Mengapa Social Media Branding Penting Untuk Bisnis?

platform social media untuk branding perusahaan

Apa Itu Social Media Branding?

Anda tentu tidak asing lagi dengan media sosial, yang memang sudah merambah ke dalam kehidupan manusia sekarang ini. Media sosial sendiri sudah muncul lebih dari 10 tahun, berupa merupakan layanan online yang digemari banyak kalangan. Bentuknya pun beragam, mulai dari komunitas, chat room, forum diskusi, dan lain sebagainya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan social media branding?

Social media branding adalah suatu strategi pemasaran di media sosial yang bertujuan untuk membangun citra merek atau brand yang kuat dan konsisten di platform media sosial. Dalam hal ini, citra yang dibangun mencakup nilai-nilai, kepribadian, visi, dan misi merek yang ingin ditonjolkan kepada khalayak atau konsumen.

Strategi social media branding mencakup berbagai aspek, beberapa diantaranya adalah:

  • Penggunaan visual branding yang konsisten.
  • Konten yang berkualitas dan relevan.
  • Penggunaan bahasa yang sesuai dengan merek.
  • Interaksi dengan pengikut dan pelanggan.
  • Keberadaan merek di berbagai platform media sosial.

Dengan membangun citra merek yang konsisten dan kuat di media sosial, brand akan menjadi lebih dikenal, dipercayai dan diingat oleh khalayaknya. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan memberikan keuntungan kompetitif bagi merek di pasar yang sibuk dan kompetitif.

Mengapa Social Media Branding Penting Untuk Bisnis?

Setelah memahami konsep social media branding, kita akan mengulas pertanyaan selanjutnya. Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu ingin tahu mengapa strategi ini penting untuk perkembangan bisnis? Dengan kata lain, apa manfaat strategi tersebut untuk bisnis Anda?

Social media branding sangat penting untuk perkembangan bisnis karena hal ini dapat memberikan manfaat berikut:

Membangun Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Manfaat pertama dari penerapan social media branding adalah membantu membangun dan meningkatkan brand awareness. Proses branding melalui media sosial akan membantu merek Anda dikenali oleh audiens dengan lebih luas.

Hal ini tentunya berkaitan juga dengan citra merek yang ingin Anda bentuk dan melekat di benak audiens. Dengan membangun citra merek yang kuat dan konsisten di media sosial, brand dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan pengikut dan pelanggan potensial.

Meningkatkan Kredibilitas Merek

Setelah brand awareness terbangun dengan baik, maka akan lebih mudah bagi brand untuk mendapatkan kredibilitas. Dengan berinteraksi dan memberikan konten yang berkualitas di media sosial, merek dapat meningkatkan kredibilitasnya dan menjadi lebih dipercaya oleh khalayaknya.

Dalam membangun kredibilitas, penting bagi merek untuk memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat bagi khalayaknya. Pastikan juga untuk mempertahankan konsistensi merek dalam menyampaikan pesan dan membagikan konten.

Membangun Interaksi dengan Audiens

Media sosial memungkinkan merek untuk berinteraksi secara langsung dengan pengikut dan pelanggan. Interaksi yang terjalin secara positif di media sosial dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas. 

Dengan merespons permintaan, saran, atau pertanyaan dari audiens, merek dapat menunjukkan perhatian dan kepedulian pada khalayaknya, sehingga meningkatkan kredibilitasnya.

Membangun dan Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat yang selanjutnya dari social media branding adalah dapat membangun serta meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas tersebut terbentuk melalui beberapa cara, yaitu:

  • Membangun hubungan baik melalui media sosial.
  • Memberikan konten yang berkualitas.
  • Memberikan nilai tambah kepada konsumen.
  • Mendorong partisipasi konsumen di media sosial.

Meningkatkan Penjualan

Social media branding dapat meningkatkan penjualan, dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis. Dengan meningkatkan kesadaran merek, kredibilitas, interaksi dengan pengikut dan pelanggan, serta loyalitas pelanggan, brand dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Secara keseluruhan, social media branding sangat penting untuk membantu merek membangun kepercayaan, loyalitas, dan dukungan dari khalayaknya. Dalam pasar yang kompetitif dan berkembang pesat, social branding dapat memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan bagi bisnis.

Poin-poin Penting dalam Menerapkan Social Media Branding

Setelah mengetahui peranan penting branding di media sosial, tentu Anda ingin menerapkan strategi tersebut untuk bisnis. Namun sebelum menerapkannya, Anda perlu memahami apa saja poin-poin penting yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat melakukan social media branding.

Tentukan Identitas Merek (Brand Identity)

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan identitas merek, yang dikenal juga dengan sebutan brand identity. Pastikan Anda sudah memahami betul apa identitas dan karakter brand yang ingin diperkenalkan pada audiens. Hal ini juga mencakup nilai-nilai yang dimiliki berikut dengan visi dan misi brand.

Konsep brand identity ini dapat memiliki makna yang luas, bahkan bisa berarti semua hal yang berkaitan dengan merek. Seperti logo, warna, tipografi, gambar, slogan, dan gaya visual yang digunakan merek untuk mengkomunikasikan nilai dan pesan mereka kepada konsumen.

Kenali Target Audience dengan Baik 

Poin selanjutnya adalah Anda perlu mengenali siapa target audience dengan baik. Mulai dari demografi, minat, profesi, sampai kebutuhan serta keinginan mereka. Pastikan bahwa audiens yang akan Anda sasar memang sudah tepat dan sejalan dengan identitas merek.

Mengenali audiens juga berarti Anda mempelajari bagaimana aktivitas online mereka, terutama di media sosial. Lakukan riset mengenai apa platform yang paling sering mereka gunakan, dan apa yang mereka lakukan di platform tersebut. Informasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam menerapkan branding di social media nantinya.

Tentukan Jenis Konten yang akan Dibuat

Setelah menentukan identitas merek dan memahami target audience, poin penting selanjutnya adalah mengenai konten di media sosial. Tentukan konten yang sesuai dengan brand identity dan relevan dengan audiens yang akan Anda sasar. Mengapa begitu?

Hal ini karena Anda perlu menegaskan identitas brand agar dapat dikenali dan melekat di benak audiens. Sedangkan dari segi target audience, konten yang relevan akan lebih mudah untuk menjangkau mereka. Dengan kata lain, buatlah konten yang menunjukkan identitas brand sekaligus menarik bagi audiens.

Pilih Saluran Media Sosial yang Tepat

Poin terakhir yang tak kalah pentingnya dalam penerapan sosial media branding adalah pemilihan media sosial. Pastikan Anda memilih platform social media yang tepat dan sesuai dengan poin-poin yang dibahas di atas. Yaitu brand identity, target audience, dan konten yang akan dibuat.

Untuk memilih platform yang tepat, Anda perlu melakukan riset mengenai setiap platform media sosial yang ada. Kenali apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform, lalu lakukan analisis terhadap strategi branding. Dengan begitu, Anda bisa menemukan platform yang tepat untuk menerapkan social media branding secara optimal.

Strategi Social Media Branding untuk Perkembangan Bisnis

Melakukan branding melalui media sosial memang memberikan banyak manfaat bagi bisnis, namun bukan berarti bisa dilakukan seadanya. Anda perlu memiliki strategi yang jitu agar proses branding tersebut bisa maksimal dan bersaing dengan kompetitor.

Strategi branding media sosial yang efektif dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan audiensnya. Namun, beberapa strategi umum yang dapat membantu meningkatkan keberhasilan branding media sosial, antara lain sebagai berikut.

Menguasai Product Knowledge

Memiliki pemahaman yang detail soal produk sangat penting. Apalagi produk yang akan Anda tawarkan selalu menjadi hal yang penting untuk para pebisnis. Karena ketika Anda paham tentang informasi dari produk, hal tersebut akan membantu Anda dalam meyakinkan konsumen dengan lebih simpel. 

Dengan memahami product knowledge, Anda juga akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens di media sosial. Hal ini sangat penting mengingat bahwa interaksi di media sosial adalah salah satu poin yang harus dikelola dengan baik.

Mempertahankan Konsistensi Merek

Dilansir dari Groove, konsistensi adalah kunci penting dalam penerapan branding media sosial. 

Pastikan bahwa tampilan, tone, dan gaya merek konsisten di seluruh platform media sosial. Konsistensi ini juga termasuk profil merek, posting, dan kampanye iklan yang Anda lakukan di social media.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membangun dan mempertahankan konsistensi merek adalah:

  • Menggunakan gaya bahasa dan penulisan yang sama di semua platform.
  • Menerapkan konsistensi visual yang sama, dari segi filter, efek, sampai ukuran.
  • Menggunakan kata kunci atau hashtag yang sama.
  • Menggunakan elemen yang sama dalam setiap postingan, seperti logo dan warna.

Berinteraksi Aktif dengan Audiens

Berinteraksi dengan pengikut dan pelanggan secara aktif, memberikan respon pada komentar, dan memperhatikan umpan balik konsumen. Ini membantu meningkatkan keterlibatan dengan audiens Anda dan menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Menjaga Kualitas Konten

Publikasikan konten berkualitas tinggi dan menarik yang sesuai dengan merek dan audiens Anda, termasuk gambar, video, dan teks. Hindari posting yang tidak berkualitas atau terlalu sering, yang dapat mempengaruhi citra merek secara negatif.

Menggunakan Influencer/KOL

Menggunakan influencer atau KOL dapat membantu memperluas jangkauan merek Anda dan memperkenalkannya pada audiens yang lebih luas. Pastikan influencer dan KOL yang dipilih sesuai dengan nilai dan pesan merek Anda. 

Dan yang terpenting, pastikan juga bahwa mereka memiliki audiens yang relevan dengan merek Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh saat Anda ingin menyampaikan pesan promosi melalui KOL tersebut dan mendatangkan hasil yang optimal.

Menerapkan Strategi Iklan yang Tepat

Menggunakan iklan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan mencapai target yang diinginkan. Tak hanya itu, menargetkan audiens dengan cara yang tepat juga akan sangat membantu dalam penerapan iklan tersebut.

Monitor Performa dan Tanggapi dengan Konsisten.

Melakukan monitor performa postingan dan iklan Anda akan membantu untuk memahami bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan merek. Dengan menggunakan analisis media sosial, Anda juga bisa menyesuaikan strategi branding media sosial secara berkala.

Selain melakukan monitor, pastikan juga Anda menanggapi semua komentar dan pesan yang masuk di platform media sosial. Baik komentar yang positif atau negatif, Anda perlu menanggapinya secara aktif dan konsisten.

Tips Melakukan Branding Lewat Media Sosial Bersama BIGEVO

Selain strategi penerapan social media branding, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips untuk memaksimalkan proses branding tersebut. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam melakukan branding media sosial dengan efektif:

  • Gunakan nama atau id yang sama di semua platform media sosial.
  • Lakukan update profil dan informasi media sosial secara berkala.
  • Lakukan analisis dan evaluasi terhadap postingan yang dibuat.
  • Gunakan metode storytelling agar konten lebih menarik.
  • Manfaatkan layanan profesional dari agensi social media terpercaya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tentu tidak bisa main-main dalam melakukan branding di media sosial. Karena itu, percayakan penerapan social media branding pada BigEvo Digital Agency. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu mengembangkan bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo