Marketing Campaign: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contohnya

marketing campaign untuk bisnis

Marketing campaign adalah salah satu istilah penting yang perlu diketahui oleh seorang pebisnis dan digital marketer. Para digital marketer biasanya akrab dengan aktivitas marketing yang satu ini.

Tak sedikit pebisnis yang menggunakan marketing campaign untuk menarik perhatian audiens yang lebih masif. Jika Anda tertarik dengan dunia digital marketing, maka Anda tak boleh lepas untuk mempelajari strategi marketing satu ini.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang marketing campaign, mulai dari pengertian, tujuan, strategi, dan pentingnya bagi bisnis Anda. 

Simak artikel selengkapnya di bawah ini, ya!

Pengertian Marketing Campaign

Sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi marketing campaign, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenai definisi marketing campaign itu sendiri. Marketing campaign adalah suatu tindakan pemasaran yang terorganisir dan juga terencana untuk mempromosikan suatu produk, layanan, brand, hingga bisnis secara keseluruhan.

Anda dapat melakukan marketing campaign di berbagai platform, mulai dari platform digital seperti sosial media, iklan konvensional, hingga di TV maupun radio. Marketing campaign dilakukan dengan perencanaan yang matang dan tujuan yang jelas. 

Kampanye pemasaran pun semakin berkembang seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Di era digital seperti sekarang, digital marketing campaign menjadi andalan para pebisnis dalam penerapan strategi pemasaran. Dengan digital marketing, Anda dapat menyasar audiens yang relevan dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih tepat.

Sama seperti tujuan marketing lainnya, marketing campaign  punya berbagai tujuan. Tujuan marketing campaign antara lain untuk membangun brand awareness, mendatangkan traffic, meningkatkan penjualan produk, hingga memperbaiki reputasi brand. 

Anda dapat menentukan tujuan marketing campaign setelah  menentukan berapa banyak pemasaran yang dibutuhkan dan mengetahui platform apa saja yang paling efektif untuk menjangkau target pasar Anda.

Tujuan Marketing Campaign 

Setelah memahami pengertian marketing campaign, tahapan selanjutnya adalah memahami tujuan marketing campaign. Berikut beberapa tujuan yang dapat dicapai dalam aktivitas marketing campaign.

1. Membangun Brand Awareness

Tujuan pertama adalah membangun brand awareness. Banyak para pebisnis yang memprioritaskan brand awareness sebagai tujuan aktivitas marketing campaign mereka. Dalam hal ini, para brand berfokus untuk membuat masyarakat lebih mengenal brand, khususnya target audiens.

Brand awareness bekerja dengan mengikatkan hubungan antara brand Anda dengan audiens. Anda tak hanya mengenalkan nama brand, tapi juga menyadarkan konsumen untuk menggunakan produk Anda sebagai solusi terbaik dari masalah yang mereka hadapi. 

2. Mendapatkan Customer Lead

Tujuan selanjutnya dari marketing campaign adalah customer lead. Dalam hal ini, Anda melakukan aktivitas marketing campaign demi menggiring audiens potensial untuk tak sekedar mengenal brand, tetapi juga tertarik dengan produk yang Anda jual.

Dalam tujuan customer lead, Anda menargetkan audiens yang melihat marketing campaign dapat berakhir dengan mengunjungi website atau tempat di mana produk Anda dijual. 

Sertakan informasi detail mengenai produk yang Anda jual agar audiens dapat memahami secara penuh mengenai produk. Jangan lupa untuk mendorong audiens dengan kalimat call to action (CTA) yang menghubungkan mereka langsung dengan kontak atau website brand Anda. 

3. Meningkatkan Penjualan 

Selain kedua tujuan di atas, tujuan yang satu ini tak kalah penting dan merupakan tujuan sejati seorang pebisnis, yaitu penjualan. Anda dapat menggunakan marketing campaign untuk langsung mendorong audiens untuk membeli produk Anda.

Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus membuat audiens percaya bahwa produk Anda sesuai dengan yang mereka butuhkan hingga tertarik untuk membelinya. 

4. Menjaga Reputasi Brand

Tujuan terakhir dari marketing campaign adalah untuk menjaga reputasi brand atau bisnis Anda. Anda harus mengingat bahwa membangun bisnis adalah prospek jangka panjang, sehingga mempunyai reputasi yang baik berdampak sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan marketing campaign untuk membangun reputasi brand. Salah satu caranya dengan membangun ulasan positif para konsumen yang pernah membeli produk Anda di sosial media. 

Strategi Digital Marketing Campaign 

Ada banyak pilihan strategi digital marketing campaign yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut lima strategi digital marketing campaign beserta penjelasan selengkapnya. 

1. Media Sosial

Strategi yang pertama dan banyak digunakan dalam marketing campaign adalah media sosial. Media sosial sangat masif digunakan oleh masyarakat di zaman sekarang. Hal ini menjadikan media sosial bersifat powerful sebagai platform untuk memasarkan berbagai produk. 

Anda dapat memilih media sosial apa yang ingin digunakan untuk melakukan aktivitas marketing campaign, seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Tiktok. Namun Anda harus menyiapkan ide konten yang menarik dan unik sehingga dapat standout dibanding kompetitor lain.

2. Search Engine Optimization 

Strategi selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai aktivitas marketing campaign bagi bisnis Anda adalah melalui search engine optimization (SEO). Dengan strategi satu ini, Anda dapat meningkatkan peringkat website bisnis Anda di mesin pencarian seperti Google. 

Anda bisa melakukan SEO secara organik dengan cara membuat konten dengan keyword yang relevan, mempercantik struktur website, hingga menggunakan backlink. 

3. Google Ads

Selanjutnya adalah Google Ads. Strategi marketing campaign satu ini memungkinkan untuk Anda dapat menempatkan iklan produk Anda di berbagai platform Google dan turunannya. Dengan Google Ads, Anda dapat memasang iklan di berbagai platform seperti Google Search, YouTube, Gmail, hingga aplikasi. 

Meski berbayar dan mempunyai persaingan yang sangat ketat, strategi marketing campaign satu ini dapat sangat menguntungkan Anda karena banyaknya pengguna Google yang bisa Anda jaring.

4. KOL Marketing

Marketing campaign salah satunya juga dapat dilakukan dengan menggandeng Key Opinion Leader (KOL) untuk mempromosikan brand Anda. KOL sendiri adalah tokoh yang punya keahlian terhadap satu bidang tertentu, sehingga pendapatnya selalu didengar oleh banyak orang.

Pastikan untuk bekerja sama dengan KOL yang keahlian dan figurnya relevan dengan produk dan persona brand Anda. Strategi KOL marketing dianggap efektif karena biasanya KOL punya audiens sendiri, sehingga brand Anda akan otomatis mendapat perhatian dari pengikut mereka. 

5. Email Marketing

Terakhir adalah strategi email marketing. Strategi marketing campaign satu ini memanfaatkan email untuk mengirimkan informasi seputar produk Anda kepada audiens. Berbeda dengan strategi lainnya, dalam email marketing Anda harus terlebih dahulu mempunyai data alamat email audiens yang ingin dituju. 

Anda dapat menggunakan strategi campaign satu ini kepada konsumen yang pernah tertarik atau membeli produk Anda dan memberikan alamat email-nya. Campaign ini sangat berguna untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Contoh Marketing Campaign yang Sukses Dijalankan

Membahas marketing campaign tidak pas rasanya jika tak dibarengi dengan mengulik contoh sukses penerapannya dalam dunia marketing secara real. Simak beberapa contoh sukses marketing campaign yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Apple

Contoh pertama datang dari perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple. Brand berlambang buah apel yang digigit ini pernah mempunyai satu marketing campaign yang sangat terkenal, yaitu ‘Shot on iPhone’.

Konsep kampanye ini sangat sederhana, Apple mendorong penggunanya untuk memotret benda apapun menggunakan IPhone dan mengunggahnya di media sosial dengan tagar #ShotoniPhone.

Tak hanya sampai sosial media, Apple juga memasifkan kampanye ini di iklan televisi. Apple bahkan  menggandeng Selena Gomez dan Lady Gaga untuk ikut serta dalam kampanye tersebut.

2. Nike

Selain Apple, Nike juga pernah sukses menjalankan marketing campaign mereka hingga ke seluruh dunia. Mengingat brand Nike, Anda pasti tak lupa dengan jargon mereka yang berbunyi ‘Just Do It’. Ternyata tagline tersebut merupakan salah satu marketing campaign yang dijalankan brand ini.

Berkat gerakan ‘Just Do It’ Nike berhasil mendapat perhatian banyak orang dan menjadi salah satu brand olahraga tersohor di dunia. 

3. Volkswagen (VW)

Contoh marketing campaign selanjutnya berasal dari salah satu perusahaan otomotif, Volkswagen. Brand ini berhasil meningkatkan reputasinya berkat marketing campaign yang mereka jalankan.

VW sendiri merupakan produsen otomotif yang terkenal mengeluarkan mobil-mobil berukuran kecil. Saat awal peluncurannya, jenis mobil tersebut bukan merupakan selera orang Amerika yang lebih menyukai mobil-mobil besar. 

Hingga di tahun 1960 VW berhasil meningkatkan pangsa pasar melalui marketing campaign kreatifnya yang masyarakat kenal dengan tagline ‘Think Small’. 

4. Red Bulls

Brand minuman berenergi Red Bulls dikenal luas karena banyak mensponsori kegiatan olahraga. Salah satu marketing campaign yang menaikkan nama brand ini adalah ajang terjun payung The Stratos Jump.

Dalam ajang tersebut, Red Bull mensponsori seorang atlet terjun payung bernama Baumgartner, saat itu ia berhasil memecahkan rekor tertinggi. Videonya viral dan ikut membuat Red Bull mulai banyak dikenal masyarakat.

5. Netflix

Siapa yang tak kenal Netflix? Brand platform streaming film satu ini populer berkat marketing campaign-nya yang sukses. Netflix aktif menjalankan kampanye dan menawarkan opsi untuk menonton film dari rumah di saat orang-orang tidak bisa menonton film di bioskop di masa pandemi.

Meski harganya yang cukup tinggi, hingga saat ini Netflix punya tempat tersendiri di hati para konsumennya. Salah satu kampanye yang pernah dijalankan Netflix di Indonesia adalah #HallyuBarengNetflix, kampanye ini memanfaatkan Digital Out of Home Advertising (DOOHA). Dalam kampanye ini, Netflix mempromosikan drama atau film Korea yang sedang tayang di LCD ruang publik.

Sukseskan Marketing Campaign dengan Layanan Digital

Dari pembahasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa marketing campaign adalah salah satu strategi yang efektif dalam mengembangkan sebuah bisnis. Agar marketing campaign dapat berjalan lebih optimal dengan hasil yang memuaskan, Anda dapat menggunakan jasa profesional seperti BigEvo Digital Agency. 

BigEvo merupakan digital agency yang sudah berpengalaman dalam merancang strategi marketing banyak perusahaan besar di Indonesia. BigEvo dapat membantu Anda menyukseskan kampanye pemasaran bisnis dengan berbagai strategi digital marketing yang efektif dan efisien. 

Beberapa layanan digital yang disediakan BigEvo antara lain adalah Digital Ads, Social Media Marketing, SEO Optimization, KOL Marketing, dan masih banyak lagi.

Segera diskusikan layanan digital yang dibutuhkan bisnis Anda dengan menghubungi tim kami di email team@bigevo.com. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Marketing Campaign: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contohnya
Marketing campaign adalah suatu tindakan pemasaran yang terorganisir dan juga terencana untuk mempromosikan suatu produk. Selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  14 Oct 2024
Waspada dan Verifikasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan BigEvo
Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan berbagai agensi, PT. Orange Global, perusahaan yang menaungi BigEvo dengan layanan Digital Ma ...
by Izza  |  28 Aug 2024
Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, dan Cara Menerapkannya
Integrated marketing communication (IMC) adalah strategi yang mengintegrasikan berbagai elemen agar menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
    Whatsapp BigEvo