Contoh Advertisement: Produk Makanan, Minuman, Skincare, dan Lain Sebagainya

contoh advertisement

Anda tentu sudah mengenal advertisement, sebuah strategi marketing yang peranannya sangat penting. Dikenal juga dengan istilah iklan, banyak pemasar yang menggunakan strategi ini untuk mempromosikan produknya. Karena itu, contoh advertisement sering menjadi acuan saat hendak membuat iklan yang menarik dan efektif.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih jauh tentang iklan dan apa saja contoh-contohnya. Simak selengkapnya sampai selesai, ya!

Cara Membuat Iklan yang Efektif dan Menarik

Sebelum mengulas apa saja contoh advertisement, kita akan membahas apa itu iklan dan cara membuatnya. Advertisement, yang dalam Bahasa Indonesia disebut iklan, adalah pesan yang dibuat untuk mempromosikan sesuatu kepada audiens.  

Tujuan utama iklan adalah untuk menarik perhatian audiens dan membuat mereka ingin tahu lebih lanjut tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya dibuat dengan cara yang kreatif dan menarik, menggunakan gambar, video, suara, atau teks.  Penempatan iklan bisa pada berbagai media, seperti televisi, radio, koran, majalah, internet, atau di tempat-tempat umum.

Singkatnya, iklan adalah salah satu cara penting yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Membuat iklan yang menarik dan tepat sasaran membutuhkan perencanaan dan usaha yang matang. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat iklan yang menarik sekaligus efektif.

1. Pahami Tujuan Iklan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami tujuan iklan yang akan dibuat. Apa yang ingin Anda capai dengan iklan tersebut? Misalnya, Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, atau meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, Anda dapat mulai menyusun strategi iklan.

2. Kenali Audiens

Selanjutnya, Anda perlu memahami siapa audiens dari produk atau brand. Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka inginkan? Apa yang membuat mereka tertarik? Siapa yang ingin Anda jangkau dengan iklan Anda? Apa usia mereka, jenis kelamin, minat, dan kebutuhan mereka?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda membuat iklan yang relevan dan menarik bagi audiens. Semakin Anda memahami audiens, semakin baik Anda dapat membuat iklan yang relevan dengan mereka.

3. Pilih Platform Iklan yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih platform yang tepat untuk memasang iklan dengan menyesuaikan audiens. Anda bisa memulainya dari pertanyaan-pertanyaan berikut: Di mana audiens Anda menghabiskan waktu mereka? Apakah mereka di media sosial, menonton televisi, atau membaca berita online?

Dari pertanyaan tersebut, Anda akan menemukan jawaban untuk pemilihan platform iklan yang sesuai dengan audiens..

4. Buat Pesan yang Jelas dan Menarik

Setiap iklan harus memiliki pesan yang jelas dan mudah dipahami. Apakah Anda ingin audiens membeli produk, mencoba layanan, atau mengambil tindakan lainnya? Pastikan pesan ini jelas dalam iklan Anda.

Selain itu, iklan Anda harus menarik perhatian audiens dan membuat mereka ingin tahu lebih lanjut. Anda dapat menggunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan persuasif untuk mencapai tujuan tersebut. Anda juga dapat menggunakan gambar, video, atau suara untuk membuat iklan Anda lebih menarik.

5. Sertakan Ajakan Bertindak yang Jelas

Setiap iklan harus memiliki call to action atau ajakan untuk bertindak. Ajakan adalah instruksi yang jelas yang memberitahu audiens apa yang harus mereka lakukan setelah melihat iklan Anda. Untuk itu, sertakan ajakan bertindak yang jelas dan ringkas di iklan Anda.

5 Contoh Advertisement

Setelah memahami bagaimana cara membuat iklan yang menarik, selanjutnya kita akan mengulas contoh-contohnya. Berikut beberapa contoh advertisement dari berbagai produk dan industri.

1. Contoh Advertisement Produk Makanan: Indomie

(Sumber gambar)

Contoh yang pertama adalah produk Indomie dengan varian Mi Goreng Aceh, Mi Goreng Ayam Geprek, dan Mi Goreng Rendang. Ketiga varian ini dikemas dengan tagline “Siap Isi Semangatmu!” yang didukung dengan visual atlet. 

Dari perpaduan visual dan tagline tersebut, dapat terlihat bahwa iklan di atas ditujukan untuk anak muda. Lebih tepatnya, varian-varian Indomie tersebut menyasar audiens muda yang aktif dan bersemangat dalam aktivitas hariannya.

2. Contoh Iklan Produk Minuman: Teh Pucuk

(Sumber gambar)

Contoh advertisement yang selanjutnya adalah iklan produk minuman Teh Pucuk Harum. Iklan tersebut cukup sederhana, namun menampilkan keunggulannya yang khas. Tagline “Rasa teh terbaik ada di pucuknya” menjadi khas yang dimiliki oleh produk Teh Pucuk Harum.

Selain itu, dari segi visual juga mendukung pesan yang disampaikan tagline tersebut. Produk Teh Pucuk Harum diletakkan di bagian atas pucuk teh, seolah menegaskan apa yang tertulis dalam tagline. Warna hijau daun teh menunjukkan kesegaran yang dapat menggugah audiens untuk mencoba produk tersebut.

3. Contoh Advertisement Skincare: Safi

(Sumber gambar)

Contoh advertisement selanjutnya adalah produk skincare dari brand Safi. Pada iklan di atas, ditampilkan produk skincare dengan mencantumkan apa manfaatnya. Iklan tersebut memberikan janji untuk mendapatkan kulit yang lebih baik dalam 5 hari.

Manfaat atau janji yang diberikan sebuah produk memang sering digunakan dalam iklan, terutama produk kosmetik atau skincare. Audiens akan lebih tertarik pada produk yang dapat memberikan solusi dari masalah mereka dan apa yang akan mereka dapat dari penggunaan produk tersebut.

4. Contoh Advertisement Produk Sabun: Biore

(Sumber gambar)

Contoh selanjutnya adalah iklan sabun Biore Guard yang membawa tagline “Usir Kuman dan Jaga Ketahanan Kulit.” Pada visualnya, terlihat seorang pahlawan yang sedang melawan kuman-kuman dan ada sebuah keluarga di belakangnya. Iklan tersebut menunjukkan bahwa produk sabun Biore merupakan penjaga kesehatan keluarga.

Dari iklan tersebut, dapat disimpulkan bahwa target audience produk Biore Guard adalah keluarga. Lebih tepatnya, mereka menyasar pengambil keputusan dalam keluarga untuk pemilihan produk harian yaitu para ibu. Iklan ini bertujuan untuk mendapat kepercayaan dari para ibu agar dipilih dan digunakan untuk keluarga.

 

5. Contoh Iklan Layanan Perjalanan: Traveloka

(Sumber gambar)

Contoh yang terakhir adalah iklan dari layanan perjalanan, Traveloka. Pada iklan tersebut, kita dapat melihat apa saja yang ditawarkan oleh Traveloka. Beberapa di antaranya adalah hotel, penerbangan, dan tujuan wisata untuk menemani perjalanan.

Tak hanya itu, iklan ini menampilkan aspek visual yang terkesan bebas dan cerah sehingga orang akan bersemangat untuk bepergian. Dengan tagline “Follow Your Way”, iklan ini seolah mendorong audiens untuk melakukan perjalanan dengan berbagai layanan yang mereka tawarkan.

Gunakan Agensi Profesional untuk Membuat Iklan Menarik

Membuat iklan yang efektif sekaligus menarik memang bukan menjadi tugas yang mudah. Diperlukan strategi yang matang dan kreativitas tinggi agar dapat menciptakan iklan yang tepat. Untuk itu, Anda dapat menggunakan jasa agensi iklan profesional agar bisa menghasilkan iklan yang sesuai keinginan.

Jika Anda ingin memasang iklan di ranah digital, Anda dapat mempercayakannya pada BigEvo Digital Agency. Sebagai Google Premier Partner, BigEvo telah dipercaya banyak klien dalam implementasi digital advertisement yang efektif dan efisien. BigEvo juga telah berpengalaman dalam menerapkan berbagai strategi digital yang jitu untuk perkembangan bisnis. 

Tak hanya digital ads, Anda juga bisa menggunakan layanan digital lainnya yang ada di BigEvo. Seperti Social Media Management, Website Development, SEO Optimization, Live Streaming, KOL Marketing, dan masih banyak lagi.

Segera hubungi team@bigevo.com untuk diskusi lebih lanjut tentang iklan digital dan strategi lainnya yang tepat untuk bisnis Anda. BigEvo, your trusted digital agency.



Share:



Pentingnya Jasa Iklan Digital Marketing dan Cara Memilihnya
Jasa iklan digital marketing adalah layanan yang menyediakan solusi pemasaran melalui platform digital. Cek cara kerja dan tips memilihnya di sini. ...
by Izza  |  20 Nov 2023
TikTok Ads: Keuntungan, Jenis, Cara Memasang, dan Tips Mengoptimalkannya
Simak lebih mendalam mengenai TikTok Ads dalam artikel ini. Mulai dari keuntungan, jenis-jenis, cara memasang, sampai tips mengoptimalkannya.   ...
by Izza  |  13 Nov 2023
Facebook Advertising: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya
Facebook Advertising adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan pengguna Facebook untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten kepada audiens.  ...
by Izza  |  02 Nov 2023
    Whatsapp BigEvo