4 Jenis Konten Yang Paling Banyak Mendapatkan Organic Traffic

4 jenis konten untuk meningkatkan traffic website

Digital marketing merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Mulai dari promosi melalui konten di media sosial hingga membuat materi promosi di platform lainnya seperti website misalnya. Salah satu teknik digital marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan awareness terhadap bisnis online Anda adalah dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan dari Search Engine Optimization adalah untuk meningkatkan visibilitas halaman website sehingga mengalami kenaikan peringkat di search engine.

Mengenal Istilah Organic Traffic dan Non-Organic Traffic

Dalam SEO dikenal istilah organic traffic dan non-organic traffic. Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengenal kedua istilah ini. Sebelum membahas mengenai 4 jenis konten yang paling banyak mendapatkan organic traffic ada baiknya Anda mengenal dulu istilahnya bukan? 

  • Organic traffic merupakan traffic dari pengunjung yang berasal dari mesin pencari yang terpercaya seperti Google, Yahoo, Bing, MSN, dan lainnya. Traffic jenis ini mencatat pengunjung yang datang secara organik dan juga gratis, tanpa memanfaatkan iklan berbayar. 
  • Non-Organic traffic merupakan traffic yang bekerja dengan fokus pada search engine marketing yang melibatkan iklan berbayar, seperti iklan pay per click dan pemasaran afiliasi berbayar atau sponsored content. Konten website Anda sebagai landing page adalah tulang punggung dari iklan yang dipasang karena akan mempengaruhi relevansi iklan.

Jenis Konten Yang Paling Banyak Mendapatkan Organic Traffic

Setelah memahami istilah traffic, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas jenis konten apa saja yang paling banyak mendapatkan organic traffic sehingga bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan digital marketing SEO. Berikut adalah beberapa jenis konten yang menurut Digital Agency Jakarta paling banyak mendapatkan organic traffic.

1. Konten yang Menyajikan Kutipan dan Hasil Wawancara

Jika Anda ingin memanfaatkan organic traffic untuk digital marketing SEO Anda, maka pertama-tama Anda harus lebih dulu mengerti mengenai jenis konten apa saja yang dapat menghasilkan banyak trafik tersebut. Konten pertama yang dapat menghasilkan banyak organic traffic adalah konten yang menyajikan kutipan dan juga hasil wawancara. Seperti yang Anda ketahui bahwa banyak orang yang ingin mempelajari sesuatu dari orang yang berpengaruh misalnya saja profesional di bidang industri atau para pemimpin yang memiliki banyak pengalaman. 

Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, kemudian menambahkan kutipan atau hasil wawancara dari orang yang berpengaruh yang relevan dengan isi konten Anda. Hal seperti ini akan membantu audience untuk mendapatkan kesadaran terhadap brand Anda dan dapat meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda. 

2. Konten Berdasarkan Data

Melansir dari Blog HubSpot, organic traffic juga berasal dari media sosial yang menampilkan statistik dari tokoh industri terbaru. Sekarang ini banyak orang yang suka berbagi, menautkan dan membaca mengenai data-data terbaru yang berhubungan dengan karier, industri atau kehidupan pribadi mereka. 

Anda juga bisa membuat konten berbasis data yang Anda kaitkan dengan tren industri terbaru secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan data seperti statistik, perbandingan data seperti misalnya mengenai membandingkan pola konsumsi Millennial vs Gen Z, atau hal semacam itu. Dengan membuat konten seperti ini maka dapat membantu meningkatkan organic traffic pada website Anda. 

3. Konten Berdasarkan Tren yang Muncul

Sebagai Digital Agency Jakarta, kami mengetahui bahwa materi konten ini sangat penting untuk meningkatkan traffic di website. Salah satu jenis konten yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengunjung ke website Anda adalah konten yang dibuat berdasarkan tren yang muncul. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini masyarakat selalu ingin up to date dengan tren yang berkembang. Karena itulah Anda harus berusaha untuk memproduksi konten yang relevan dengan tren namun tetap sesuai dengan industri Anda sehingga dapat menarik audience dari email, media sosial, dan referral traffic. 

Dengan membuat konten berdasarkan tren terbaru yang muncul maka dapat membantu Anda untuk mengetahui kata kunci terbaru yang tidak terlalu kompetitif. Membuat konten berdasarkan tren yang sedang berkembang merupakan salah satu strategi digital marketing yang sangat bagus. 

4. Konten yang Menyajikan Tutorial

Konten yang menyajikan tutorial atau langkah-langkah melakukan sesuatu dapat meningkatkan traffic organic dengan sangat baik. Anda bisa memasukkan konten dengan jenis tutorial ketika membuat strategi content marketing, namun hal yang harus Anda ingat adalah Anda harus membuat konten yang berkaitan dengan bisnis Anda. Sehingga selain menawarkan konten yang dibutuhkan audiens, Anda juga mengenalkan brand atau bisnis Anda kepada mereka. 

Itulah 4 jenis konten yang paling banyak mendapatkan organic traffic untuk website Anda. Jika merasa kebingungan membuat SEO dan mengurus konten bisnis Anda, hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo