Mengenal Jasa Social Media Management dan Peran Kerjanya

jasa social media management

Penggunaan jasa social media management merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan bisnis. Terutama di era teknologi seperti sekarang ini, dimana internet memegang kunci dalam berbagai lapisan kehidupan. Termasuk proses pemasaran yang efektif dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Karena itu, tak heran jika banyak perusahaan maupun brand yang memanfaatkan jasa kelola sosial media. Sosial media merupakan wadah yang cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai sarana bisnis. Baik skala individu maupun perusahaan, sosial media bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meski begitu, tak semua orang memahami bagaimana cara pengelolaan sosial media yang tepat. Terlebih jika ada target tertentu yang ingin dicapai, seperti peningkatan awareness atau penjualan.

Jika Anda mengalami masalah serupa, tidak perlu khawatir. Disinilah peran jasa social media management akan membantu pengelolaan dengan efektif. Untuk itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai social media management dan hal-hal yang terkait dengannya.

Simak selengkapnya pada pembahasan dibawah ini, ya!

Apa Itu Jasa Social Media Management?

Menggunakan sosmed atau sosial media memang terlihat sebagai sebuah aktivitas yang mudah dan menyenangkan. Namun perlu diketahui kalau itu hanya berlaku jika sosmed digunakan dalam ranah pribadi saja. Beda ceritanya jika penggunaan sosmed bertujuan untuk ranah profesional, seperti pengembangan bisnis dan perusahaan.

Untuk penggunaan dan pengelolaan sosmed secara profesional, Anda bisa menggunakan jasa social media management. Social media management merupakan proses perencanaan, pembuatan, sampai penganalisaan konten pada sosial media.

Konten tersebut biasanya diposting pada berbagai platform sosial media. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Masing-masing platform memiliki karakter dan keunggulannya, sehingga konten yang dibuat pun harus menyesuaikan dengan platform tersebut.

Tak hanya dengan platform terkait, social media management juga berperan dalam membuat konten yang sesuai dengan tujuan bisnis. Misalnya tujuan Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness, maka konten pun dibuat dengan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Saat ini sudah banyak jasa social media management Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia yang bisa Anda pilih. Sebelum memilih jasa yang tepat, Anda perlu mengetahui peran kerja serta manfaat social media management yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

BACA JUGA: SOCIAL MEDIA: PENGERTIAN DAN CONTOH CAMPAIGN UNTUK PEMASARAN

Pentingnya Social Media Management untuk Bisnis

Seperti yang telah diulas singkat pada bagian sebelumnya, sosial media memiliki banyak kegunaan termasuk untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat yang menunjukkan pentingnya sosial media dalam ranah bisnis dan profesional.

Menjadi Identitas dan Jati Diri Bisnis

Sosial media di era seperti sekarang ini menjadi identitas dan jati diri bisnis atau perusahaan Anda. Orang akan dengan mudah mengenal sebuah brand melalui akun sosmed resmi dari perusahaan tersebut. Dari konten yang dibagikan, orang pun memiliki pandangan tersendiri mengenai brand atau bisnis tersebut.

Karena itu, jasa kelola sosial media penting untuk menciptakan atau mempertahankan identitas dan jati diri bisnis. Dalam hal ini, konten yang Anda bagikan melalui sosmed dapat menunjukkan bagaimana karakter dari bisnis.

Menjadi Media Promosi dan Informasi

Penggunaan sosial media dapat menjadi media promosi dan informasi yang mudah diakses oleh banyak orang. Anda hanya perlu memposting konten di akun sosmed, lalu promosi dan informasi pun tersebar dengan cepat. Hal ini penting terutama bagi Anda yang memiliki bisnis dengan cakupan luas hingga skala nasional bahkan internasional.

Memperluas Jangkauan Audience

Penggunaan jasa social media management dapat memperluas jangkauan audience pada bisnis Anda. Sosial media dapat melewati batas-batas wilayah yang mungkin sulit dijangkau oleh pemasaran secara offline.

Tak hanya dari segi wilayah, jangkauan audience Anda juga bisa lebih luas dari segi demografis lainnya. Seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu peranan penting dari penggunaan social media adalah meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Karena mudah diakses dan memiliki jangkauan yang luas, brand atau bisnis Anda akan lebih mudah dikenal. Hal ini cocok bagi bisnis yang terbilang baru dan perlu meningkatkan brand awareness.

Meningkatkan Penjualan Produk

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya dari penggunaan sosmed adalah meningkatkan penjualan. Bahkan tak jarang kalau aspek inilah yang menjadi tujuan utama dalam proses pengelolaan sosmed. Pembuatan konten yang menarik dan berkualitas dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan angka penjualan pada bisnis Anda.

Peran Kerja Jasa Social Media Management

Agar tujuan penggunaan sosmed bisa diraih dengan baik, ada beberapa peran kerja social media management yang perlu diterapkan. Berikut beberapa peran kerja social media management secara umum.

Membuat Strategi dan Konsep Konten

Hal mendasar yang perlu dilakukan dalam proses pengelolaan sosmed adalah pembuatan strategi dan konsep konten. Social media specialist biasanya akan membuat strategi dan konsep yang sejalan dengan tujuan. Anda dapat mendiskusikannya dengan agensi atau jasa yang dipilih mengenai tujuan yang diinginkan untuk bisnis.

Memilih Platform dan Tools yang Tepat

Selanjutnya jasa social media management akan memilih platform sosmed yang tepat untuk bisnis Anda. Bisa saja seluruh platform sosmed digunakan, namun bisa juga hanya menggunakan beberapa platform saja. Pemilihan platform ini perlu disesuaikan identitas bisnis serta tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, social media specialist juga akan memilih tools yang sesuai. Ada beberapa tools yang biasa digunakan untuk pengelolaan social media. Seperti HootSuite, SocialOomph, Buffer, dan lain sebagainya.

Melakukan Monitor dan Analisa Sosial Media

Peran kerja yang juga dilakukan oleh jasa kelola sosial media adalah melakukan monitor dan analisa. Social media specialist akan memonitor berbagai platform sosmed yang digunakan untuk bisnis Anda. Tak hanya itu, analisa konten juga akan menjadi ranah kerja dari pengelolaan social media.

Menjalin Kerjasama dengan Influencer dan KOL

Dalam membuat konten yang menarik untuk bisnis, tak jarang penggunaan influencer dan KOL (Key Opinion Leader) menjadi pilihan. Untuk itu, social media specialist perlu untuk menjalin relasi dan kerjasama baik dengan pihak-pihak tersebut. 

Penggunaan influencer dan KOL ini memang sering memberikan dampak positif dan cukup signifikan. Terlebih jika influencer atau KOL tersebut berada dalam bidang yang sama dengan bisnis Anda. Atau mereka yang sudah memiliki basic followers yang kuat dan memiliki engagement erat.

Pilih Jasa Social Media Management Terpercaya

Setelah memahami apa itu social media management serta peranannya untuk bisnis, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah memilih jasa yang terpercaya. Pastikan Anda memilih jasa social media management Jakarta yang sudah terbukti memiliki sepak terjang bagus.

Hal ini bisa Anda lihat dari testimoni pelanggan atau klien jasa tersebut sebelumnya. Anda dapat meninjau bagaimana project pengelolaan sosial media yang dilakukan oleh jasa tersebut. Kemudian Anda dapat menilai apakah hal tersebut sesuai dengan bisnis atau perusahaan Anda.

Jika Anda ingin pengelolaan sosial media yang efektif dan efisien, Anda dapat mempercayakannya pada BigEvo Digital Agency. BigEvo siap membantu pembuatan strategi dan pengelolaan sosial media Anda dengan tepat.

Anda juga bisa meningkatkan bisnis melalui strategi pemasaran online lainnya bersama BigEvo. Seperti pemasaran digital atau Digital Advertising, optimasi SEO, Web Development, dan masih banyak lagi.

Jadi, percayakan pengembangan bisnis Anda bersama jasa social media management yang ada di BigEvo. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo