Mengenal Media Sosial TikTok dan Perannya untuk Marketing Bisnis

tiktok

Anda tentu sudah sering mendengar tentang TikTok, aplikasi media sosial berbasis video ini sedang booming di berbagai kalangan. Ketenarannya bukan tanpa alasan, TikTok dirilis sebagai platform hiburan dengan beragam fitur unik seperti efek, filter, musik hits, dan lainnya. Ini memudahkan penggunanya untuk berkreasi tanpa batas. Pengguna bebas membuat video bertemakan apa saja atau hanya sekedar menonton video para creator.

Luasnya audiens ini menjadi salah satu keunggulan TikTok. Momen tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bagi para pemilik bisnis untuk bekerja sama dengan digital marketing agency memasarkan produknya. Bermodalkan kreativitas tanpa batas dan mempelajari demografi TikTok, konten akan mudah diterima oleh pengguna TikTok.

Lalu, apa sebenarnya TikTok itu? Apakah platform popular cocok untuk marketing bisnis Anda? Berikut ulasannya.  

Apa Itu TikTok?

TikTok dirilis di China pada tahun 2016 oleh ByteDance. Di negara asalnya, TikTok dikenal dengan nama Douyin. Meski memiliki nama yang berbeda, keduanya masih memiliki basis software yang sama dengan sistem pemeliharaan yang terpisah. TikTok dapat diunduh di Android maupun iOS. 

Saat ini, pengguna TikTok sudah mencapai 800 Juta dan telah diunduh sebanyak dua milyar kali unduhan. Kebanyakan dari pengguna TikTok berasal dari Jepang, Kamboja, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Umumnya, pengguna TikTok didominasi oleh mereka yang berumur 16 hingga 24 tahun.

Peran & Manfaat TikTok Untuk Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, TikTok merupakan aplikasi hiburan. Namun, perannya dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dan cara pandang pengguna. Untuk mereka yang kreatif, TikTok dapat dijadikan sebagai lahan promosi merek yang sangat subur. Apalagi selama masa pandemi masyarakat membutuhkan hiburan yang dapat dinikmati tanpa perlu keluar rumah dan TikTok menjadi salah satu solusinya. 

Banyak peluang untuk mengembangkan bisnis Anda bersama digital marketing agency yang tepat. Platform ini juga menyediakan fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk instrumen pemasaran. Beberapa poin berikut ini dapat memberikan penjelasan lebih lanjut dalam mempertimbangkan TikTok sebagai media pengembangan bisnis. 

Target Audiens yang Lebih Luas

TikTok merupakan aplikasi baru jika dibandingkan dengan Facebook dan Instagram. Namun, kehadirannya perlu diperhitungkan. Dengan jumlah unduhan lebih dari dua milyar kali dengan total pengguna aktif melebihi 500 juta pengguna, jumlah tersebut melebihi total pengguna platform sosial media lainnya. Itulah kenapa TikTok dapat diandalkan sebagai media untuk mempromosikan brand, produk, hingga layanan bisnis Anda. 

Didominasi oleh Kalangan Gen-Z

Global Web Index menyatakan bahwa pengguna TikTok didominasi oleh kalangan muda dengan rentang usia 16-24 tahun. Mereka lebih sering disebut sebagai generasi Z atau Gen-Z. Hal ini penting diperhitungkan jika bisnis Anda menargetkan rentang usia tersebut. 

Secara finansial, Gen-Z sendiri merupakan sasaran yang tepat karena mereka dikenal lebih konsumtif jika dibandingkan dengan generasi terdahulu. Selain itu, Gen-Z juga lebih senang mengeksplorasi berbagai platform sosial media dan cenderung menghabiskan waktu untuk hal tersebut. 

Audiens Aktif

Salah satu keunggulan TikTok adalah kemudahan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Tidak sebatas, share, like, dan comment, tetapi pengguna lainnya bisa berkolaborasi membuat sebuah konten dengan fitur duet. 

Fitur Duet menampilkan video berdampingan, di sisi kiri dan kanan. Ini memudahkan siapa saja terlibat untuk membalas konten video, lalu membagikannya secara publik. Uniknya, pengguna bisa berduet dengan siapa saja, termasuk influencer hingga selebritis.

TikTok juga memiliki komunitas yang sangat luas. Siapa saja bisa bergabung bahkan mempromosikan bisnis sesuai dengan tren terkini. Pengguna dibebaskan mengkampanyekan brand sekreatif mungkin dengan cara mereka. Tentunya, ini peluang yang bagus bagi bisnis hingga digital marketing agency demi menjangkau pasar yang lebih luas. 

Fitur Kreatif

Para pengguna TikTok mungkin sudah tidak asing lagi dengan beragam fitur TikTok yang mengagumkan. Digital marketing agency dapat menyarankan jenis video terbaik untuk pemasaran bisnis Anda dengan fitur-fitur seperti:

  • Video editing tools yang akan memudahkan pebisnis untuk mengedit video marketing campaign dengan toolset yang keren seperti warna, animasi, slow-motion effects, stiker, dan lainnya.
  • Live streaming yang merupakan fitur premium TikTok yang dapat digunakan untuk melakukan kampanye bisnis virtual secara langsung.
  • Reaction dapat digunakan untuk mendapatkan respon pengguna berupa feedback terhadap konten yang diciptakan. Ini juga merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengikat pengguna.
  • Social sharing akan memudahkan Anda mengkampanyekan bisnis dengan sendirinya. Kuncinya adalah dengan membuat konten yang sangat disukai audiens. Mereka akan membagikan konten tersebut ke sosial media yang mereka miliki secara sukarela. Ini merupakan salah satu strategi marketing yang ampuh saat ini.

Selain empat fitur unggulan di atas, TikTok juga memiliki fitur pendukung lainnya seperti sound, QR code scanner, geolocation, dan efek lainnya.

Iklan yang Bervariasi

TikTok memiliki cara inovatif dalam mengiklankan brand secara efektif. Strategi pemasaran yang halus dengan konten yang otentik membuat iklan seakan tersamarkan, secara kasat mata akan terlihat seperti konten yang dibuat pengguna seperti biasanya.

Iklan TikTok dapat muncul sebagai iklan in-feed berdasarkan branded hashtag challenges, branded filter AR 2D, dan For You Page. TikTok juga memiliki metode 24-hour takeover yang memungkinkan iklan tersebar berdasarkan lokasi Anda dengan melakukan bidding sebelumnya. Anda juga dapat menyeimbangkan tampilan konten yang menjual dan konten otentik secara bersamaan. 

Lalu apa jenis marketing campaign di TikTok yang cocok untuk bisnis Anda? Bagaimana caranya membuat marketing campaign yang sukses di TikTok? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan BigEvo – digital marketing agency Jakarta yang siap membantu Anda merencanakan, menjalankan hingga mengevaluasi pemasaran digital bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo