Cara Melihat Insight Instagram: Fitur, Manfaat, Platform, dan Tips Menggunakannya

cara melihat insight instagram

Cara melihat insight Instagram merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pebisnis. Instagram sendiri telah menjadi platform yang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan usaha. Terdapat berbagai fitur yang mendorong berkembangnya bisnis di Instagram, termasuk fitur insight.

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai insight Instagram, apa manfaatnya, dan bagaimana cara melihatnya. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Insight Instagram?

Sebelum membahas tentang cara melihat insight Instagram, Anda perlu memahami apa sebenarnya fitur yang satu itu. Pada bagian ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana insight Instagram dapat membantu pemilik bisnis di berbagai industri.

Seperti yang telah Anda ketahui, Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer yang telah mengambil alih dunia. Dengan banyaknya pengguna aktif, Instagram telah menjadi alat penting bagi brand untuk menjangkau target audience.

Lalu, Apa Itu Insight Instagram?

Insight Instagram adalah fitur yang disediakan oleh Instagram bagi pengguna bisnis untuk memantau performa akun dan memahami lebih dalam tentang audiens. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat statistik tentang jumlah pengikut, interaksi, dan aktivitas audiens pada postingan.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui data demografis pengikut atau audiens, seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis. Dengan demikian, Anda dapat memahami lebih baik siapa target pasar dan menyesuaikan strategi pemasaran dan konten.

Salah satu kegunaan utama insight Instagram adalah untuk menemukan konten apa yang paling cocok untuk audiens Anda. Fitur ini juga memuat informasi jam berapa yang paling populer. Hal ini dapat membantu Anda memahami kapan harus memposting lebih sering atau lebih jarang.

Bukan hanya itu, fitur tersebut juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi postingan yang paling sukses dan memperbaiki strategi pemasaran Anda. Selain itu, Anda pun dapat memantau performa postingan yang berbayar dan mengetahui efektivitas iklan yang dipasang.

3 Manfaat Melihat Insight Instagram

Mengetahui cara melihat insight Instagram tak lengkap tanpa mengetahui apa manfaat dari data-data tersebut. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari data pada insight Instagram.

1. Melihat Interaksi dengan Audiens

Insight Instagram dapat membantu Anda melihat interaksi dengan audiens Anda. Fitur ini juga membantu Anda melihat seberapa baik kinerja posting Anda dalam hal keterlibatan dan jangkauan. Dengan begitu, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Fitur ini juga akan memungkinkan Anda melihat jumlah orang yang terlibat dengan salah satu pos Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui dengan cara apa mereka terlibat dengannya. Seperti jumlah suka, komentar, orang yang membagikan postingan, atau bahkan berhenti mengikuti.

2. Mengetahui Data Audiens

Insight Instagram dapat membantu Anda memahami audiens dengan lebih baik dan mendapatkan lebih banyak iklan bertarget. Dengan insight Instagram, Anda dapat mengetahui apa yang diminati pengikut Anda dan apa yang tidak, siapa mereka, di mana mereka berada, dan banyak lagi.

Insight ini dapat digunakan untuk membuat konten yang relevan dengan audiens Anda, serta meningkatkan tingkat keterlibatan Anda dengan mereka.

3. Dapat Membuat Konten yang Lebih Efektif

Insight Instagram dapat membantu Anda dalam membuat konten yang lebih efektif. Caranya dengan memberikan insight tentang apa yang dicari audiens. Informasi ini dapat membantu Anda membuat konten yang akan beresonansi dengan audiens dengan lebih baik.

Laporan dari insight Instagram akan memberi Anda wawasan tentang apa yang disukai audiens Anda, apa yang tidak mereka sukai, dan mengapa mereka membagikan postingan tertentu kepada orang lain. Anda juga dapat melihat topik apa yang sedang tren di antara pengikut Anda, sehingga Anda dapat memastikan konten Anda mencerminkan tren tersebut juga.

4 Fitur Utama dalam Insight Instagram

Fitur insight Instagram memberikan data analitik tentang kinerja profil, postingan, dan cerita Instagram Anda. Berikut adalah beberapa fitur utama dalam insight Instagram.

1. Aktivitas

Di bagian ini, Anda dapat melihat interaksi seperti kunjungan profil, klik di situs web, dan tindakan lain yang diambil oleh pengguna di profil. Anda juga dapat melihat jangkauan dan impresi postingan yang dibagikan.

2. Konten

Fitur ini memberikan detail tentang postingan, cerita, dan promosi yang Anda buat. Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat dan berinteraksi dengan konten yang dibagikan di Instagram. Anda juga dapat melihat kinerja konten tertentu berdasarkan metrik seperti likes, comments, shares, dan lainnya.

3. Audiens

Di bagian ini, Anda dapat melihat informasi demografis tentang audiens Anda seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi. Anda juga dapat melihat waktu dan hari terbaik untuk memposting berdasarkan kapan audiens Anda paling aktif.

4. Promosi

Jika Anda menjalankan iklan di Instagram, Anda dapat melihat kinerja promosi yang dipasang pada bagian ini. Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat dan berinteraksi dengan iklan yang dipasang.

4 Cara Melihat Insight Instagram untuk Bisnis

Jika Anda ingin melihat insight untuk akun Instagram, pastikan terlebih dahulu bahwa akun Anda sudah menjadi akun bisnis. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan sebagai cara melihat insight Instagram.

1. Melalui Profil Instagram

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melihat insight Instagram adalah melalui profil. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengklik profil Instagram bisnis dan melihat kolom insight. Kolom ini biasanya berada dibawah kolom edit profil dan bio akun Anda.

Setelah mengklik kolom insight, Anda dapat melihat data-data terkait akun dan konten Instagram secara keseluruhan. Anda bisa melihat data dalam waktu 7 hari, sebulan, bahkan setahun sekaligus.

2. Melalui Professional Dashboard

Selain melalui profil, Anda juga bisa melihat insight melalui tombol Professional Dashboard. Anda hanya perlu mengklik halaman akun Instagram dan menemukan tombol ini di bagian paling atas. Biasanya tombol ini berada di atas foto profil Anda, jadi seharusnya tidak sulit untuk menemukannya.

Begitu mengklik tombol Professional Dashboard ini, Anda akan melihat tampilan insight seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. Anda juga bisa mengetahui berapa banyak akun yang dijangkau dan berinteraksi dengan postingan Anda.

3. Melalui Postingan di Profil

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk melihat insight adalah melalui postingan di profil Anda. Langkahnya tidak sulit, Anda hanya perlu memilih postingan yang ingin dilihat insight-nya. Klik postingan tersebut, lalu klik tombol “Lihat Insight” yang ada pada bagian bawah postingan.

Data yang akan Anda lihat pada insight tersebut merupakan data khusus yang berkaitan dengan postingan yang Anda klik. Anda dapat melihat berapa banyak akun yang dijangkau postingan tersebut, berapa banyak orang yang menyukai dan memberi komentar, dan semacamnya.

4. Melalui Story

Selain melalui postingan, Anda dapat melihat insight di story yang dibagikan. Mirip dengan data pada insight postingan, Anda akan melihat data yang terkait dengan story yang dipilih. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keterlibatan audiens pada story tertentu.

Platform untuk Cek Insight Instagram

Pada dasarnya, insight Instagram hanya dapat diakses melalui aplikasi Instagram dan hanya tersedia untuk akun bisnis. Namun, ada beberapa platform pihak ketiga yang dapat membantu Anda menganalisis data performa Instagram Anda, termasuk insight.

Berikut beberapa platform pihak ketiga yang dapat membantu Anda menganalisis performa Instagram Anda:

  1. Hootsuite: Platform ini menawarkan analisis Instagram untuk akun bisnis yang mencakup informasi tentang pengikut, interaksi, dan performa postingan.
  2. Sprout Social: Platform ini juga menawarkan fitur analisis Instagram yang mencakup informasi tentang pengikut, interaksi, dan performa postingan.
  3. Later: Platform ini menawarkan analisis Instagram yang mencakup informasi tentang waktu terbaik untuk memposting, performa hashtag, dan performa konten.
  4. Iconosquare: Platform ini menawarkan analisis Instagram yang mencakup informasi tentang pengikut, interaksi, dan performa postingan, serta fitur untuk memantau kompetitor Anda.

Dengan menggunakan platform pihak ketiga ini, Anda dapat memperoleh wawasan lebih dalam tentang performa Instagram Anda dan memperbaiki strategi pemasaran dan konten Anda.

Tips Menggunakan Insight Instagram untuk Bisnis

Bisnis Anda dapat menggunakan insight Instagram untuk meningkatkan upaya pemasaran di platform ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan fitur insight Instagram:

1. Lengkapi Profil Instagram Bisnis Anda

Pertama-tama, ingat bahwa fitur insight hanya bisa digunakan oleh pengguna atau akun bisnis. Kemudian masukkan semua informasi yang diperlukan tentang bisnis dan produk Anda.

2. Fokus pada Keterlibatan atau Engagement

Saat menggunakan media sosial untuk bisnis, memiliki jumlah pengikut (follower) dan suka (like) yang banyak memang penting. Namun sebaiknya Anda lebih berfokus pada keterlibatan atau engagement dengan audiens. Hal ini akan membantu proses interaksi dan menjalin hubungan baik dengan target audience. 

3. Gunakan Data Demografis untuk Mengenali Target Pasar

Anda dapat menggunakan data demografis seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis pengikut Anda untuk memahami target pasar Anda dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda.

4. Analisis Hashtag yang Digunakan

Anda dapat memeriksa performa postingan yang menggunakan hashtag tertentu untuk melihat mana hashtag yang paling efektif untuk konten Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda menemukan hashtag baru untuk memperluas jangkauan konten Anda.

5. Perhatikan Waktu Terbaik Posting

Anda dapat memeriksa kapan waktu terbaik untuk memposting konten Anda. Dengan memposting pada waktu yang tepat, Anda dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan konten Anda.

6. Fokus pada Konten yang Berhasil

Anda dapat melihat performa postingan Anda dan melihat postingan mana yang paling sukses dan mendapatkan interaksi tertinggi. Hal ini dapat membantu Anda memahami jenis konten yang paling disukai pengikut Anda dan memperbaiki strategi pemasaran Anda.

7. Perhatikan Hasil Iklan Anda

Anda dapat memeriksa performa iklan Anda untuk melihat mana iklan yang paling berhasil dan mana yang perlu ditingkatkan. Hal ini dapat membantu Anda memperbaiki strategi iklan Anda dan memaksimalkan ROI Anda.

8. Tetap Mengukur Performa Anda

Jangan hanya mengandalkan satu kali pengukuran atau analisis, terus pantau performa akun Anda melalui insight dan gunakan data tersebut untuk terus memperbaiki strategi dan konten Anda.

Dengan menggunakan insight Instagram secara efektif, Anda dapat meningkatkan performa akun bisnis Anda dan mencapai hasil yang lebih baik dalam pemasaran digital Anda.

Pilih Agensi Digital yang Kredibel dan Berpengalaman

Dengan memahami insight Instagram, bagaimana melihatnya, dan apa saja manfaatnya; kini Anda dapat menerapkannya untuk bisnis. Penerapan ini tentunya akan lebih baik jika diiringi dengan strategi digital marketing yang tepat dan sesuai untuk brand Anda.

Karena itu, penting sekali untuk Anda dalam memilih agensi digital yang kredibel dan berpengalaman seperti BigEvo Digital Agency. BigEvo telah berpengalaman dalam mengelola data insight Instagram untuk diterapkan dalam strategi digital marketing yang jitu.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai layanan digital yang diberikan BigEvo. Seperti pemasangan iklan Instagram dan media sosial lainnya, pemasangan Paid Digital Advertising, Website Development, SEO Optimization, KOL Marketing, dan lain sebagainya.

Tunggu apa lagi? Manfaatkan cara melihat insight Instagram dengan strategi digital terbaik dari BigEvo. Hubungi tim profesional kami di team@bigevo.com untuk diskusi mengenai kebutuhan brand Anda. BigEvo, your trusted digital agency.

 



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo