Cara Jadi Influencer Bermutu dengan Konten Berbobot

cara jadi influencer

Cara jadi influencer merupakan langkah untuk memiliki kekuatan mempengaruhi keputusan orang lain karena posisi, pengetahuan, otoritas dan kedekatannya dengan audien. Influencer rata-rata berasal dari artis, konten kreator, penulis dan seseorang yang dianggap memiliki peran pada suatu komunitas. Dalam dunia pemasaran influencer merupakan metode promosi yang sering digunakan karena bisa menyasar target pasar secara spesifik.

Strategi menggunakan influencer atau jasa endorse terbukti berhasil mempromosikan suatu produk atau layanan terkait gaya hidup. Hal itu karena followers cenderung mengikuti pemikiran, perilaku dan sikap dari tokoh panutannya. Terlebih apabila influencer memiliki kedekatan tersendiri dengan follower tentu efek pengaruhnya akan semakin besar.

Endorse merupakan metode periklanan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Semakin banyak jumlah pengikut di media sosial biasanya tarif endorse juga akan semakin besar. Meski demikian efektifitas metode promosi ini tentu akan seimbang dengan jasa yang diberikan kepada influencer.

Cara Jadi Influencer Dengan Mudah

Kedekatan influencer dengan para pengikutnya merupakan faktor penentu keberhasilan endorsement. Persentase jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial disebut engagement rate. Peluang keberhasilan endorsement ditentukan oleh besar kecilnya persentase engagement rate.

Memahami Skill Diri

Cara jadi influencer kamu tidak harus menjadi apa yang diinginkan oleh orang lain. Kamu bisa menjadi diri sendiri dengan membawa produk atau konten yang sesuai dengan minat bakat yang kamu miliki. Justru dengan begitu kamu akan mendapatkan follower yang cenderung sepemikiran denganmu.

Sebaiknya sebelum membuat konten kamu perlu melakukan riset agar mendapatkan formula terbaik untuk membuat konsep brand dan isi konten yang sesuai dengan dirimu juga disukai oleh pasar target konten yang kamu buat. Dengan begitu kamu memiliki peluang untuk membuat konten secara konsisten dan disukai oleh audien. Kamu juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru dari interaksi yang kamu lakukan bersama pengikut.

Memahami Pengelolaan Akun Medsos

Media sosial yang bisa kamu gunakan ada banyak mulai Youtube, blog, Instagram, Twitter dan lain-lain. Pada dasarnya semua media sosial memiliki fungsi sama yakni untuk memberikan sebuah informasi. Namun media sosial memiliki karakteristik tersendiri sehingga kamu harus menyesuaikan agar kontenmu marketable.

Cara jadi influencer salah satunya dengan membuat sebuah konten dan mempostingnya di akun media sosial. Kita ambil contoh media Instagram, ketika kamu ingin menggunakan instagram sebagai media untuk menjadi influencer maka kamu bisa mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Instagram yang sudah kamu setel ke mode bisnis memungkinkan kamu untuk menganalisis demografi pengikutmu.

Fungsi analisis demografi audiens adalah untuk melihat lokasi pengikut kamu berada, range usia mereka, jenis kelamin, waktu pengikut aktif melihat postingan kamu, dan masih banyak lagi termasuk melihat postingan teratas kamu. Mengetahui waktu pengikut kamu paling aktif akan menjadi pertimbangan waktu terbaik untuk untuk memposting konten di akun kamu. Hal ini merupakan strategi agar konten yang kamu posting tidak tenggelam oleh postingan dari akun lain.

Kondisi saat ini berdasarkan persaingan dagang yang terus tumbuh maka frekuensi dalam memposting harus ditingkatkan. Cara jadi influencer ini kamu sebenarnya tidak harus memposting konten setiap hari namun kamu mesti memiliki pola kebiasaan dalam memposting. Misalnya kamu memposting konten setiap hari minggu maka kamu harus konsisten untuk tetap memposting pada hari minggu sehingga para audien hafal dan tahu kapan saat tepat untuk menunggu jadwal rilis dari konten yang kamu buat.

Range umur dan jenis kelaminn dari audien kamu bisa menjadi bahan evaluasi tentang materi yang akan kamu buat. Meskipun kamu sudah mendesain konten yang kamu buat, kamu mesti harus memperhatikan dan mempertimbangkan pola pengikut kamu. Penyesuaian bahasa dari materi yang akan kamu buat tentu harus menyesuaikannya dengan data analisis yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan menyajikan materi yang sesuai dengan pengikut kamu.

Memahami Aturan Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk saat ini sudah ada aturan tersendiri terlebih jika akun yang kamu miliki ditujukan untuk membuat akun influencer. Mulai dari aturan dasar berupa bentuk dari media yang akan kamu posting, durasi video yang kamu buat, penggunaan tagar dan lain sebagainya. Selain itu media yang menggunakan adsense pastinya memiliki aturan khusus yang kamu juga harus mempelajarinya.

Membuat bio Instagram merupakan hal yang sama penting dengan memasang foto profil. Sebagai seorang influencer bio merupakan suatu hal yang penting sebab informasi ini akan memberikan pandangan seseorang mengenai kamu. Hal ini merupakan satu cara jadi influencer.

Ketika seseorang mengunjungi akun kamu maka mereka akan melihat profil kamu. Adanya bio adalah satu langkah untuk memperkenalkan diri kamu kepada audien secara ringkas. Kamu juga bisa memanfaatkan bio untuk menambahkan tautan situs web, blog atau saluran youtube yang kamu kelola. Kamu bisa sekaligus mempromosikan konten-konten lain yang telah kamu buat.

Membuat Konten yang Bermanfaat

Seorang influencer tentu saja harus terkenal viral dan konten yang dibuat harus fyp. Meski begitu bukan berarti kamu harus mengorbankan idealisme kamu dengan membuat konten-konten sampah. Sebab suatu hal yang buruk ketika seorang influencer membuat konten sampah.

Mengupayakan menjadi influencer tidak harus menempuh sesuatu yang buruk. Pada dasarnya membuat konten positif dan bermanfaat merupakan hal yang tetap harus dikerjakan. Masih banyak kok orang-orang yang membutuhkan hiburan dari konten yang manfaat sebab tidak semua orang senang menikmati konten sampah.

Sebagai referensi kamu bisa melihat konten kreator yang menyajikan konten broadcast, komedi, dan lain-lain. Cara jadi influencer berarti memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang. Jika kamu seorang konten kreator dan menampilkan konten sampah bisa diartikan kamu sedang mempengaruhi orang lain menjadi sampah.



Share:



Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BigEvo Digital Marketing Agency
Waspada penipuan! Semua informasi resmi kegiatan bisnis serta produk dan jasa BigEvo hanya bisa didapatkan dan diklarifikasi melalui kontak resmi beri ...
by Izza  |  23 Nov 2022
Cara Jadi Influencer Bermutu dengan Konten Berbobot
Cara jadi influencer tidak harus sesuai yang diinginkan orang lain. Kamu bisa jadi diri sendiri dengan membawa produk / konten yang sesuai dengan mina ...
by Izza  |  24 Dec 2021
12 Cara Membuat Brand Sendiri dan Mengembangkannya Agar Sukses
Pahami cara membuat brand sendiri dengan tepat agar bisa unggul dari pesaing dan sukses dalam jangka panjang, mulai dari riset pasar sampai promos ...
by Izza  |  23 Dec 2021
    Whatsapp BigEvo