7 Tips Efektif untuk Menjalankan TikTok Branded Hashtag Challenge

TikTok Branded Hashtag Challenge

TikTok Branded Hashtag Challenge - Siapa yang tak mengenal TikTok? Selama ini mungkin kita mengenal aplikasi TikTok sebagai tempat untuk mencari video-video seru dan menghibur. Tapi tahukah Anda jika aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan memasarkan produk?

Ya, TikTok menawarkan banyak sekali peluang untuk memperbesar peluang bisnis Anda. Apalagi jika Anda menjalankan digital marketing, TikTok marketing perlu Anda kuasai untuk memenangkan persaingan pasar saat ini. Salah satu TikTok marketing yang banyak digunakan adalah Branded Hashtag Challenge.

Mengenal TikTok Branded Hashtag Challenge

Strategi TikTok Branded Hashtag Challenge memanfaatkan hashtag untuk melibatkan komunitas TikTok dalam kampanye brand Anda. Pemilik brand akan membuat tantangan atau challenge yang dapat diikuti pengguna TikTok dengan menyertakan hashtag tertentu, hashtag inilah yang akan meningkatkan nama brand Anda dalam komunitas TikTok nantinya.

Semakin banyak yang melakukan challenge ini, brand Anda akan menjadi semakin viral dan lebih banyak dikenal. Teknik ini sangat efektif dalam komunitas TikTok karena pengguna aplikasi ini dikenal cukup aktif dalam penggunaan hashtag.

TikTok Branded Hashtag Challenge memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk User Generated Content atau UCG. Salah satu brand yang berhasil dalam teknik marketing ini adalah “Guess”. Dengan hashtag #InMyDenim, brand ini mengajak pengguna untuk memamerkan gaya terbaik mereka dalam balutan busana jeans dari merek Guess.

Dalam contoh ini, bisa kita lihat korelasi langsung TikTok Branded Hashtag Challenge dan dampaknya dengan penjualan produk, karena pengikut challenge ini diajak untuk memiliki produk jeans sebelum akhirnya membuat konten dan mengikuti challenge ini.

Cara Memanfaatkan TikTok Branded Hashtag Challenge Untuk Brand

Teknik ini pada dasarnya berfungsi untuk mengajak pengguna TikTok untuk menjadi brand ambassador tidak resmi bagi brand Anda. Satu orang bisa mempengaruhi orang lainnya untuk membuat konten serupa, sehingga akan timbul engagement dengan cara yang organik. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan efektivitas TikTok Branded Hashtag Challenge untuk brand Anda? Mari kita simak tips-tips berikut ini.

1. Sesuaikan Konsep Campaign dengan Identitas Brand

Sebelum Anda membuat sebuah campaign atau challenge, pastikan Anda mengetahui benang merah dari brand Anda, produk yang akan dipromosikan serta karakter audiens Anda. Buat konsep se-relatable mungkin dengan audiens, sehingga challenge Anda bisa diterima secara positif. 

2. Memahami Sudut Pandang Audiens

Cobalah untuk menggunakan sudut pandang audiens, mengapa mereka mau mengikuti challenge yang Anda buat? Apakah karena challenge Anda dianggap sangat seru? Atau karena ada influencer yang mendorong audiens ke dalam challenge Anda? Mungkinkah Anda perlu dorongan yang lebih untuk meningkatkan keikutsertaan pengguna? Jika iya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan pemberian hadiah atau bahkan mengadakan kompetisi dalam challenge Anda. 

3. Memahami Tren Terkini

Dalam dunia media sosial, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengetahui tren apa yang sedang viral saat ini. Dengan demikian Anda bisa ride the wave alias memanfaatkan tren untuk mengenalkan brand Anda. Isu kekinian yang sedang hangat dibahas juga bisa menghasilkan interaksi yang lebih baik.

4. Beri Perhatian Lebih Pada Latar Musik

Audio atau latar musik memainkan peranan yang sangat besar dalam dunia TikTok. Musik yang catchy dipadukan dengan gerakan yang mudah dihapal menjadi formula dance TikTok yang viral. Oleh karena itu, sesuaikan tema challenge Anda dengan musik yang akan Anda gunakan. Apakah tema campaign Anda membutuhkan musik yang lembut atau justru musik yang bisa meningkatkan semangat? Silahkan konsultasikan dengan digital agency yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Sebar Kebahagiaan

Pada dasarnya TikTok adalah media hiburan, jadi buatlah campaign yang bisa menjadi hiburan bagi pengguna lainnya. Untuk menambah unsur fun dalam campaign, Anda bisa berkreasi dengan filter atau visual effect yang sesuai.

6. Bekerjasama dengan TikTok Creators

Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan cepat, Anda bisa bekerja sama dengan TikTok Creators dalam campaign Anda. TikTok Creators atau influencer TikTok dapat memberikan sentuhan personal pada campaign Anda dan bisa menginspirasi pengguna lainnya untuk mengkreasikan konten Anda.

7. Pilih Challenge yang Sederhana

Challenge yang sederhana akan lebih mudah dilakukan oleh pengguna TikTok secara umum. Apakah challenge Anda bisa dilakukan di mana saja? Apakah ada peralatan khusus untuk membuat konten tersebut? Apakah aturan dari challenge ini cukup jelas untuk diikuti? Pastikan challenge yang Anda berikan cukup mudah untuk di recreate oleh banyak orang.

TikTok Branded Hashtag Challenge dapat menjadi strategi terbaik untuk mengundang UGC video dengan jutaan views untuk brand Anda bila dieksekusi dengan baik. Tujuh tips di atas semoga bisa membantu Anda dalam meningkatkan kualitas strategi ini. Siap mengeksplorasi TikTok untuk memperkuat bisnis Anda? Hubungi kami di team@bigevo.com dan tim profesional kami siap membantu Anda.



Share:



Pentingnya Jasa Social Media untuk UMKM dan Cara Memilihnya
Simak bagaimana peranan penting jasa social media untuk perkembangan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang dan cara memilih jasa yang tepat. ...
by Izza  |  19 Feb 2024
Pentingnya Jasa Copywriting dan Pengaruhnya untuk Bisnis
Jasa copywriting adalah layanan profesional di bidang pemasaran yang menekankan seni dan keterampilan menulis untuk menciptakan teks persuasif.   ...
by Izza  |  27 Nov 2023
Media Sosial untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Penggunaannya
Media sosial untuk bisnis memiliki peranan penting di era digital seperti sekarang, yang mana dapat mendorong perkembangan secara efektif dan efisien. ...
by Izza  |  20 Oct 2023
    Whatsapp BigEvo