Instagram untuk Healthcare: Peluang dan 7 Tips Mengoptimalkannya

artikel instagram untuk healthcare

Penggunaan Instagram untuk healthcare memberikan peluang besar agar bisnis dapat berkembang dan sukses. Dunia kesehatan sendiri semakin dilirik masyarakat beberapa tahun belakangan, terutama sejak pandemi melanda. 

Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan menggunakan strategi digital yang tepat, termasuk penggunaan Instagram dan platform digital lainnya. Pembahasan ini akan mengulas peluang sekaligus tips mengoptimalkan Instagram untuk bisnis healthcare.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Peluang Penggunaan Instagram untuk Healthcare

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Instagram, salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna. Bukan hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi, Instagram juga kini banyak dimanfaatkan pebisnis. Hal ini karena penggunaan platform tersebut memiliki potensi besar untuk mengantarkan kesuksesan bisnis, termasuk bidang healthcare.

Instagram merupakan platform yang sangat visual, memungkinkan Anda untuk menampilkan produk atau layanan secara menarik. Dengan visual berkualitas tinggi, Anda dapat menarik perhatian audiens dengan cepat dan efektif. Anda pun bisa membangun brand yang kuat dan mengkomunikasikan pesan merek dengan tepat.

Selain itu, Instagram memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens atau pelanggan potensial. Interaksi ini akan membantu Anda dalam membangun hubungan baik dengan audiens dan meningkatkan kepercayaan mereka. Aspek ini sangat penting untuk menjalankan bisnis jangka panjang, termasuk bisnis healthcare.

Instagram juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda menggunakannya sebagai brand atau bisnis. Melalui Instagram for Business, Anda dapat memaksimalkan fitur-fitur andalan seperti pemasangan iklan dan alat analisis. Fitur tersebut membantu Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan konversi.

Dengan begitu, bisa dipahami bahwa Instagram merupakan salah satu platform yang berguna untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mencapai kesuksesan yang besar dan berkelanjutan, baik healthcare maupun bidang bisnis lainnya.

7 Tips Mengoptimalkan Instagram untuk Bisnis Healthcare

Setelah mengetahui peluang penggunaan Instagram untuk bisnis, selanjutnya kita akan mengulas tips mengoptimalkannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan Instagram untuk kesuksesan bisnis healthcare.

1. Konsisten dengan Brand

Hal pertama yang penting untuk Anda terapkan adalah konsisten dengan brand atau bisnis healthcare yang dimiliki. Pastikan akun Instagram yang Anda gunakan mencerminkan brand dan nilai-nilai bisnis secara menyeluruh. Mulai dari nama akun, logo, bio, sampai konten-konten yang Anda buat.

Selain itu, pastikan juga Anda konsisten dalam desain, tema, warna, maupun gaya bahasa pada konten Instagram. Hal ini akan membuat audiens lebih mudah mengenali brand Anda, apalagi jika masih terbilang bisnis baru.

2. Buat Content Pillar yang Sesuai

Tips selanjutnya adalah membuat content pillar (pilar konten) yang sesuai dengan brand serta audiens yang ingin disasar. Sebagai brand yang bergerak di bidang healthcare, pastikan Anda memberikan konten-konten edukasi kesehatan. Jadi Anda bisa membagi content pillar ke dalam jenis konten promosi dan edukasi.

Selain dua jenis konten tersebut, Anda bisa memasukkan jenis-jenis konten lainnya ke dalam content pillar selama sesuai dengan brand dan audiens. Membuat konten yang beragam merupakan salah satu upaya agar audiens tetap tertarik dan tidak mudah bosan dengan postingan yang Anda bagikan.

3. Gunakan Visual yang Menarik

Seperti yang diulas sebelumnya, Instagram merupakan platform media sosial yang kuat dari segi visual. Karena itu, pastikan Anda menggunakan visual yang menarik untuk semua konten Instagram yang dibagikan. Visual yang menarik menjadi aspek penting yang akan membuat orang berhenti scrolling dan melihat isi konten Anda lebih jauh.

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan watermark pada konten-konten Instagram healthcare yang dibuat. Hal ini merupakan upaya pencegahan agar konten tidak dicuri dan mempertahankan orisinalitas dari konten Anda.

4. Gunakan Hashtag

Agar konten Anda mudah ditemukan audiens, pastikan untuk menggunakan hashtag atau tagar yang sesuai. Gunakan hashtag yang relevan dengan produk, layanan, atau topik tertentu yang berkaitan dengan bidang healthcare. Anda juga bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan isi konten yang sedang dibahas untuk menarik audiens yang tepat.

5. Manfaatkan Fitur Instagram

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Instagram memiliki berbagai fitur yang juga bisa Anda manfaatkan untuk bisnis healthcare. Anda bisa membuat berbagai jenis postingan Instagram sesuai kebutuhan. Misalnya Instagram Story untuk membagikan penawaran khusus dan membuat polling.

Jika ingin postingan bertahan lebih lama di halaman Instagram Anda, maka postingan berjenis feed atau reels bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa membagikan konten berbentuk carousel yang bisa memuat banyak informasi dalam satu postingan. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan live di Instagram, misalnya peliputan healthcare event yang sedang diadakan.

6. Bangun Interaksi yang Aktif

Agar dapat membangun hubungan baik dengan audiens di Instagram, pastikan Anda membangun interaksi yang aktif. Berikan respon atas komentar atau pesan yang dikirim audiens Anda pada akun Instagram dengan baik. Pemberian respon yang tepat terhadap kendala atau masalah yang dihadapi audiens akan meningkatkan kredibilitas brand sekaligus kepercayaan konsumen.

Anda juga bisa membangun interaksi secara real-time menggunakan fitur Instagram Live. Fitur ini memungkinkan Anda merespon langsung feedback yang diberikan oleh audiens. Misalnya Anda memberi edukasi tentang topik kesehatan tertentu, lalu melakukan sesi tanya jawab pada Live tersebut.

7. Kolaborasi dengan Ahli dan Influencer

Kredibilitas merupakan salah satu hal penting dalam bisnis, terutama bidang healthcare. Untuk itu, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan ahli kesehatan atau influencer yang sesuai. Kolaborasi ini dapat Anda terapkan baik untuk promosi produk maupun pemberian edukasi seputar kesehatan untuk audiens.

Namun perlu diingat untuk memilih ahli kesehatan atau influencer yang memang kredibel untuk memberikan materi. Pastikan Anda memeriksa kredibilitas ahli atau tokoh yang ingin diajak kolaborasi dengan brand. Perhatikan juga bagaimana rekam jejak dan pengetahuan mereka tentang bidang kesehatan atau topik yang akan dibahas.

Jangan Ragu Gunakan Jasa Social Media Agency

Jika Anda ingin menggunakan Instagram untuk healthcare namun belum menguasai tekniknya, jangan ragu untuk mengandalkan jasa profesional. Layanan Social Media dan Digital Agency dari BigEvo bisa memberikan solusi bagi kebutuhan bisnis healthcare Anda. 

BigEvo Digital Agency telah berpengalaman dalam membantu bisnis untuk sukses melalui strategi digital yang jitu, termasuk Instagram dan platform digital lainnya. Dengan tim profesional yang mumpuni, Anda akan mendapatkan strategi pemasaran media sosial yang jitu sekaligus implementasinya.

Selain Social Media Marketing & Management, Anda juga bisa memanfaatkan layanan digital lainnya untuk bisnis healthcare. Seperti Digital Ads, Programmatic Marketing, Website Development, SEO Optimization, KOL Marketing, Live Streaming, dan masih banyak lagi.

Segera hubungi tim kami dan diskusikan kebutuhan bisnis Anda untuk meraih kesuksesan. Baik penggunaan Instagram untuk healthcare maupun platform digital lainnya, BigEvo siap membantu Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo