Lead Marketing dan 10 Cara Ampuh Mendapatkannya

lead adalah

Lead adalah salah satu istilah penting dalam dunia bisnis. Istilah ini memang masih terdengar asing, namun mempunyai manfaat yang sangat banyak. Istilah tersebut merupakan orang yang sudah terindikasi dengan suatu produk atau pelayanan dari suatu perusahaan yang Anda miliki. Baik itu hasil dari cara memasarkannya ataupun karena memang kualitas produk maupun layanan tersebut memang terbaik.

Lead sendiri merupakan bagian dari marketing business. Dimana suatu perusahaan melakukan upaya untuk komunikasi dengan tujuan memenuhi kebutuhan orang yang dianggap mempunyai prospek untuk menjadi pelanggan baru. Dalam mengelola bisnis, bukankah sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah tersebut?

Sebagai contohnya, ketika perusahaan Anda mudah untuk melakukan pemasaran produk atau pelayanan jasa, apakah hal tersebut bukanlah suatu keuntungan? Kemudian dalam membangun perusahaan, bukankah keuntungan menjadi salah satu tujuan utama?

Lead Adalah Istilah Penting dalam Bisnis

Lead adalah kumpulan orang yang mempunyai minat maupun ketertarikan besar terhadap layanan dan produk suatu perusahaan atau pebisnis. Mereka mempunyai potensi yang tinggi untuk menjadi pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan yang berpotensi dari bisnis yang Anda miliki tersebut.

Kita bisa mengetahui setelah mereka meninggalkan informasi kontak tertentu, entah itu email ataupun nomor telepon. Dengan berbekal kotak tersebut, nantinya pihak marketing dari suatu perusahaan akan melakukan komunikasi kepada orang tersebut secara lebih leluasa. Pihak marketer akan mengirimkan informasi seperti halnya diskon, promo, bagan kabar lonceng mengenai produk terbaru.

Untuk jenis-jenis lead ini sendiri ada 3. Pertama adalah produk / service qualified lead. Merupakan orang-orang yang sebelumnya sudah pernah menjajal versi basic atau gratis produk maupun layanan, kemudian mempunyai minat untuk melakukan upgrade. Contoh, mulai berlangganan ke versi terbaru.

Kedua adalah sales qualified lead. Adalah orang yang sudah berniat untuk membeli layanan atau produk, hingga pada akhirnya dapat menghasilkan suatu penjualan.

Terakhir adalah marketing qualified lead. Merupakan kelompok orang yang sebelumnya sudah terpapar promosi atau sudah berinteraksi dengan layanan atau produk suatu perusahaan. Akan tetapi, belum bisa masuk dalam tahap pembelian.

Dalam hal ini, kita tidak boleh santai. Untuk mendapatkan lead, terdapat beberapa cara yang harus kita lakukan. Tertarik mencobanya, berikut ini cara mendapatkannya.

Tips Mendapatkan Lead Digital

Membuat Landing Page

Cara pertama mendapatkan lead adalah dengan membuat landing page. Apakah itu landing page? Sebuah halaman website khusus perusahaan dengan bentuk form bermanfaat untuk mengumpulkan lead tersebut. Halaman tersebut berisi mengenai informasi produk dan layanan bisnis secara rinci dan lengkap.

Dengan adanya halaman informasi terpusat itu, Anda akan mendapatkan lead dalam jangka waktu panjang tanpa adanya batasan. Namun Anda juga harus melakukan pengarahan kepada setiap lead yang sudah Anda dapatkan guna mengunjungi landing page tersebut.

Konten Premium

Setelah mengetahui lead adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis. Maka cara yang kedua untuk mendapatkannya adalah, Anda bisa membuat konten premium. Jika Anda menyukai konten dengan kualitas baik dan jumlah pelanggan loyal, maka cobalah untuk meningkatkan konten tersebut menjadi versi yang premium.

Tepat sekali, metode ini seolah sudah menjamin akan mendatangkan lead. Karena mengingat mereka sudah sesuai dengan target pasar bisnis Anda tersebut. Strategi ini juga kebanyakan digunakan mereka para portal berita atau majalah online terlebih media internasional.

Membagikan Ebook

Kemudian yang selanjutnya adalah membagikan ebook. Hal ini juga merupakan strategi yang menarik untuk membagikannya secara gratis kepada para pembeli potensial. Perlu Anda ketahui bahwasanya metode ini juga digunakan oleh mereka yang mempunyai bisnis B2B.

Ebook tersebut bisa menjadi sebuah oleh-oleh untuk mereka. Dengan begitu harapannya mereka memberikan kesan sebagai produk atau layanan terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik.

Freebies

Selain itu, freebies juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lead. Lebih tepatnya freebies ini merupakan salah satu jenis konten yang dibuat kemudian dibagikan gratis dengan sengaja. Perlu Anda ketahui juga, bahwasanya freebies itu berbeda dengan video ataupun blog. Lebih tepatnya freebies itu dicetak pada kertas seperti halnya poster, ebook, worksheet, serta panduan singkat.

Menggunakan metode ini juga tahu lebih efektif daripada ebook sebenarnya. Hal tersebut memanglah fakta dan freebies mempermudahkan Anda untuk membuat suatu konten dalam waktu yang singkat juga hemat tenaga. Tetapi cara apapun yang nantinya akan memudahkan Anda mendapatkan lead adalah tersebut, berarti itulah memang cara yang best.

Live Chat di Website

Cara mudah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan live chat di website. Pengguna menggunakan cara ini bukan hanya sekedar dapat menambahkan kredibilitas saja. Tetapi juga untuk menambah lead Anda yakni menyediakan form kontak di dalamnya.

Subscribe Konten

Cara lain yang juga mudah untuk Anda lakukan guna mendapatkan apa apa yang dimaksud dengan lead adalah menyediakan opsi subscript content. Terkhusus lagi Apabila Anda ingin menjalankan bisnis blog. Maka dengan melalui cara ini, Anda bisa memperoleh sejumlah data lead seperti halnya alamat email atau nama dengan mudah.

Manfaatkan Media Sosial

Banyaknya media sosial sekarang ini yang ternyata juga bisa kita manfaatkan. Ada Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Tapi dalam hal ini, Anda juga harus memastikan bahwa konten yang Anda miliki itu mempunyai nilai tambah sehingga dapat menarik calon pembeli.

Contohnya adalah, Anda membuat konten unik secara gratis. Tetapi mengharuskan orang-orang memberikan kontak ataupun alamat emailnya. Menggunakan metode ini juga sudah sangat sering dilakukan. Bahkan sudah banyak perusahaan besar juga yang menggunakan strategi atau metode ini.

Paid Advertising

Perlu Anda ketahui, ternyata pahit Advertising itu juga menjadi cara efektif untuk mendapatkan lead adalah tersebut. Metode ini juga sama seperti halnya search engine marketing dan pay per Click. Dengan melalui metode ini juga, Anda bisa mempromosikan produk serta layanan pada halaman pertama Google Keyword populer nice Anda.

Tentunya, hal ini akan meningkatkan awareness orang-orang bisnis Anda. Keberadaan brand awareness tersebut juga meningkat sehingga jumlah lead akan meningkat juga. Tetapi jika Anda tidak mempunyai budget guna melakukan paid advertising tersebut, SEO bisa menjadi solusi terbaik.

Cross Promotion

Tidak boleh ketinggalan adalah Cross promotion. Merupakan aliansi vendor yang tidak termasuk kompetitor Anda. Dengan tujuan saling mempromosikan produk atau layanan. Bertukar lead dengan vendor serta pihak lain seperti halnya membuka dan memperluas Reach Anda. Maka akan semakin banyak orang yang kenal atau terpapar dengan produk yang Anda miliki tersebut, akan semakin tinggi pula lead-nya.

Diskon

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak akan pernah ada orang yang menolak kupon diskon. Hal ini juga bisa Anda coba untuk mendapatkan lihat adalah tersebut. Tetapi juga harus memperhatikan syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku. Contohnya adalah, form untuk mendapatkan data email atau info personal yang nantinya akan berguna untuk memberikan promosi tersebut.

Lead adalah bagian bisnis yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Jika Anda ingin berhasil dalam bisnis, maka harus mulai berencana sejak dini. Temukan partner yang tepat dalam mengelola kampanye digital untuk mendapatkan hot leads bersama BigEvo.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo