Mengapa Bisnis Memerlukan Creative Marketing Agency?

creative-marketing-agency

Apa Itu Creative Marketing?

Sesuai dengan namanya, konsep creative marketing terdiri dari istilah creative dan marketing. Ini berarti kegiatan pemasaran (marketing) yang dilakukan dengan cara-cara yang kreatif (creative). Makna kreatif sendiri sangat luas dan bisa berbeda-beda sesuai dengan bagaimana persepsi masing-masing.

Namun dalam ranah marketing, Anda perlu menerapkan pemasaran kreatif yang dapat menyasar audiens dengan tepat. Bukan semata membuat konten kreatif, namun pastikan kalau audiens Anda akan memahami pesan yang ingin disampaikan.

Inilah salah satu hal yang membuat pemasaran kreatif tidak mudah untuk diterapkan. Anda harus menciptakan ide-ide kreatif yang bisa menarik audiens, bahkan kalau bisa yang belum ada sebelumnya. Tapi di sisi lain, Anda juga harus membuat ide tersebut bisa diterima oleh audiens.

Manfaat Creative Marketing untuk Bisnis

Walaupun tidak mudah, pemasaran kreatif tetap dipilih oleh banyak orang sebagai strategi bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari creative marketing, yaitu sebagai berikut.

Menjalin Interaksi dengan Audiens

Manfaat pemasaran kreatif yang pertama adalah membantu Anda menjalin komunikasi yang interaktif dengan audiens. Ketika Anda membuat konten pemasaran yang kreatif, audiens akan mudah tertarik. Dengan begitu, interaksi pun terjadi antara audiens dengan brand atau produk Anda.

Bentuk interaksi dengan audiens ini bisa beragam, dari yang paling sederhana sampai mengarah pada leads atau konversi. Misalnya audiens yang menyukai dan memberi komentar pada postingan Anda di media sosial. 

Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan salah satu elemen yang penting dalam perkembangan bisnis, baik bisnis baru maupun yang sudah berjalan. Penerapan strategi pemasaran kreatif akan sangat membantu dalam membantu serta meningkatkan brand awareness.

Mengapa begitu? Karena ketika Anda membuat konten yang kreatif dan menarik minat banyak orang, nama brand atau produk pun mulai dikenal.

Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Manfaat pemasaran kreatif yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan konversi dan tingkat penjualan. Konversi ini bentuknya bisa beragam, seperti leads ke website perusahaan atau berlangganan email.

Anda juga dapat meningkatkan angka penjualan dengan mengandalkan strategi pemasaran kreatif. Kegiatan promosi yang kreatif akan mempengaruhi calon konsumen dalam membuat keputusan pembelian terhadap produk Anda.

Mendapat dan Mempertahankan Konsumen

Bentuk promosi kreatif merupakan salah satu cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Ketika sebuah kegiatan promosi kreatif menarik audiens, bukan tidak mungkin mereka akan tergugah dan menjadi konsumen Anda.

Selain konsumen baru, pemasaran kreatif juga dapat membantu Anda dalam mempertahankan konsumen yang sudah ada. Anda bisa membangun loyalitas konsumen melalui strategi pemasaran yang kreatif dan tentunya konsisten.

BACA JUGA: MENGENAL TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB CREATIVE DESIGN

Cara Menaikkan Kreativitas dalam Pemasaran Online

Dunia kreatif merupakan dunia yang terus bergerak dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Tak hanya itu, minat audiens juga menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada ranah pemasaran kreatif.

Untuk dapat membuat strategi pemasaran online yang kreatif, Anda perlu menerapkan cara-cara berikut.

Sering Memantau Media Sosial

Satu hal yang penting dalam pembuatan strategi kreatif: ide, ide, dan ide.

Mencari ide memang bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi menyesuaikannya dengan pesan brand. Untuk mendapatkan ide yang kreatif, sebaiknya Anda sering memantau media sosial dan mengikuti tren yang ada di dalamnya.

Riset Minat dan Kebutuhan Audiens

Selain tren media sosial, Anda juga dapat melakukan riset untuk mengetahui apa minat dan kebutuhan audiens. Hal ini penting agar Anda bisa menyesuaikan antara tren yang ada, minat dan kebutuhan audiens, serta pesan pemasaran.

Memperhatikan customer experience juga dapat menjadi cara untuk membuat strategi pemasaran yang tepat. Dengan begitu, konten Anda tidak hanya kreatif namun juga bisa menyentuh aspek pengalaman konsumen dengan baik.

Buat Konten yang Unik dan Menonjol

Agar audiens tertarik dengan apa yang Anda sampaikan, buatlah konten yang unik dan menonjol. Misalnya dengan membuat karakter brand yang mudah dikenali oleh audiens. Anda juga dapat membuat konten animasi yang khas dan dapat menarik minat audiens.

Kenapa Bisnis Memerlukan Agency Creative Marketing?

Seperti yang sudah dijelaskan, menerapkan creative marketing akan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Meski begitu, strategi pemasaran kreatif sangat bisa menjadi andalan untuk mengembangkan bisnis. 

Kalau Anda hanya melakukan pemasaran dan kegiatan promosi seperti biasa, kemungkinan orang tidak akan tertarik. Padahal ada banyak kompetitor yang siap merebut konsumen Anda dengan konten dan promosi yang menarik.

Agar strategi pemasaran bisa menyasar audiens dengan tepat, sebaiknya Anda memanfaatkan jasa profesional dari BigEvo - Agency Creative Marketing. Dengan tim profesional yang handal dalam menyusun strategi digital yang kreatif, BigEvo siap membantu Anda dalam mencapai target bisnis. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



5 Cara Jualan Online, Dulang Cuan Jadi Makin Mudah
Ini dia 5 cara jualan online yang ampuh agar bisnis Anda bisa mendulang cuan dengan mudah di era digital seperti sekarang. Baca selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
7 Strategi Promosi UKM untuk Berkembang dan Sukses di Pasaran
Temukan apa saja strategi promosi UKM yang dapat membantu untuk berkembang dan sukses pada era digital seperti sekarang ini. Selengkapnya di sini. ...
by Izza  |  27 Dec 2023
5 Jenis Iklan untuk UMKM Agar Sukses di Era Digital
Penggunaan iklan untuk UMKM memiliki peranan penting agar bisnis Anda bisa berkembang & sukses di era digital. Simak apa saja jenis-jenisnya di sini. ...
by Izza  |  15 Dec 2023
    Whatsapp BigEvo