Marketing Agency: Keuntungan, Jenis, dan Tips Memilihnya

marketing agency

Marketing agency saat ini menjadi salah satu kebutuhan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Persaingan bisnis di era digital yang semakin ketat membuat banyak perusahaan menggunakan jasa marketing agency untuk membantu mereka mencapai strategi pemasaran yang jitu. 

Untuk Anda para pebisnis, tidak ada salahnya bekerjasama dengan marketing agency dalam mencapai tujuan pemasaran Anda. Sebelum menggunakan jasanya, kenali lebih dalam mengenai marketing agency, jenis, tugas dan perannya, hingga tips untuk memilih marketing agency yang tepat. 

Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Marketing Agency?

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui apa itu marketing agency. Keberadaan marketing agency muncul sejak ramainya transisi strategi marketing konvensional ke digital marketing. Lantas apa itu marketing agency? 

Marketing agency adalah sebuah agensi atau perusahaan yang berisi tim profesional dengan keahlian yang berbeda-beda, namun masih terkait dalam bidang pemasaran atau marketing. Mereka berperan untuk merancang dan mengembangkan strategi marketing sebuah perusahaan. 

Marketing agency bertanggung jawab untuk membantu brand dalam mencapai tujuan pemasaran. Dari mulai perencanaan, seperti melakukan riset pasar, mempelajari tren dan preferensi konsumen. Hingga pengeksekusian aktivitas marketing adalah pekerjaan dari marketing agency.

Agensi marketing juga berperan penting dalam penggunaan media sosial dan teknologi digital lainnya sebagai platform pemasaran perusahaan. Dengan banyaknya peran ini, marketing agency menyesuaikan kebutuhan kliennya dengan menyediakan berbagai jasa.

Beberapa layanan yang tersedia dalam marketing agency yaitu seperti SEO optimization, media sosial, periklanan online, dan strategi konten. 

Keuntungan Menggunakan Marketing Agency

Dibanding melakukannya sendiri, tidak ada salahnya jika Anda bekerja sama dengan agensi untuk membantu kegiatan pemasaran bisnis Anda. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan jasa marketing agency.

1. Lebih Fokus Pada Produk

Keuntungan yang paling utama saat memutuskan untuk menggunakan marketing agency adalah lebih fokus pada core bisnis. Pada dasarnya, aktivitas bisnis dibagi menjadi dua, yaitu memproduksi dan memasarkan produk.

Jadi jika Anda menyerahkan tugas pekerjaan pemasaran produk, maka Anda dapat lebih fokus untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Dalam sebuah bisnis, menjaga value produk dinilai lebih penting dibanding melakukan pemasaran. 

Marketing sebagus apapun tidak ada artinya jika produk yang Anda pasarkan tidak memiliki kualitas dan value yang kuat. 

2. Hasil yang Lebih Efektif dan Kreatif

Keuntungan berikutnya adalah hasil promosi yang lebih efektif dan kreatif. Menyerahkan strategi marketing kepada agensi profesional sambil fokus memperbaiki value produk adalah kombinasi tepat untuk mengoptimalkan marketing yang sangat efektif.

Anda sebagai pemilik bisnis dapat memberikan kualitas produk yang terbaik, sementara marketing agency dapat memasarkan produk dengan strategi dan konten kreatif yang dapat memikat audiens.

3. Pemasaran Bisnis Secara Profesional

Menggunakan jasa digital agency akan memudahkan Anda dalam penerapan strategi pemasaran untuk bisnis. Marketing agency berisi tim profesional dan berpengalaman dalam menjalankan aktivitas marketing. Mereka punya cara kerja yang sistematis dan terukur untuk mensukseskan pemasaran untuk brand Anda.

4. Hemat Biaya Marketing

Jika Anda menganggap menyewa jasa agensi marketing hanya membuat budget marketing Anda membengkak, maka anggapan tersebut kurang tepat. Nyatanya marketing agency dapat memberikan berbagai jasa dan layanan digital marketing yang sesuai dengan kantong anggaran Anda.

Marketing agency dapat membantu Anda untuk memahami pengeluaran apa saja yang penting dan tidak penting dalam menjalankan aktivitas marketing. Dengan begitu, pemasaran yang Anda lakukan dapat jauh lebih efisien dan menghemat biaya.

5. Keuntungan Bisnis Lebih Optimal

Yang terakhir adalah puncak dari semua keuntungan yang ada, yaitu mendapatkan keuntungan atau laba bisnis yang lebih optimal. Tujuan utama dari semua aktivitas bisnis adalah keuntungan, begitu juga strategi marketing yang sukses dapat menghantarkan keuntungan jangka panjang bagi bisnis Anda. 

Strategi marketing yang berhasil sangat membantu untuk membangun brand awareness di kalangan konsumen. Brand awareness dapat membuat  bisnis Anda lebih dipercaya konsumen, sehingga tumbuh menjadi bisnis yang kokoh secara berkelanjutan.

Marketing agency juga akan memberikan laporan performa atau kinerja mereka dalam setiap jangka waktu tertentu. Data yang tertera dalam laporan tersebut dapat membantu Anda untuk melihat, apakah bisnis Anda benar-benar memerlukan agensi atau tidak.

Jenis Marketing Agency

Banyaknya strategi marketing yang berkembang saat ini membuat fungsi dan peran marketing agency semakin beragam. Hal ini juga menjadikan marketing agency terbagi menjadi beberapa jenis,yaitu sebagai berikut.

1. Traditional Marketing Agency

Jenis marketing agency yang pertama adalah agensi marketing tradisional. Sesuai namanya, agensi ini menyediakan layanan dan jasa pemasaran tradisional. Contoh aktivitas marketing yang bisa agensi ini bantu seperti pemasaran iklan melalui kartu nama, iklan di koran, cetak, majalah, poster, hingga saluran TV dan radio. 

Meski bersifat tradisional, marketing agency jenis ini masih cukup mampu bersaing dengan agensi marketing digital dalam hal membangun hubungan pelanggan tanpa interaksi langsung.

Namun, tentu ada beberapa kekurangan yang dimiliki agensi satu ini. Di antaranya seperti target audiens yang terbatas, kurang efektif, dan biaya pemasaran yang cukup mahal dibanding digital marketing. 

2. Digital Marketing Agency

Jenis marketing agency selanjutnya adalah jenis yang sering kita jumpai dan banyak berkembang saat ini, yaitu digital marketing agency. Agensi marketing digital melibatkan tools digital media dalam menjalankan perannya. 

Dengan digital marketing agency, bisnis Anda dapat muncul di berbagai platform media, seperti media sosial, mesin pencari, blog, dan artikel. Jenis agensi satu ini semakin berkembang seiring berkembangnya juga teknologi digital.

Salah satu kelebihan digital marketing agency adalah tools yang profesional dan terukur. Anda dapat dengan mudah mengetahui efektivitas kinerja marketing melalui data analisis yang mereka sediakan. Selain itu, digital marketing agency juga dapat menjalani campaign bisnis dengan menyesuaikan target audiens yang ingin Anda sasar.

3. Full Service Digital Marketing Agency

Berikutnya adalah full service digital marketing agency. Jenis agensi yang satu ini adalah agensi marketing paling lengkap yang dapat memenuhi segala kebutuhan marketing bisnis Anda. Sama seperti namanya, full service digital marketing agency menyediakan semua layanan marketing dari A sampai Z.

Berbagai layanan tersebut mulai dari pengembangan website, SEO, media sosial sampai layanan digital lain mereka sediakan. Anda akan sangat diuntungkan jika menggunakan jasa agensi satu ini, karena mendapat layanan all in seluruh proses marketing secara eksklusif untuk bisnis Anda.

4. Specialized Marketing Agency

Jenis marketing agency yang terakhir adalah specialized marketing agency. Jenis agensi satu ini adalah agensi yang hanya menyediakan layanan digital marketing dengan spesialisasi tertentu. 

Meski hanya menyediakan sedikit layanan, namun agensi jenis ini biasanya lebih fokus dan berpengalaman pada spesialisasi mereka. Sehingga dapat memberikan hasil strategi marketing yang memuaskan dibanding full service agency. 

Beberapa contoh specialized service yang disediakan agensi ini misalnya:

  • Pembuatan website
  • SEO
  • Social Media Marketing (SMM)
  • Desain grafis
  • Desain merek
  • Produk digital
  • Photo and video production
  • Manajemen server dan cloud

Pilih In House Marketing atau Marketing Agency?

Selain marketing agency, istilah in house marketing juga penting untuk Anda ketahui. In house marketing adalah kebalikan dari marketing agency, yaitu menjalankan strategi marketing secara internal oleh tim marketing tanpa melibatkan pihak ketiga. 

Mungkin banyak dari pebisnis yang masih mempertimbangkan ingin menyewa jasa marketing agency, atau hanya menjalankan marketing secara mandiri. Untuk memutuskannya, kenali perbedaan mendetail antara keduanya di bawah ini.

1. Keahlian dan Pengalaman

Perbedaan mendasar antara in house marketing dan marketing agency terletak pada keahlian dan pengalaman orang-orang di dalamnya. Untuk marketing agency, tim di dalam agensi biasanya lebih terlatih dan berpengalaman dalam berbagai bidang terkait digital marketing.

Oleh karena itu, marketing agency biasanya memiliki portofolio yang lebih kaya dan beragam dari klien berbagai industri. 

Sementara jika Anda ingin menjalankan in house marketing, Anda memegang kendali penuh tentang siapa saja yang bergabung dalam tim marketing bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu melatih tim marketing dengan keahlian khusus yang perusahaan butuhkan.

2. Biaya

Perbedaan selanjutnya terletak pada sisi biaya. Saat menyewa marketing agency, Anda perlu membayar jasa sesuai dengan proyek dan layanan atau paket layanan yang Anda pilih. 

Sedangkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan in house marketing, biaya yang Anda keluarkan lebih kepada biaya gaji bulanan atau tunjangan lainnya. Adapun biaya tambahan biasanya dikeluarkan untuk melatih karyawan, memperbarui peralatan atau membeli software atau tools tertentu.

3. Fleksibilitas

Pahami juga perbedaan in house marketing dan marketing agency dalam hal fleksibilitas. Marketing agency sebagai perusahaan jasa bersifat fleksibel menyesuaikan kebutuhan kliennya. Misalnya, jika Anda membutuhkan peningkatan intensitas pemasaran, marketing agency dapat menambah sumber daya untuk beradaptasi dengan permintaan tersebut.

Berbeda jika Anda menggunakan in house marketing, Anda harus mengadakan perekrutan untuk tambahan karyawan baru hingga memberikan pelatihan khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Alat dan Teknologi

Keragaman alat dan teknologi yang digunakan marketing agency dan in house marketing juga berbeda. Sebagai agensi profesional, marketing agency biasanya mempunyai tools dan alat bantu yang lebih canggih dan ter-update. 

Selain itu, karena pengalamannya, marketing agency juga terbiasa menggunakan tools yang beragam menyesuaikan kebutuhan kliennya. 

Sedangkan in house marketing cenderung menggunakan tools yang sama dari waktu ke waktu. In house marketing bisa saja menggunakan beragam tools, akan tetapi perlu waktu untuk tim internal mempelajari dan beradaptasi dengan alat tersebut.

5. Kecepatan Kerja

Perbedaan terakhir yaitu ada pada kecepatan kerja. Marketing agency cenderung sudah matang dan mempunyai ritme kerja yang terstruktur dalam menyelesaikan strategi marketing kliennya. Oleh karena itu, mereka bisa lebih cepat dan akurat dalam mengerjakan sebuah proyek.

Hal ini cukup berbeda dengan in house marketing. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pekerjaan karena harus dihadapkan dengan proses merekrut, melatih, hingga mengintegrasikan karyawan ke dalam tim pemasaran.

Ciri Marketing Agency yang Profesional

Saat ini ada banyak sekali marketing agency yang terbuka menawarkan jasa mereka, namun tidak mudah untuk mengetahui agensi mana saja yang profesional menjalankan pekerjaannya. Untuk itu, kenali ciri marketing agency yang baik di bawah ini agar Anda tidak salah pilih.

1. Memiliki Kontak yang Jelas

Ciri pertama yang paling dasar yang menunjukkan kredibilitas sebuah agensi marketing adalah dari kontak perusahaanya. Pastikan agensi yang Anda pilih memiliki kontak yang lengkap dan bisa dihubungi secara profesional.

2. Menampilkan Portofolio dalam Website

Ciri selanjutnya untuk menunjukkan sebuah marketing agency telah berpengalaman atau tidak adalah dari portofolionya. Pastikan portofolio dapat Anda akses dan terpublikasi secara umum di website agensi tersebut sehingga terpercaya bahwa itu adalah karya-karya mereka.

3. Memiliki Testimoni Positif dari Klien Sebelumnya

Anda juga dapat mendengar testimoni dan penilaian klien sebelumnya untuk melihat baik buruknya sebuah agensi. Testimoni bisa menjadi referensi dan pertimbangan sebelum memulai bekerja sama.

4. Memiliki Ide yang Kreatif dan Reputasi yang Baik

Kualitas sebuah marketing agency juga dapat dilihat dari seberapa tinggi kreatifitas dan keunikan hasil kerja mereka. Marketing agency yang profesional dapat menghasilkan konten yang fresh, kreatif dan disukai masyarakat.

Tak hanya kreatif, agensi yang baik harusnya juga mempunyai reputasi yang positif di mata kliennya atau masyarakat umum. Reputasi positif biasanya terbangun dari proses dan hasil kerja mereka yang baik selama berdiri. 

5. Mahir Menganalisis Data

Digital marketing tidak hanya tentang eksekusi konten, tapi juga ide dan perencanaan strategi yang matang. Hal tersebut tentu membutuhkan kemampuan riset dan analisis data yang matang.

Marketing agency yang dapat menganalisis data dengan akurat biasanya mampu untuk mengukur atau memantau kesuksesan proyek yang mereka jalani. Analisis data melibatkan berbagai alat untuk mendukungnya, seperti kinerja website, organik, konversi, leads, dan KPI.

Agensi yang dapat menganalisis data juga dinilai mampu mengidentifikasi tren dan peluang baru, untuk membuat penyusunan strategi marketing yang optimal.

6. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Ciri terakhir yang menandakan sebuah marketing agency profesional adalah dari cara mereka berkomunikasi dengan klien atau calon klien. Agensi yang aktif menjalin komunikasi, terutama mengenai progres pekerjaannya, hal ini akan membuat Anda merasa terlibat dengan proses kerja mereka.

Tips Memilih Marketing Agency

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri marketing agency yang profesional, lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan agensi yang mempunyai ciri tersebut? Simak tips di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Marketing

Sebelum memilih marketing agency, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan marketing. Tinjau lebih dalam tujuan apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan jasa agensi.

Menentukan tujuan marketing dapat memudahkan Anda untuk memilih marketing agency yang ingin Anda pekerjakan. Termasuk gambaran ekspektasi hasil seperti apa yang ingin dicapai, dan anggaran biaya yang akan Anda keluarkan. 

2. Lakukan Riset

Tips selanjutnya adalah melakukan riset. Meski ada banyak marketing agency yang menawarkan jasanya, namun setiap agensi biasanya memiliki fokus industri yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk Anda meriset apakah sebuah agensi akan cocok dengan industri dan brand image yang ingin Anda bangun.

3. Tinjau Portofolio dan Pencapaian Agensi

Tips ini sebenarnya juga bagian dari langkah riset sebelum memilih agensi. Kenali sebuah marketing agency melalui portofolionya. Portofolio menampilkan karya-karya dan proyek yang telah dilakukan sebelumnya. 

Dengan melihat portofolio, Anda juga bisa mengetahui apakah hasil pekerjaan agensi sesuai dengan referensi dan tolak ukur yang Anda harapkan.

4. Pastikan Memilih Spesialisasi yang Tepat

Marketing agency menawarkan berbagai layanan kepada para kliennya. Pastikan untuk mengetahui kebutuhan strategi marketing Anda sebelum memilih agensi. Mengetahui kebutuhan Anda, membuat Anda paham layanan apa yang tepat untuk diterapkan sebagai strategi marketing Anda.

5. Lihat Pengalaman Tim yang Terlibat

Tips selanjutnya adalah pastikan Anda memilih marketing agency yang mempunyai tenaga profesional dan berpengalaman di dalamnya. Tenaga ahli seperti spesialis SEO, desainer web, penulis konten, digital marketing strategist juga harus Anda pastikan sesuai dengan spesialisasi bisnis Anda.

Pilih Agensi Terpercaya untuk Kembangkan Bisnis

Memilih marketing agency yang tepat dan terpercaya adalah hal yang penting. Kalau tidak, niat Anda untuk mengembangkan bisnis dengan menyewa jasa agensi akan sia-sia jika tidak ditangani oleh tim yang berkualitas.

BigEvo adalah salah satu marketing agency yang bisa Anda pilih untuk menyusun strategi marketing Anda. BigEvo Digital Agency telah berpengalaman dan terpercaya untuk menangani aktivitas marketing berbagai perusahaan di Indonesia.

Ada berbagai layanan digital yang bisa Anda manfaatkan di BigEvo untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Layanan tersebut di antaranya adalah SEO Optimization, Digital Ads, KOL Marketing, Web Development, dan masih banyak lagi.

Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama BigEVo dengan menghubungi email team@bigevo.com atau klik akun WhatsApp di halaman ini. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Marketing Agency: Keuntungan, Jenis, dan Tips Memilihnya
Marketing agency adalah sebuah agensi atau perusahaan yang berisi tim profesional dengan keahlian yang berbeda-beda terkait bidang pemasaran. ...
by Izza  |  18 Oct 2024
Marketing Campaign: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contohnya
Marketing campaign adalah suatu tindakan pemasaran yang terorganisir dan juga terencana untuk mempromosikan suatu produk. Selengkapnya di sini! ...
by Izza  |  14 Oct 2024
Waspada dan Verifikasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan BigEvo
Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan berbagai agensi, PT. Orange Global, perusahaan yang menaungi BigEvo dengan layanan Digital Ma ...
by Izza  |  28 Aug 2024
    Whatsapp BigEvo