Google Ads Adalah Platform Periklanan Berbayar, Ini Panduannya

Google Ads

Google Ads adalah sebuah platform periklanan online berbayar dari Google. Awal kemunculannya saat itu bernama Google AdWord yang sebelumnya telah diganti pada tahun 2018. Walaupun demikian layanan yang diterapkan tetaplah sama yakni pengiklanan berbayar per klik maupun membayar per tayangan atau impresi yang bisa didapatkan dari iklan.

Menggunakan Google ads ini merupakan cara yang lebih efektif bagi bisnis Anda, sehingga akan mendatangkan trafik yang cukup berkualitas ke website maupun produk. Dengan begitu, maka akan mendapat pelanggan yang sesuai dengan layanan yang Anda tawarkan.

Pengertian Google Ads & Konsep Yang Harus Kamu Tau

Google Ads ini memunculkan beragam informasi serta tautan yang ada pada situs Anda di halaman hasil pencarian di Google. Hasil pencarian yang ada pada kotak kecil terlukiskan Ad tersebut merupakan contoh dari Google Ads. Iklan akan muncul pada bagian atas hasil pencarian ataupun di area bawah.

Karena mempunyai prospek yang cukup bagus maka tidak heran jika banyak yang menggunakan Google Ads untuk berbagai kategori usaha, mulai dari skala yang besar, menengah maupun skala kecil. Terutama bagi pengusaha pemula akan sangat membantu untuk membangkitkan atau membuka jasa dan produk yang dimiliki bisa dikenal oleh orang banyak sehingga akan meraup banyak keuntungan.

Tentunya pengusaha pemula harus banyak-banyak belajar serta menyesuaikan zaman yang sekarang ini sudah canggih dan digital. Konsep dari Google Ads yang efektif ini perlu untuk Anda pahami. Berikut beberapa hal yang harus diketahui didalam menggunakan Google Ads antara lain:

Cara Kerja & Efektivitas Google Ads

Cara kerja dari Google ini sangat sederhana, yakni saat Anda menjadi calon konsumen untuk mencari kebutuhan. Maka dengan melalui kata kunci maupun keyword yang ada pada kolom pencarian Google produk yang Anda inginkan akan ditampilkan pada halaman pencarian Google.

Contohnya seperti, saat mencari keyword 'tas unik', kalau Anda mengoptimalkan fitur yang ada dengan pemilihan keyword terbaik dari pencarian organik, maka probabilitas orang akan membuka situs Anda yang sangat tinggi.

Dengan demikian, jika Anda berhasil untuk membuat situs iklan dengan posisi yang teratas, maka tingkat kredibilitas serta kepercayaan para calon konsumen akan semakin meningkat. Hal tersebut bisa membuat mereka tertarik untuk membeli dan memiliki produk maupun menggunakan jasa Anda.

BACA JUGA: AGENCY IKLAN DAN STRATEGINYA UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

Membayar Iklan di Google Ads

Terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda pertimbangkan saat akan beriklan di Google Ads. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan yakni model iklan lebih besar daripada penghasilan yang bisa Anda dapatkan dalam waktu cukup lama. Maka dari itu, Anda harus melakukan evaluasi secara rutin dan terperinci. Selain itu, Anda juga harus membayar iklan saat orang sudah mengklik maupun membuka landing page.

Ada beberapa istilah yang harus Anda pahami supaya iklan menjadi lebih efektif dengan tekniknya antara lain:

Biaya Per Klik

Anda wajib untuk melakukan pembayaran hanya jika calon konsumen telah mengklik iklan Anda. Nah, jika hanya melihat tetapi tidak di klik, maka Google tidak akan melakukan penarikan biaya.

Biaya Per 1.000 Tayang

Anda hanya akan dikenakan biaya pada setiap 1000 orang yang melihat iklan pada halaman pencarian Google. Cara ini merupakan cara yang cukup efektif kalau Anda ingin melihat penambahan signifikan serta efek daripada iklan ke dalam omzet.

Biaya per Konversi

Dikatakan sebagai cara yang lebih efektif, seleb Anda hanya wajib membayar pada Google saat calon konsumen sudah memenuhi target Anda, misalnya seperti sudah benar-benar mengakses situs iklan yang bisa dilihat dari lamanya waktu berada pada situs Anda. Setelah itu apakah calon konsumen akan memasukkan produk dalam keranjangnya atau tidak.

BACA JUGA: JASA PROMOSI PRODUK DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK BRAND

Cara Mendaftar Akun Google Ads & Tahap Transaksi Pembayaran

Jika Anda telah mengetahui serta memahami konsep dan cara kerja dari Google Ads, maka langkah berikutnya yakni dengan registrasi serta mendaftarkan akun. Berikut beberapa proses daftar serta pembuat nya sebagai berikut.

  1. Buka browser beserta memulai untuk akses Google Ads
  2. Sign in dalam akun Google dengan akun Anda
  3. Klik menu 'Get started' setelah itu pilih satu dari tiga tujuan Anda beriklan
  4. Tuliskan jawaban pada kolom deskripsi bisnis dengan masuk pada URL
  5. Isilah radius yang ditargetkan
  6. Menentukan keyword atau kata kunci
  7. Mengisi kolom deskripsi iklan serta headline
  8. Masukkan nomor ponsel Anda. Nomor tersebut akan diunduh sehingga para calon konsumen bisa menghubungi nomor yang tersedia bisa akan konsultasi.
  9. Terdapat tiga opsi budget dari Google yakni bisa dibayar perbulan atau Anda memberikan kebebasan untuk menentukan budgetnya sendiri.
  10. Selesaikan informasi transaksi pembayaran tersebut secara lengkap tanpa ada satupun yang tertinggal.

BACA JUGA: MENGENAL JASA INSTAGRAM ADS DAN CARA PEMBUATANNYA YANG TEPAT

Keuntungan Menggunakan Google Ads

1. Program Periklanan Fleksibel

Google Ads dapat digunakan oleh para pebisnis untuk merintis hingga perusahan dapat berkembang besar. Google ini sangat fleksibel dari sisi biayanya, jadi Anda dapat mengelola budget dengan hitungan hari serta bisa juga membatasi jumlah yang akan dikeluarkan pada satu keyword.

Dengan begitu maka arus pengeluaran akan menjadi lebih mudah untuk dikendalikan serta Anda juga bisa mengelola untuk mencapai hasil yang lebih efisien dan maksimal tentunya untuk mencapai tujuan dari pemasaran yang diinginkan.

2. Lebih Mudah Memahami Target Audiens

Google Ads adalah sebuah platform periklanan yang memberikan sejumlah keuntungan bagi para penggunanya. Salah satunya yakni dimudahkan untuk memahami sasaran audiens. Data merupakan elemen yang penting di dalam kegiatan marketing. Semakin Anda memahami apa yang calon konsumen atau audiens inginkan, maka semakin tepat pula Anda dapat menentukan pesan yang ingin disampaikan serta dapat berpengaruh pada daya beli.

Dengan Anda menggunakan Google Ads maka akan lebih mempermudah mengetahui kebiasaan audience yang disasar. Proses optimalisasi keyword dapat mendeteksi lokasi, waktu yang sering mereka gunakan untuk konsumsi konten, sehingga informasi yang berharga tentang calon konsumen yang dapat membantu Anda di dalam memaksimalkan kegiatan pemasaran digital.

BACA JUGA: JASA IKLAN GOOGLE ADS BESERTA JENISNYA UNTUK BISNIS

3. Menaikkan Omzet

Secara tidak langsung iklan yang sudah Anda pasang di Google akan memunculkan banyak konsumen, walaupun tidak akan menjamin bisa 100% keberhasilan usaha. Tingkat keberhasilan tersebut disesuaikan dari pengelolaan dan pemilihan keyword yang benar. Nah, kesesuaian budget itu juga akan sangat berpengaruh. Jika Anda berhasil dalam usaha maka omzet akan mengalami kenaikan.

4. Biaya Iklan Bisa Dimonitor

Sistem PPC yang dipakai oleh Google Ads memberikan sejumlah kemudahan bagi pemilik iklan. Dalam hal mengatur dan memonitor biaya yang lebih sesuai dengan budget yang dimiliki. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan biaya iklan yang membengkak nantinya.

5. Reputasi Situs Jualan Meningkat

Mengoptimalisasi SEO dengan pencarian keyword yang sekian banyak orang cari akan lebih cepat terdeteksi dalam indeks pencarian Google. Hal tersebut akan berpengaruh pada reputasi situs jualan yang akan semakin meningkat.

Google Ads adalah program periklanan yang akan sangat memungkinkan Anda untuk memunculkan berbagai informasi serta tautan pada situs pada halaman hasil pencarian di Google. Dengan Anda menggunakan ini bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Apalagi bagi seorang pebisnis, dengan menggunakan Google Ads bisa meraup keuntungan dari iklan tersebut ketika produk Anda bisa berada di posisi paling atas. Selain itu, cara membayarnya juga mudah dan fleksibel.

BACA JUGA: MEMAHAMI JASA MARKETING ONLINE DAN JENIS-JENISNYA

Layanan Paid Digital Advertising di BIGEVO Agency

Anda dapat mempercayakan berbagai layanan dan strategi digital yang dimiliki BigEvo. Mulai dari pemasangan iklan digital atau Digital Advertising, Social Media Management, SEO Optimization, Programmatic Marketing, dan masih banyak lagi. Tim ahli BigEvo akan menganalisis dan membuat plan serta strategi yang tepat bagi bisnis Anda.

Jadi, kembangkan bisnis Anda melalui berbagai strategi digital yang tepat dengan Layanan Paid Digital Advertising di BigEvo. Hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo