Differentiated Marketing: Pengertian dan Kelebihannya untuk Bisnis

differentiated marketing

Differentiated marketing dan strateginya dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Namun konsepnya belum begitu familiar, meskipun sudah ada beberapa brand yang menerapkannya. Lalu apa itu differentiated marketing? Dan apa contoh strateginya?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan Anda temukan pada pembahasan ini. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Memahami Differentiated Marketing 

Differentiated marketing adalah strategi pemasaran dimana pebisnis menyasar dua atau lebih target pasar. Jadi strategi pemasaran yang dibuat pun menyesuaikan target pasar tersebut, bisa dua atau bahkan lebih. Hal ini bertujuan untuk dapat menyasar target pasar dengan lebih tepat dan meningkatkan angka penjualan serta bisnis secara keseluruhan.

Penerapan strategi marketing ini bisa dengan menyediakan produk yang berbeda sesuai dengan target pasar tertentu. Atau bisa juga dengan membuat strategi pemasaran yang berbeda pada tiap target pasar, namun produk yang ditawarkan tetap sama. Intinya, Anda membuat perbedaan yang menargetkan pasar tertentu secara khusus.

Mengapa begitu? Karena dengan pemasaran yang lebih khusus, Anda bisa menyasar target pasar dengan lebih baik. Cakupan Anda tidak terlalu lebar dan malah tidak fokus kepada calon pembeli potensial saja. Kalau sudah begitu, kegiatan pemasaran yang dilakukan pun bisa jadi tidak berjalan dengan efektif.

Contoh Differentiated Marketing

Karena differentiated marketing adalah salah satu strategi yang dapat membantu perkembangan bisnis, Anda perlu memahaminya dengan lebih mendalam. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa mengetahui bagaimana contoh penerapan differentiated marketing dalam bisnis.

Apakah Anda pernah mengunjungi restoran cepat saji McDonald? Disana ada berbagai produk yang memiliki sasaran pasar yang berbeda-beda,  meskipun jenisnya sama yaitu makanan dan minuman. Makanannya pun kurang lebih sama, yaitu ayam goreng. Namun McDonald mengemasnya dengan paket khusus anak, paket sarapan, dan lain sebagainya.

Masing-masing paket makanan ini memiliki target pasarnya sendiri, yang berpengaruh kepada bagaimana nada pesan pada kegiatan promosinya. Jika Anda perhatikan, promosi pada paket khusus anak Happy Meal berbeda dengan paket sarapan atau Breakfast. Hal ini salah satunya bertujuan untuk dapat menyasar pasarnya dengan lebih baik.

Ada banyak contoh penerapan differentiated marketing yang bisa Anda temukan dalam berbagai industri. Intinya, strategi ini menerapkan perbedaan dalam konsep pemasaran tergantung dengan target pasar yang mereka tuju. Pebisnis membuat beberapa target pasar agar bisa dibidik dengan lebih fokus dan efektif.

Kelebihan Differentiated Marketing

Setelah memahami konsep dan contoh differentiated marketing, selanjutnya kita akan mengulas apa saja kelebihannya. Seperti strategi pemasaran lainnya, strategi marketing yang satu ini juga memiliki kelebihannya tersendiri. Berikut beberapa kelebihan differentiated marketing yang bisa Anda dapatkan.

Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Salah satu keunggulan dari penerapan differentiated marketing adalah Anda dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, konsumen sangat beragam dan kebutuhannya pun berbeda-beda. Dengan membagi target pasar dan memfokuskan pemasaran, Anda bisa memenuhi kebutuhan masing-masing konsumen.

Meningkatkan Jangkauan Target Pasar

Kelebihan selanjutnya adalah meningkatkan jangkauan target pasar dan jumlahnya bisa menjadi lebih banyak. Melalui differentiated marketing, Anda bisa menemukan target pasar yang tadinya mungkin luput dari pemasaran awal. 

Di proses pemasaran yang biasa, target pasar Anda mungkin terlalu luas dan tidak bisa Anda bidik dengan efektif. Namun dengan memfokuskan pada pasar tertentu, secara jumlah audience Anda justru bisa bertambah. Karena lebih fokus, kegiatan pemasaran yang dilakukan pun bisa lebih efektif dan efisien.

Meningkatkan Penjualan Produk

Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen dan meningkatnya pasar, maka penjualan produk juga dapat mengalami peningkatan. Hal ini juga yang menjadi salah satu tujuan utama dalam penerapan differentiated marketing.

Menjadikan Perusahaan Lebih Kompetitif

Penerapan differentiated marketing dapat membuat perusahaan, brand, atau bisnis Anda menjadi lebih kompetitif. Target pasar yang meningkat, angka penjualan bertambah, dan kebutuhan konsumen yang terpenuhi menandakan bahwa perusahaan Anda kompetitif. Terlebih jika kompetitor Anda tidak menggunakan strategi yang sama dan banyak target pasar yang luput dari mereka.

Strategi Differentiated Marketing untuk Bisnis

Setelah memahami konsep differentiated marketing dan kelebihannya, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana strateginya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam menggunakan strategi differentiated marketing.

Menentukan dan Membagi Target Audience

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target audience untuk produk dan membaginya. Anda bisa membagi target pasar sesuai dengan produk-produk yang ada di perusahaan, seperti pada contoh McDonald tadi. Namun Anda juga bisa membagi beberapa target pasar untuk satu produk saja.

Misalnya produk Anda adalah kopi di sebuah kafe. Anda bisa membagi target pasar menjadi beberapa, seperti kalangan pelajar dan mahasiswa, pekerja kantoran, dan orangtua muda. Masing-masing target pasar ini nantinya akan memiliki strategi pemasarannya sendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Menganalisis Kebutuhan Target Audience

Setelah membagi target pasar untuk produk Anda, selanjutnya Anda perlu melakukan analisis terhadap kebutuhan masing-masing dari mereka. Jika melanjutkan dari contoh sebelumnya misalnya, kebutuhan pelajar dan mahasiswa pasti berbeda dengan pegawai kantoran. Begitu juga dengan kebutuhan pasangan muda terhadap produk kopi Anda.

Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga perlu menyediakan kebutuhan mereka. Pada produk kopi, yang dibutuhkan biasanya tidak hanya sekadar minuman fisik berupa kopinya. Namun juga aspek emosional yang tidak kasat mata, seperti tempat nongkrong di kafe dan gaya hidup. 

Membuat Program dan Penawaran Khusus

Langkah selanjutnya adalah membuat program dan penawaran atau promosi khusus untuk masing-masing audience Anda. Promosi untuk pelajar dan mahasiswa mungkin berbeda dengan materi promosi yang Anda buat untuk pegawai dan orangtua muda. Pembuatan promosi ini lagi-lagi mengacu pada kebutuhan mereka yang telah Anda analisis sebelumnya.

Misalnya untuk pelajar dan mahasiswa, Anda bisa membuat penawaran yang menyentuh sisi harga seperti promo dan harga spesial. Lalu untuk pegawai, Anda bisa mengulas aspek gaya hidup. Begitu juga untuk orangtua muda, Anda dapat mengangkat kafe Anda sebagai tempat bersantai yang nyaman.

Membuat Rencana Kegiatan Promosi

Strategi differentiated marketing yang terakhir adalah membuat rencana kegiatan promosi yang akan dilakukan. Yang tadinya masih berupa program dan penawaran, Anda bisa menuangkannya dalam kegiatan promosi yang nyata. Pada tahap ini, Anda juga sekaligus menerapkan rencana dari kegiatan promosi tersebut dengan sebaik mungkin.

Untuk penerapan strategi promosi yang lebih optimal, Anda dapat memanfaatkan jasa profesional dari agensi terpercaya. Seperti BigEvo Digital Agency, yang telah berpengalaman dalam penerapan strategi digital. Sudah banyak brand yang mempercayakan implementasi strategi digital dan meraih tujuan bisnis bersama BigEvo.

Melalui BigEvo, Anda bisa menggunakan berbagai layanan digital untuk mengembangkan bisnis. Seperti dengan membuat website atau Website Development, SEO Optimization, Social Media Marketing, KOL Marketing, Digital Advertising, dan masih banyak lagi.

Terapkan differentiated marketing dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda bersama BigEvo. Hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk informasi dan diskusi lebih lanjut. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Cara Memasarkan Bisnis Bagi UMKM Melalui Strategi Digital
Simak apa saja manfaat dan bagaimana cara memasarkan bisnis bagi UMKM di ranah digital dengan efektif, mulai dari penggunaan web sampai media sosial. ...
by Izza  |  25 Mar 2024
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner UMKM
Simak bagaimana peranan penting promosi dalam bisnis kuliner UMKM dan strategi apa saja yang dapat diterapkan, termasuk penggunaan media sosial.   ...
by Izza  |  20 Feb 2024
TikTok Shop: Cara Berjualan, Jenis Iklan, dan Tips Jualan Agar Laku
Pahami bagaimana cara berjualan di TikTok Shop, apa saja jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, dan tips agar produk yang dijual laku. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
    Whatsapp BigEvo