Bye Swipe Up, Hello Link Sticker: Memahami Link Sticker Update Terbaru dari Instagram

link sticker instagram

Sejak tanggal 30 Agustus yang lalu, Instagram resmi mengganti fitur link swipe-up di Instagram stories menjadi link sticker. Fitur populer swipe up sebelumnya memungkinkan bisnis dan para creator untuk mengarahkan penonton stories mereka ke situs web tempat mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk, membaca artikel, mendaftar ke layanan, atau melakukan hal lain yang ingin dipromosikan oleh pembuatnya.

Link sticker memiliki fungsi yang sama dengan swipe-up, pengguna Instagram yang sebelumnya memiliki akses ke fitur tersebut juga akan langsung dapat menggunakan link sticker. Saat ini, Instagram sudah mulai mengonversi mereka yang memiliki akses ke link swipe-up ke link sticker. Meskipun Instagram tidak berkomentar secara terbuka, fitur ini nampaknya juga hanya dapat digunakan oleh akun dengan 10.000 pengikut.

Keunggulan Link Sticker Instagram

Lalu apakah ada keunggulan link sticker ini dibandingkan dengan swipe-up? Ya, salah satu keunggulan utamanya adalah fleksibilitas atau kebebasan berkreasi bagi para creator di stories mereka. Sama dengan fitur stiker lainnya seperti voting, pertanyaan, dan lokasi, link sticker memungkinkan creator berkreasi dengan gaya serta ukuran stiker dan menempatkan link sesuai keinginan mereka untuk meningkatkan interaksi.

Selain itu, penonton stories juga dapat memberi reaksi dan membalas postingan yang memiliki link sticker sama seperti postingan stories biasa. Sebelumnya penonton memang tidak dapat memberikan respon pada postingan swipe-up, jadi tentu interaksi akan meningkat dengan adanya link sticker.

Dari sisi lain, link sticker memungkinkan adanya pengamatan tentang seberapa berpengaruh posisi penempatan sticker dengan jumlah klik. Hal ini bisa menunjukkan di mana seharusnya link ditempatkan agar penonton stories lebih mudah mengunjungi website tujuan. Tentu saja butuh banyak waktu dan data untuk menghasilkan kesimpulan tersebut.

Meskipun saat ini tidak ada perubahan peraturan mengenai siapa saja yang mendapatkan akses ke link sticker, pihak Instagram mengatakan sedang mengevaluasi apakah akan memperluas akses tautan ke lebih banyak akun di masa mendatang. Keputusan memperluas akses tentu harus dibuat dengan hati-hati karena berkaitan dengan integritas dan keamanan aplikasi.

Pergeseran dari link swipe-up ke link sticker adalah langkah pertama yang memungkinkan perluasan akses berbagi tautan atau link di stories , jika Instagram akhirnya memilih untuk membuka kesempatan ke lebih banyak akun.

Cara Menggunakan Link Sticker

Sama seperti fitur stiker lainnya, link sticker bisa digunakan setelah Anda membuat postingan stories dengan menekan ikon stiker di baris atas. Berikut ini cara menambahkan link sticker ke stories Anda.

  1. Buka aplikasi Instagram, tekan tanda “+” di bagian tengah bawah atau di bagian kanan atas.
  2. Gulir untuk memilih Story (bukan Post, Live, atau Reels).
  3. Buat stories dengan merekam langsung atau menggunakan media yang sudah Anda miliki.
  4. Pilih ikon sticker di baris atas.
  5. Tambahkan link sticker dan masukkan link Anda. Posisikan stiker sesuai keinginan.
  6. Kirim ke stories Anda dan selesai!

Cara Menggunakan Link Sticker Tanpa 10.000 Pengikut

Jika akun Anda atau bisnis Anda belum terverifikasi atau belum memiliki 10.000 pengikut, jangan khawatir. Anda masih dapat menambahkan tautan ke stories Anda dengan beberapa trik berikut.

  • IGTV

Anda bisa menambahkan link ke stories meskipun tanpa 10.000 pengikut dengan trik IGTV ini. Pertama-tama, buka aplikasi Instagram dan unggah video berdurasi 60 detik. Beri judul seperti “Dapatkan link di sini!” atau “Klik video untuk membuka link!” lalu tambahkan link yang ingin Anda bagikan di caption IGTV tersebut. Setelah itu posting video Anda ke IGTV.

Sekarang kembali ke halaman feed dan klik ikon pesawat kertas di bawah video IGTV baru Anda untuk menambahkan video tersebut ke stories. Klik ikon link di bagian atas layar Anda dan pilih “+ Video IGTV”. Pilih video IGTV dengan tautan yang baru saja Anda buat dan selesai. Anda tidak akan dapat melihatnya di layar Anda, tetapi orang-orang akan dapat swipe up, melihat video Anda, dan membuka link di IGTV Anda.

  • Link in Bio

Anda mungkin sudah melakukan ini karena cara ini sangat umum digunakan saat ini. Menempatkan link di bio Instagram dan mengarahkan penonton stories dan pengikut ke sana merupakan cara yang praktis untuk Anda dan cukup mudah untuk pengikut yang ingin mengunjungi link Anda. Untuk merapikan beberapa link sekaligus, gunakan tools yang memungkinkan Anda menghosting banyak link pada satu halaman arahan. Ini disebut Instagram link tree dan sangat mudah dibuat.

  • DM Me Sticker

Fitur DM me sticker adalah salah satu fitur sticker di Instagram stories. Anda dapat mengunggah stories dan memberitahu pengikut Anda bahwa mereka dapat mengirim DM untuk mendapatkan link. DM me sticker akan memudahkan pengikut Anda untuk mengirim DM hanya dengan satu klik. Cara ini sangat mudah untuk membagikan link kepada pengikut yang benar-benar tertarik dan bagus untuk membangun hubungan dengan audiens Anda.

Itu tadi pembahasan mengenai link sticker update terbaru dari Instagram. Media sosial memang platform yang dinamis dan akan terus berkembang. Untuk dapat menguasainya kita harus selalu update dengan setiap perkembangan tersebut.

Anda bisa bekerja sama dengan digital agency terbaik atau menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta untuk membantu mengelola media sosial bisnis Anda. Selain social media management, digital marketing agency terpercaya juga dapat membantu menyiapkan strategi berdasarkan update terbaru dari setiap platform.

Siap untuk mulai meningkatkan traffic ke situs web Anda dari Instagram? Maksimalkan social media marketing untuk bisnis Anda. Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo