Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

direct marketing adalah

Direct marketing adalah bagaimana Anda menciptakan kontak langsung dengan para pelanggan dan potensial dalam melakukan suatu promosi produk maupun layanan. Penerapannya untuk mencapai tujuan secara lebih spesifik dan mampu memberikan pesan pribadi dengan teknik direct marketing.

Berinteraksi secara langsung dengan pelanggan menjadi hal yang penting dilakukan. Banyak orang memilih strategi ini karena dianggap paling praktis dan efektif. Untuk mengetahui secara lebih jelas, Anda simak penjelasan berikut terkait direct marketing.

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Anda dapat mengenalkan produk atau jasa secara langsung ke calon pembeli tanpa perantara, seperti iklan di media.

Pada penerapannya, direct marketing memungkinkan Anda untuk lebih tertarget dalam menyampaikan pesan promosi. Anda bisa memilih target audience yang paling mungkin tertarik dengan produk atau brand

Selain itu, Anda juga bisa langsung berinteraksi dengan calon pembeli untuk menjawab pertanyaan dan mengatasi keberatan mereka. Direct marketing tidak melibatkan pihak ketiga sehingga Anda langsung menerima respon dari pelanggan. Anda akan menyampaikan pesan maupun promosi penjualan melalui surat, media sosial, hingga telepon.

Walaupun jumlah komunikasi yang dikirimkan sangat besar, namun Anda dapat melakukan personalisasi pesan melalui direct marketing. Misalnya dengan mencantumkan nama penerima pesan yang akan cukup strategis untuk meningkatkan personalisasi dan membentuk keterlibatan.

Manfaat Direct Marketing untuk Bisnis

Menerapkan teknik direct marketing dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi bisnis, yaitu sebagai berikut.

1. Lebih Hemat Biaya

Dibandingkan dengan iklan di media massa yang bersifat luas, direct marketing memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada target konsumen yang spesifik. Dengan begitu, biaya promosi bisa ditekan menjadi lebih efisien.

2. Jangkauan Pelanggan Luas

Melalui berbagai media yang digunakan, seperti email dan SMS, direct marketing bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli dengan cepat. Bahkan, Anda bisa menargetkan konsumen di wilayah tertentu atau yang memiliki minat tertentu.

3. Personalisasi dan Loyalitas Pelanggan

Direct marketing yang terpersonalisasi bisa membuat pelanggan merasa lebih dihargai. Anda bisa memberikan penawaran khusus atau konten yang relevan dengan kebutuhan mereka. Hal ini bisa membantu membangun hubungan yang lebih baik dan mendorong pembelian berulang.

4. Pengukuran Hasil yang Akurat

Keuntungan lain dari direct marketing adalah kemudahan dalam mengukur performanya. Anda bisa melacak berapa banyak orang yang membuka email Anda, mengklik link yang disertakan, atau melakukan pembelian setelah menerima pesan promosi. Dengan data tersebut, Anda bisa menyempurnakan strategi direct marketing agar lebih efektif.

5. Penyampaian Pesan yang Cepat 

Dengan direct marketing, Anda dapat mengirimkan pesan promosi atau penawaran langsung kepada konsumen dengan cepat. Hal ini memungkinkan respons yang lebih instan dan hasil yang lebih cepat terlihat.

6. Peningkatan Penjualan dan Konversi

Direct marketing dapat membantu meningkatkan penjualan, konversi, dan loyalitas pelanggan. Hal tersebut bisa dicapai dengan targeting yang tepat, personalisasi pesan, dan pengukuran kinerja yang akurat.

Keuntungan Direct Marketing untuk Pembeli

Manfaat direct marketing juga dapat dirasakan oleh pembeli. Salah satunya yaitu bentuknya yang cenderung bersifat pribadi, sehingga pelanggan dapat dengan leluasa memilih produk yang sesuai.

Selain itu, pembeli tidak perlu menghadapi kebisingan tawar menawar. Dengan begitu, kenyamanan pembeli tetap terjamin tanpa memikirkan lahan parkir, kemacetan, hingga mencari produk sendiri ke penjuru toko.

Hanya dengan cukup diam di rumah serta menjelajahi internet, maka pelanggan bisa mendapatkan katalog produk dan membandingkan harga sesuka hati. Pelanggan pun bisa mendapat informasi produk paling lengkap karena jangkauannya semakin luas tidak terbatas waktu, ruang, maupun jarak.

Kemudahan lain yang pelanggan dapatkan dari direct marketing adalah peluang memilih produk yang tepat dengan berbagai macam kebutuhan. Pelanggan juga mudah membandingkan kualitas maupun harga, lalu membeli barang dengan standar yang mereka butuhkan.

Dengan bantuan teknologi, pelanggan dapat memilih produk maupun berbelanja secara efektif kapanpun ia menginginkannya. Direct marketing yang bersifat interaktif membuat pelanggan dapat memesan produk secara langsung tanpa menunggu waktu lagi.

Jenis-jenis Direct Marketing

Terdapat berbagai jenis direct marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Direct Mail

Jenis pertama adalah direct mail, metode direct marketing klasik yang menggunakan pengiriman materi promosi fisik. Pengirimannya dilakukan melalui pos atau metode pengiriman offline lainnya. Contohnya seperti brosur, katalog produk, atau surat penawaran.

2. Email marketing

Di era digital, email marketing menjadi salah satu jenis direct marketing yang paling populer. Anda bisa mengirimkan email berisi informasi produk, penawaran menarik, atau konten bermanfaat kepada target audience.

Penawaran email ini dikirim kepada beberapa daftar target market yang sudah dibuat sebelumnya. Umumnya email dibuat secara menarik dari segi desain, visual, huruf, dan menjadi konten yang menarik perhatian calon pembeli.

3. Telemarketing

Jenis direct marketing selanjutnya adalah telemarketing, yaitu promosi penjualan melalui telepon. Penelepon biasanya menawarkan produk atau jasa secara langsung kepada calon pembeli.

4. Social Media Marketing

Meskipun umumnya digunakan untuk membangun brand awareness, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk direct marketing. Anda bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli melalui komentar atau pesan pribadi dan memberikan konten yang menarik bagi mereka.

5. SMS Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah SMS marketing, yaitu pengiriman pesan singkat berisi promosi atau penawaran. Cara ini dinilai efektif karena kebanyakan orang selalu membawa dan membaca pesan di ponsel mereka.

SMS marketing biasanya berbentuk promosi pesan singkat berupa penawaran diskon produk dalam waktu pendek, seperti promo buy 1 get 1, pay 1 for 2, dan lainnya. Jenis ini dianggap sebagai bentuk promosi mobile friendly karena menyasar berbagai kalangan, termasuk semua orang yang tidak menggunakan smartphone.

6. Catalog Marketing

Jenis direct marketing selanjutnya adalah catalog marketing, yang biasanya digunakan untuk menampilkan produk secara detail dalam bentuk katalog. Katalog bisa dikirimkan secara fisik atau diakses secara online.

7. Direct Selling

Selanjutnya ada direct selling atau penjualan langsung, yaitu jenis yang melibatkan interaksi tatap muka antara penjual dan pembeli. Penjual biasanya menjelaskan produk atau jasa secara langsung dan bisa menjawab pertanyaan calon pembeli dengan lebih detail.

8. Video Direct Marketing

Terakhir ada video direct marketing, yaitu penggunaan video untuk mengirimkan pesan promosi atau informasi langsung kepada konsumen. Video direct marketing dapat digunakan dalam email, situs web, atau media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Maksimalkan Penjualan Bersama BigEvo Digital Agency

Strategi direct marketing memang merupakan salah satu cara untuk bisa mempromosikan produk dan mengembangkan bisnis. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan strategi digital lainnya dari agensi terpercaya seperti BigEvo.

Bersama BigEvo, Anda dapat memaksimalkan pemasaran dan mencapai target-target bisnis yang diharapkan. Beberapa layanan digital yang bisa Anda akses melalui BigEvo adalah Social Media Management, Digital Ads, Programmatic Ads, SEO Optimization, Live Streaming, dan masih banyak lagi.

Jangan ragu untuk mendiskusikan strategi digital seperti direct marketing dan strategi lainnya bersama tim profesional kami. Maksimalkan pemasaran produk sekaligus brand Anda bersama BigEvo Digital Agency. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda. 



Share:



Waspada dan Verifikasi Terhadap Penipuan Mengatasnamakan BigEvo
Sehubungan dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan berbagai agensi, PT. Orange Global, perusahaan yang menaungi BigEvo dengan layanan Digital Ma ...
by Izza  |  28 Aug 2024
Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, dan Cara Menerapkannya
Integrated marketing communication (IMC) adalah strategi yang mengintegrasikan berbagai elemen agar menyampaikan pesan yang konsisten dan terpadu. ...
by Izza  |  11 Jun 2024
Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
    Whatsapp BigEvo