Editing Instagram Reels: Sebuah Fitur Agar Konten Lebih Memikat

editing-instagram-reels

Editing Instagram Reels merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh content creator saat ini. Fitur Reels yang dikembangkan oleh Instagram sejak bulan Agustus 2020 lalu dirilis sebagai fitur tambahan atau fitur add-on dari Instagram Story, yang akrab disebut Instastory.

Fitur ini memiliki konsep yang mirip, jika tidak mau disebut sama dengan TikTok, yaitu menyajikan konten video vertikal dengan durasi kurang dari satu menit. Editing Instagram Reels sebenarnya mirip dengan TikTok, yang sejak awal memang dianggap sebagai salah satu media sosial pesaing berat Instagram pada tahun itu. Bahkan hingga sekarang, kedua media sosial ini sama-sama sedang bersaing mencapai tingkat popularitas tertinggi untuk kategori media sosial.

Sebenarnya, info perilisan Reels oleh Instagram sudah terdengar sejak November 2019. Pengumuman ini disampaikan secara resmi oleh CEO Instagram saat itu, Adam Mosseri. Pada bulan tersebut, Reels tidak langsung dirilis secara resmi ke seluruh negara. Target pasar yang paling pertama disasar oleh Instagram adalah masyarakat Brazil, sehingga Reels juga pertama kali dirilis di sana.

Di Brazil, Reels dikenal dengan nama Cenas. Setelah Brazil, Reels kemudian dirilis di Perancis dan Jerman pada bulan Desember 2019. Memasuki tahun 2020, Reels memperluas pasarnya ke India yang dilanjutkan dengan perilisan resmi di 50 negara pada Agustus 2020, termasuk di Indonesia.

Respon yang baik dari para pengguna Instagram terhadap Reels membuat fitur yang satu ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Di usia yang masih sangat muda, Reels sudah memiliki pengguna harian aktif sebanyak 100 juta pengguna hanya di India. Jumlah unduhan aplikasi Instagram pun meningkat sebesar 11,4% di India berkat rilisnya Reels.

Selain dari jumlah penggunanya, peningkatan pesat fitur Reels juga dapat dilihat dari perkembangan fungsi Reels. Saat ini, Reels menjadi salah satu bentuk konten marketing yang unik, fresh, dan berbeda dengan konten lainnya. Beberapa fitur editing Instagram Reels mengadopsi fitur editing yang dimiliki oleh Instastory. Berikut ini fitur editing yang membuat konten Reels Anda lebih hidup, dan tentunya lebih engaging.

Fitur Editing Instagram Reels

1. Menambahkan Efek Augmented Reality (AR)

Efek Augmented Reality mengubah konten Anda menjadi lebih hidup dengan memberi efek yang bisa mengubah latar, wajah, hingga menghadirkan tokoh tertentu ke dalam konten Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan efek Ripple untuk terlihat berada di dalam air atau efek Disco Glow untuk membuat Anda seolah-olah berada di club.

Masih banyak efek AR lainnya yang dapat Anda coba, baik efek resmi dari Instagram maupun buatan para user Instagram.

2. Menambahkan Align Tools

Align tool ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang berbisnis fashion yang ingin menjadikan Reels sebagai katalog digital. Dengan align tool ini, Anda dapat menampilkan beberapa pakaian dalam satu konten Reels sekaligus dan dengan waktu sesingkat mungkin. Align tool ini akan membantu Anda untuk memberikan transisi yang halus pada setiap pakaian yang Anda sedang tampilkan.

3. Menggunakan Efek Transisi

Efek transisi ini dapat memberikan perpindahan yang halus antar klip dari konten Reels Anda. Walaupun efek transisi ini sudah lama dirilis oleh Instagram, namun dalam Reels efek ini dapat digunakan lebih maksimal.

4. Mengatur Kecepatan Video

Jika Anda sedang memikirkan untuk membuat video slow motion, maka Anda dapat memberikan efek slow motion pada video Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat video time-lapse dengan mempercepat video. Pengaturan ini sangat beragam, Anda dapat mengatur kecepatan Anda dari 1× (normal), 2×, 3×, 4×, dan 5×.

5. Menyematkan Musik

Mirip dengan TikTok, salah satu penilaian algoritma yang menentukan keviralan suatu video adalah musik yang disematkan pada konten tersebut. Jika Anda menggunakan musik yang sedang populer untuk video Anda, semakin besar kemungkinan konten Anda menjadi viral. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan engagement video Anda, tambahkan musik dari Instagram Music yang sedang trending.

Itulah lima fitur editing yang membuat konten Reels Anda lebih hidup dan engaging. Dengan menciptakan konten yang engaging, audience juga semakin banyak yang tertarik menonton konten Anda. Jika semakin banyak audience menonton konten Anda, semakin banyak yang mengetahui usaha Anda dan tentunya membuat tingkat keberhasilan digital marketing menjadi lebih tinggi.

Siap untuk mulai meningkatkan kualitas konten marketing Anda dengan editing Instagram Reels? Maksimalkan social media marketing untuk bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo