Cara Daftar Alamat Bisnis di Google Maps Agar Mudah Dikenal

cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda

Cara daftar Google Maps untuk lokasi bisnis Anda cukup mudah. Hampir semua pemilik usaha bergabung dengan Google Maps agar lebih dikenal banyak orang. Ternyata dengan mendaftarkan diri di Google Maps menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam membantu perkembangan bisnis melalui hasil pencarian.

Sebagaimana kita ketahui, Google Maps merupakan layanan pemetaan situs yang sudah dikembangkan oleh Google. Kelebihannya adalah di layanan yang memberikan citra satelit, panorama 360 derajat dan juga peta jalan yang cukup valid dan tepat. Lalu bagaimana caranya?

Cara Daftar Google Maps Untuk Lokasi Bisnis Anda Agar Mudah Ditemukan

Ada beberapa cara dalam mendaftarkan lokasi bisnis Anda yakni sebagai berikut.

Daftar Melalui HP

Pada dasarnya baik smartphone Android maupun iOS memiliki cara yang sama dan mudah dilakukan baik para pemula. Caranya dengan membuka aplikasi Google Maps terlebih dahulu yang sudah tersemat di ponsel Anda.

Kemudian pilih menu tab contribute yang bersimbol plus(+). Selanjutnya Anda akan melihat halaman baru yang menunjukkan opsi add place. Bagi Anda yang ingin mendaftar maka Anda bisa pilih menu tersebut.

Cara daftar Google Maps untuk lokasi bisnis Anda dengan memulai isi formulir yang tersedia dengan data lengkap Anda dan valid. Anda bisa pilih kolom add name untuk menuliskan nama lokasi. Sementara untuk menampilkan alamat, cukup klik add address. Jangan lupa mengubah kategorinya dengan add category.

Demi kelengkapan pendaftaran lokasi usaha Anda maka Anda bisa menambahkan data informasi dengan menekan tombol hours, website, add phone, opening date and photo dan masih banyak lagi. Anda bisa mengisi semua informasi yang Anda miliki di kolom yang sudah tersedia.

Pastikan semua data valid dan benar adanya. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol send berbentuk pesawat kertas di sisi pojok kanan atas. Jika sudah maka proses pendaftaran Anda melalui ponsel sudah selesai.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan lokasi bisnis maka Anda bisa melakukan pendaftaran jika aplikasi Google Maps sudah versi terbaru. Jika Anda masih menggunakan versi lama maka sebaiknya Anda update terlebih dahulu. Selain itu proses penambahan lokasi biasanya mengalami peninjauan. Anda perlu menunggu hingga penanda tempat menemukan penanda yang didaftarkan.

Daftar Google Bisnis Profile

Selain cara diatas, Anda juga bisa mendaftarkan lokasi bisnis dengan fitur dari Google Maps yakni Google Bisnisku atau Google my business. Fitur ini mempermudah calon konsumen untuk menemukan lokasi sekaligus informasi terkait bisnis Anda. Cara menambahkan lokasi bisnis ini adalah sebagai berikut.

Cara daftar Google Maps untuk lokasi bisnis Anda pertama Anda daftar Google Bisnisku terlebih dahulu. Anda bisa mengakses Google Bisnisku dengan klik kelola sekarang. Tahap ini adalah untuk memulai pendaftaran akun bisnis Anda.

Setelah itu masukkan nama bisnis Anda pada kolom pencarian. Ketikkan nama bisnis Anda. Jika sudah tentukan kategori bisnis. Anda pilih saja kategori yang paling sesuai dengan usaha atau bisnis Anda. Namun cara ini opsional dan Anda juga bisa melakukannya setelah usaha Anda terdaftar di Google Bisnisku ini. Lalu klik berikutnya.

Pada halaman selanjutnya, Anda perlu menyatakan bahwa Anda memiliki lokasi bisnis yang dapat dikunjungi pelanggan baik toko maupun kantornya. Selain itu juga fitur ini memberikan kebebasan pebisnis, bahwa mereka juga bisa menambahkan lokasi bisnis tanpa memiliki kantor atau toko di dunia nyata.

Tapi karena Anda ingin menambahkan lokasi bisnis maka pilih saja Ya dan klik berikutnya. Lanjutkan dengan memasukkan alamat bisnis Anda secara lengkap mulai dari kota, provinsi juga kode pos. Jika semua sudah terisi maka klik berikutnya.

Cara daftar Google Maps untuk lokasi bisnis Anda berikutnya adalah klik titik Google Maps lokasi Anda untuk menandainya. Usahakan paling tepat dan klik berikutnya. Jika Anda memiliki layanan antar, maka Anda bisa menyertakan layanan antar dengan menjawab iya pada pertanyaan yang sudah tersedia.

Setelah itu maka Anda bisa menentukan informasi yang akan Anda tampilkan pada pelanggan. Misalkan nomor kontak dan juga alamat website jika Anda memilikinya. Anda juga bisa menentukan pilihan apakah Anda akan menerima pemberitahuan newsletter dari Google bisnisku atau tidak.

Langkah terakhir Anda adalah memberikan verifikasi Bisnis. Disini Anda bisa memilih metode verifikasi. Sehingga Google dapat sepenuhnya mengelola dan mewakili bisnis Anda. Anda bisa memilih kartu pos melalui surat dengan menuliskan nama kontak atau opsi lainnya. Surat ini berisi kode verifikasi yang Anda harus memasukkan sebelum informasi bisnis muncul di Google Maps.

Perlu diingat bahwa surat verifikasi ini dikirimkan ke alamat bisnis yang sudah Anda daftarkan. Anda tinggal ketik nama penerima di kolom dan klik kirim. Tunggu dalam waktu singkat hingga surat sampai ke tujuan.

Jika sudah menerima maka lakukan verifikasi dan melengkapi informasi di Google Bisnis Profile. Pilih salah satu cara daftar Google Maps untuk lokasi bisnis Anda yang paling mudah. Kini Anda bisa memiliki lokasi bisnis di Google Maps.



Share:



Pentingnya Menggunakan Jasa SEO dan 5 Jenis Layanan untuk Optimalkan Performa Website
                                        Jasa SEO yang kredibel akan menerapkan teknik SEO secara tepat dalam mendongkrak performa ...
by Izza  |  07 Aug 2023
Organic Traffic: Pengertian dan Cara Meningkatkannya
Organic traffic merupakan salah satu istilah yang lekat dengan dunia digital marketing, terutama jika membahas website. Pembahasan ini akan mengulas t ...
by Izza  |  26 Dec 2022
Keyword Density: Pengertian, Jumlah yang Ideal, dan Cara Menerapkannya
Karena keyword density berbicara tentang kepadatan kata kunci yang digunakan, Anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah yang tepat. Berapa keyword ya ...
by Izza  |  22 Dec 2022
    Whatsapp BigEvo