Kenalan dengan IGTV Ads, Bagaimana Brands Bisa Memanfaatkannya

IGTV

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia digital marketing agency, memanfaatkan Instagram untuk campaign atau iklan bukan lagi hal asing. Pengguna Instagram kian hari semakin meningkat. Berbagai survei terdahulu pun membuktikan bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial terfavorit di dunia setelah Tiktok dan Facebook.

Ditambah lagi, munculnya fitur IGTV ads pada 2018 silam menjadi angin segar bagi para content creator karena IGTV dapat menjadi wadah  untuk mendapatkan uang tunai. Akses menghasilkan uang dari IGTV pun semakin terbuka lebar ketika muncul instagram shopping pada Instagram feed dan stories. Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Justin Osfoky selaku COOO Instagram pun menyatakan bahwa keuntungan yang diperoleh content creator serupa dengan dengan model pendapatan iklan pada Youtube, yakni mencapai 55 persen dari pendapatan IGTV.

Peluang ini tentu juga dapat menjadi lahan subur bagi bisnis Anda. IGTV menawarkan media beriklan yang berbeda dengan banyak sekali potensi. Lewat fitur IGTV Ads Anda dapat melakukan campaign atau iklan untuk mempromosikan brand sekaligus memonetisasi video yang Anda buat. 

Keuntungan IGTV Ads Untuk Brand

Dengan durasi yang lebih panjang, Anda dapat membuat storyline yang lebih dalam agar mampu menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens. Selain itu, tab popular pada IGTV mempermudah Anda untuk menjangkau audiens baru. Anda juga lebih mudah memantau analytics konten Anda setelah diunggah.

Fitur analytic pada IGTV juga lebih beragam. Anda dapat mengetahui berapa banyak yang suka, komentar, jumlah tampilan, retensi penonton hingga di bagian mana video tersebut berhenti ditonton.

IGTV juga hadir dengan format konten video berdurasi panjang yang berbeda, yaitu vertikal--tidak seperti platform lain yang umumnya ditampilkan secara horizontal. Hal ini membuat konten yang ada di IGTV pun lebih mobile friendly sehingga memberikan impact tersendiri bagi penggunanya, baik audiens maupun pembuat konten. Menurut prediksi, video mobile seperti IGTV ini akan mengisi sekitar 78% lalu lintas data.

Terdengar seperti kesempatan emas untuk memaksimalkan digital performance pada iklan atau campaign brand Anda, bukan?

Memanfaatkan IGTV Untuk Promosi

Ibarat membuat sebuah makanan yang lezat dan disukai banyak orang, tentu ada resep khusus yang dimiliki oleh sang koki. Begitu pula dalam membuat iklan atau campaign lewat di IGTV, tentu ada ”resep” khusus yang perlu Anda lakukan. Berikut "resep" memanfaatkan IGTV untuk mempromosikan brand Anda.

Pilih Topik yang Menarik untuk Channel Anda

Topik yang akan Anda angkat akan mencerminkan images dari brand Anda. Jadi, pikirkan baik-baik image brand apa yang ingin Anda bentuk di masyarakat. Lalu kemas image tersebut ke dalam bentuk konten yang menarik. Jika sudah menemukan topik yang sesuai, fokuslah membuat konten sesuai topik tersebut. 

Hindari membuat konten dengan topik yang bertolak belakang karena hanya membuat audiens bingung dan Anda menciptakan image. Misalnya, jika Anda punya bisnis katering sehat, Anda bisa memilih topik tentang kesehatan, gaya hidup sehat, atau diet untuk konten video Anda.

Buat Konten yang Variatif

IGTV memiliki durasi tayangan maksimal satu jam. Dengan durasi sepanjang itu, Anda dapat membuat konten lebih beragam tanpa batasan waktu. Misalnya, Anda bisa membuat konten berbentuk storytelling atau film pendek untuk mempromosikan brand Anda. 

Anda juga dapat membuat teaser untuk membangun hype ketika akan merilis produk baru. Agar lebih banyak audiens yang tertarik, Anda pun bisa membuat konten berupa behind the scene dari proses pembuatan produk Anda serta memperkenalkan orang-orang hebat yang terlibat di dalamnya.

Atur Jadwal untuk Unggah Video

Saat Anda sudah mempunyai channel, buat jadwal khusus untuk mengunggah konten di IGTV. Sebagai sebuah brand, menjadwalkan postingan dapat diartikan sebagai kematangan bisnis. Jangan sampai Anda membuat konten sesuka hati karena akan membuat audiens berpikir Anda tidak kredibel.

Anda dapat menyusun jadwal sesuai dengan aktivitas Anda, misalnya seminggu dua kali. Semakin jadwal yang teratur, konten yang Anda ciptakan pun semakin beragam dan menarik audiens. Hindari pula mengunggah banyak video atau konten dalam satu waktu agar tidak dianggap spam oleh audiens. Teknik ini juga membantu memicu rasa penasaran audiens dengan konten-konten Anda.

Manfaatkan Promosi Silang

IGTV kini juga dapat menjadi wadah promosi silang. Contohnya, jika Anda memiliki channel Youtube, Anda bisa mempromosikan video baru Anda lewat IGTV. Saat Anda mengunggah konten baru di IGTV, Anda pun dapat mempromosikannya lewat feed Instagram, halaman Facebook, atau channel Youtube Anda.

Nah, itulah tips memaksimalkan penggunaan IGTV Ads untuk mempromosikan brand Anda. Di dunia serba digital ini, iklan konvensional memang tak selalu efektif untuk promosi. Salah satu cara paling efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial. Ingin memaksimalkan Instagram untuk mempromosikan brand Anda? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo