Mengenal Jasa Branding Instagram dan Cara Penerapannya yang Efektif

Jasa branding Instagram

Memanfaatkan jasa branding Instagram dapat menjadi pilihan sebagai salah satu upaya untuk memiliki branding positif. Branding sendiri merupakan salah satu elemen penting yang diperlukan dalam bisnis. Terutama jika bisnis Anda terbilang baru dan masih membutuhkan branding yang kuat.

Instagram sendiri merupakan salah satu platform yang banyak dimanfaatkan dalam praktik pemasaran online atau digital marketing. Sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna, tak heran kalau Instagram menjadi favorit penggiat bisnis untuk mengembangkan usaha.

Salah satu penggunaan Instagram yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis adalah sebagai sarana branding. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai branding melalui Instagram dan bagaimana cara penerapannya.

Langsung saja simak pembahasan selengkapnya dibawah ini, ya!

Apa Itu Branding dan Jasa Branding Instagram?

Mengembangkan bisnis atau brand dapat Anda lakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan membangun branding melalui Instagram. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami lebih mendalam mengenai branding dan jasa yang terkait.

Mengenal Branding dan Perannya untuk Bisnis

Ketika hendak memanfaatkan Instagram untuk branding dan kegiatan marketing lainnya, Anda perlu memahami konsep brand serta branding terlebih dahulu. Brand menunjukkan nama, simbol, karakter, atau desain pada produk atau bisnis yang Anda miliki. Tak hanya sebatas produk barang, jasa atau layanan pun bisa termasuk ke dalam brand.

Sedangkan branding adalah proses untuk memperkenalkan dan membuat brand dikenal banyak orang dengan kesan yang kuat. Karena itu sebaiknya Anda menggunakan unsur-unsur brand seperti nama atau desain yang unik dan menarik. Hal ini akan membantu brand Anda lebih cepat dikenal dan tentunya mempermudah proses branding.

Selain nama dan desain, proses branding memiliki beberapa unsur penting lainnya. Seperti logo, jargon, visi dan misi, sampai website yang Anda miliki. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian dari identitas dan jati diri brand yang akan tertanam pada benak target market serta masyarakat secara general.

Melakukan branding yang tepat akan memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi brand atau bisnis Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari proses branding:

  1. Membuat orang mudah mengenali brand atau produk Anda.
  2. Memperkuat posisi brand atau bisnis Anda di industri tersebut.
  3. Meningkatkan kepercayaan merek terhadap brand atau bisnis Anda.
  4. Mendorong terbentuknya rangkaian word of mouth oleh customer.
  5. Mendukung proses pemasaran brand secara keseluruhan.

BACA JUGA: SOCIAL MEDIA: PENGERTIAN DAN CONTOH CAMPAIGN UNTUK PEMASARAN

Mengenal Proses Branding Melalui Instagram

Setelah memahami pengertian brand dan branding, selanjutnya Anda perlu mengenal apa itu jasa branding Instagram. Pada dasarnya, proses branding melalui Instagram seperti branding secara general. Hanya saja proses branding yang dilakukan lebih berfokus pada platform media sosial Instagram.

Instagram sendiri memang merupakan salah satu pilihan tepat untuk menjadi platform branding bagi bisnis Anda. Platform media sosial satu ini memiliki pengguna dengan jumlah banyak dan range yang cukup luas. Anda dapat menemukan dan memetakan target market dari bisnis, serta menganalisis bagaimana karakter mereka.

Hal ini membuat Instagram cocok digunakan untuk Anda yang ingin membangun branding yang kuat dan solid. Target market Anda bisa dengan mudah menemukan akun brand atau bisnis. Tak sedikit juga yang sengaja mencari akun Instagram sebuah brand untuk mengenal lebih lanjut mengenai lini bisnis dan produk secara keseluruhan.

Agar branding bisa berjalan dengan lancar dan solid, Anda perlu melakukan proses branding dengan tepat melalui Instagram. Pembahasan lebih lanjut mengenai hal tersebut akan diulas pada bagian selanjutnya.

Cara Penerapan Branding Melalui Instagram

Memanfaatkan platform Instagram untuk branding dan bisnis tentunya berbeda dengan penggunaan secara pribadi. Jika saat menggunakan di ranah pribadi Anda tidak perlu memikirkan banyak strategi, di ranah bisnis sangat perlu cara dan strategi yang tepat.

Oleh karena itu, jasa branding Instagram memiliki beberapa cara yang diterapkan secara umum untuk melakukan branding. Simak cara lengkapnya berikut ini!

Memaksimalkan Akun Bisnis di Instagram

Hal pertama dan mendasar untuk melakukan branding melalui Instagram adalah memaksimalkan akun yang dimiliki. Pastikan usaha atau brand Anda sudah memiliki akun bisnis yang memiliki fitur-fitur profesional. Ingat juga untuk membedakan akun bisnis dengan akun pribadi Anda, ya.

Setelah memiliki akun bisnis, pastikan untuk melakukan optimasi akun tersebut. Gunakan nama yang menunjukkan identitas bisnis dengan jelas. Tak hanya itu, pastikan Anda menggunakan username yang menunjukkan identitas brand.

Identitas brand juga perlu Anda tunjukkan pada bagian bio akun Instagram untuk memudahkan orang mengenali brand. Jangan lupa untuk mencantumkan link website resmi dan arahkan orang untuk membuka web tersebut.

Membuat Konten yang Berkarakter dan Menarik

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan branding melalui Instagram adalah karakter konten. Buatlah konten-konten yang menunjukkan karakter brand lain dan membuatnya menonjol dibanding brand lain. Dengan begitu, orang akan bisa langsung mengenali kalau itu adalah konten milik brand Anda.

Beberapa unsur konten yang bisa menonjolkan karakter brand adalah pemilihan warna dan tema postingan. Pastikan untuk membuat konten dengan warna yang selaras dengan logo atau kelompok warna brand Anda. Jangan lupa untuk menentukan gaya bahasa yang mewakili brand.

Melakukan Posting Secara Rutin di Instagram

Setelah membuat konten yang berkarakter dan menarik, langkah selanjutnya adalah melakukan posting secara rutin. Agar bisa mendapat jangkauan yang lebih luas, Anda juga dapat mempostingnya pada jam-jam tertentu. Anda dapat melihat informasi ini dari insight akun Instagram dan melakukan analisis yang tepat untuk posting selanjutnya.

Penggunaan hashtag atau tagar juga menjadi salah satu aspek yang membuat konten Anda menjangkau lebih banyak audience. Anda bisa membuat konten yang bervariasi pada fitur-fitur yang ada agar tidak membosankan. Mulai dari konten foto dan video, Instagram stories, Instagram live, dan masih banyak lagi.

Menjalin Interaksi Secara Aktif dengan Audience

Cara terakhir yang tak kalah pentingnya dalam melakukan branding melalui Instagram adalah menjalin interaksi dengan audience. Pastikan Anda membangun komunikasi yang baik dengan audience, misalnya pada kolom komentar atau DM (Direct Message).

Agar terjalin komunikasi yang aktif, Anda bisa membuat konten yang interaktif. Buatlah konten yang bisa menarik orang untuk memberikan komentar pada postingan Anda. Anda juga bisa membuat konten seperti kuis dan giveaway.

Pilih Jasa Branding Instagram Berpengalaman dan Terpercaya

Melakukan branding melalui Instagram dan media sosial lainnya memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui bahwa cara penerapannya harus dilakukan dengan tepat.

Agar bisa membentuk branding yang kuat dan efektif, akan lebih baik bagi Anda menggunakan layanan dari para ahli yang terpercaya disini. Social Media Agency BigEvo sudah berpengalaman dalam berbagai penerapan digital marketing, termasuk branding melalui Instagram.

Anda juga bisa memaksimalkan tools digital marketing lainnya untuk meningkatkan performa bisnis menjadi lebih maksimal. Seperti pemasangan iklan digital atau Digital Advertising, Web Development, Search Engine Marketing, Social Media Management, dan masih banyak lagi.

Jadi, percayakan pengembangan bisnis dan brand Anda melalui jasa branding Instagram serta digital marketing lainnya bersama BigEvo. Hubungi team@bigevo.com sekarang untuk informasi lebih lanjut mengenai strategi digital yang tepat untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo