnis fintech perlu menjelaskan sekaligus meyakinkan pelanggan mengenai tingkat keamanan serta privasi dalam produknya. Strategi digital marketing dapat digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut dengan jelas kepada pelanggan.

Merespons Tren dan Perubahan

Dunia digital berjalan begitu cepat, di mana tren mudah berganti dan perubahan menjadi hal yang tak bisa terelakkan. Strategi digital yang tepat membantu bisnis untuk merespons tren pasar dengan cepat, termasuk di industri fintech. Strategi tersebut juga memungkinkan bisnis untuk lebih fleksibel terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di dunia digital. 

5 Strategi Marketing untuk Fintech

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda perlu menerapkan strategi digital yang jitu. Berikut beberapa strategi digital marketing yang dapat Anda lakukan untuk bisnis fintech.

1. Berikan Konten Edukatif

Seperti yang telah diulas sebelumnya, inovasi menjadi salah satu ciri khas dari industri fintech. Karena itu, pastikan Anda mengedukasi audiens dan pelanggan mengenai produk yang ditawarkan. Salah satunya dengan membuat konten edukatif dan informatif yang menjelaskan produk atau layanan tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan informasi mengenai transparansi dan keamanan pada produk yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap pelanggan dan meyakinkan bahwa produk Anda aman digunakan.

2. Bangun Kerja Sama

Melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan tokoh berpengaruh di industri teknologi keuangan dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Pilihlah influencer atau KOL yang memiliki kepercayaan dan integritas baik di mata audiens yang Anda tuju.

Selain itu, Anda juga dapat menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan lain yang terkait dengan bisnis atau produk. Strategi ini dapat meningkatkan jangkauan audiens dan menambahkan nilai terhadap produk fintech Anda. 

3. Optimasi Perangkat Mobile

Perangkat mobile menjadi pilihan banyak orang untuk mengakses ranah digital, termasuk layanan keuangan. Karena itu, pastikan untuk melakukan optimasi mobile terhadap seluruh platform yang Anda gunakan. Mulai dari situs web, konten media sosial, sampai aplikasi mobile dari produk fintech Anda.

Pastikan pelanggan mendapatkan pengalaman pengguna yang optimal dari layanan teknologi keuangan yang Anda berikan. Hal ini menjadi salah satu faktor penting yang akan membantu bisnis fintech untuk terus tumbuh dan sukses dalam jangka panjang.

4. Kelola dan Personalisasi Data Pelanggan

Mengelola dan menjaga data pelanggan agar tetap aman menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis fintech sukses. Karena itu, penting bagi Anda untuk mematuhi regulasi privasi data yang berlaku. Berikan juga pilihan kepada pelanggan untuk mengontrol data pribadi mereka saat menggunakan produk keuangan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengolah data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal. Personalisasi pada pesan dan penawaran akan lebih sesuai dengan kebutuhan individu, sehingga memungkinkan untuk terjadinya konversi.

5. Berikan Ulasan dan Testimoni

Kepercayaan menjadi faktor penting sekaligus penentu dalam industri fintech. Untuk itu, Anda dapat memberikan ulasan dan testimoni positif dari pengguna yang telah mencoba produk. Pastikan juga Anda terlibat aktif dengan pelanggan dan tanggap terhadap masalah yang mereka hadapi.

Untuk penerapan strategi digital fintech yang tepat, Anda dapat mempercayakannya pada agensi berpengalaman seperti BigEvo. BigEvo Digital Agency telah dipercaya oleh banyak brand dalam membangun sekaligus mengembangkan bisnis dengan strategi jitu. 

Anda bisa menggunakan berbagai layanan digital BigEvo dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis. Seperti Social Media Management, Digital Ads, Website Development, KOL Marketing, Digital & Community Activation, dan masih banyak lagi.

Segera hubungi tim profesional kami untuk mendiskusikan kebutuhan bisnis Anda dan temukan strategi digital yang tepat. Baik implementasi strategi digital marketing untuk fintech maupun industri lainnya, BigEvo siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo